Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Fakultas Dan Jurusan ISI Jogja 2020 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Fakultas Dan Jurusan Di Institut Seni Indonesia Yogyakarta (TERBARU). Hai sobat skul, Setelah sebelumnya kami banyak memberikan informasi mengenai kumpulan soal UTBK dan juga soal ujian masuk sekolah kedinasan, kali ini kami akan memberikan informasi yang tak kalah menarik dari artikel-artikel sebelumnya dimana kali ini kami akan memberikan informasi tentang daftar fakultas dan jurusan di universitas yang ada di Indonesia.

Menentukan Prodi yang sesuai dengan kemampuan kita merupakan sesuatu yang penting dalam perkuliahan. Dengan memilih prodi yang sesuai minat dan kemampuan kita, maka kita akan dengan mudah dalam menjalani perkuliahan nantinya. Dengan memilih Prodi yang sesuai dengan kemampuan kita juga akan mempermudah kita dalam mendapatkan pekerjaan nantinya.

Bukan hanya harus cermat dalam menentukan Jurusan, kita juga harus cermat dalam menentukan Perguruan Tinggi yang akan kita tuju. Dengan kita masuk dalam Perguruan Tinggi yang memang sudah kita mimpikan dari awal, pasti akan menambah semangat tersendiri untuk kita selama berkuliah. Hal yang harus kita perhatikan dalam menentukan universitas yaitu dengan mempertimbangkan biaya kuliah yang sesuai dengan perekonomian kita dan juga lokasi kampus yang mendukung untuk kita.

daftar fakultas jurusan isi jogja

Mengenal Apa Itu Fakultas dan Jurusan

Sebelum melanjutkan pada topik utama kita yaitu daftar fakultas dan jurusan di Institut Seni Indonesia Yogyakarta, kami terlebih dahulu akan membagikan informasi kepada kalian mengenai apa itu fakultas dan jurusan. Berikut penjelasannya.

1. Fakultas

Di dalam KBBI Fakultas memiliki arti "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Dapat disimpulkan bahwa Fakultas adalah satu bagian dari universitas yang didalamnya mewadahi Jurusan / Prodi yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Seni Rupa yang didalamnya terdapat jurusan seperti Desain Interior, Desain Produk, Batik dan Fashion dsb.

2. Jurusan

Di dalam KBBI Jurusan memiliki arti "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Dapat disimpulkan bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Ilmu Hukum, Jurusan Animasi, Jurusan Televisi dan Film dsb

Untuk mempermudah pemahaman kita, jadi Perguruan Tinggi (UGM, UMY, UAD, USD) menjadi tempat untuk berkumpulnya banyak Fakultas (Fakultas Hukum, Fakultas Desain, Fakultas Seni Rupa). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Program Studi yang memiliki satu frekuensi (Seni Musik, Teater, Tari).

Tentang Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Untuk kita yang berdomisili disekitaran Daerah Istimewa Yogyakarta, pasti tidak asing lagi dengan kampus-kampus favoritnya yaitu ada UGM, UNY, UII dsb. Namun diantara kampus favorit tersebut, ada pula salah satu kampus yang juga menjadi favorit disana yaitu ada  Institut Seni Indonesia Yogyakarta atau yang lebih akrab disebut dengan singkatan ISI Jogja.

Institut Seni Indonesia Yogyakarta merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang dimiliki oleh Indonesia yang mengkhususkan dirinya untuk bergerak di bidang Ilmu Kesenian. Kampus ini memiliki lokasi tepatnya di Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

Awal mula berdirinya universitas ini tidak lepas dari 3 Sekolah Akademi dibidang seni yang bergabung dan menjadi tonggak berdirinya ISI Yogyakarta yaitu ada Sekolah Tinggi Seni Rupa Indonesia (ASRI), Akademi Musik Indonesia (AMI), dan Akademi Seni Tari Indonesia (ASTI). ISI Yogyakarta didirikan atas dasar Keputusan Presiden tanggal 30 Mei 1984 yang dimana tanggal tersebut juga dijadikan sebagai hari jadi Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Daftar Fakultas dan Jurusan Di ISI Jogja

Hingga saat ini ISI Yogya memiliki 3 Fakultas yang terdapat beberapa pilihan Prodi didalamnya. Berikut adalah daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Program Sarjana & Diploma

1. Fakultas Seni Pertunjukan

  • D4 Penyajian Musik
  • S1 Seni Musik
  • S1 Penciptaan Musik
  • S1 Etnomusikologi
  • S1 Teater
  • S1 Tari
  • S1 Karawitan
  • S1 Pedalangan
  • S1 Pendidikan Seni Pertunjukan

2. Fakultas Seni Rupa

  • D3 Batik dan Fashion
  • S1 Seni Murni
  • S1 Kriya
  • S1 Desain Interior
  • S1 Desain Produk
  • S1 Desain Komunikasi Visual
  • S1 Tata Kelola Seni

3. Fakultas Seni Media Rekam

  • D3 Animasi
  • S1 Fotografi
  • S1 Film dan Televisi


Program Pascasarjana

  • S2 Magister Penciptaan & Pengkajian Seni
  • S2 Magister Tata Kelola Seni
  • S3 Doktor Penciptaan & Pengkajian Seni

Begitu banyak prestasi yang diraih ISI Yogyakarta, salah satu prestasinya yang membanggakan adalah sebagai salah satu Kampus terbaik di Indonesia yang sekaligus membuat persaingan di Institut Seni Indonesia Yogyakarta yang setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan. Semoga artikel kali ini bisa menambah wawasan kalian tentang Fakultas dan Jurusan yang ada di Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Itulah tadi daftar Fakultas dan prodi yang ada di kampus ini. pendaftaran, lulusan, fakultas seni pertunjukan isi yogyakarta 2020, biaya kuliah, pendaftaran, jurusan di isi jogja dan akreditasinya 2020, institut seni indonesia yogyakarta alumni penting, biaya kuliah, jurusan di isi surakarta.

Jika kalian menyukai artikel ini, jangan lupa share ke teman kalian ya

Baca :
Show comments