Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Jurusan STKIP Sebelas April Sumedang (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Prodi di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Sebelas April Sumedang. Hola sobat skul, tulisan kami kali ini akan mengulik pembahasan yang banyak banget diminta nih oleh temen-temen semua yaitu mengenai daftar jurusan yang ada di salah satu sekolah tinggi terbaik yang ada di Kabupaten Sumedang yaitu STKIP Sebelas April. Untuk pembahasan lengkapnya simak ulasannya dibawah ya!!

Daftar Jurusan STKIP Sebelas April Sumedang (TERBARU)

Definisi Jurusan dan Fakultas

1. Fakultas

Atas pengertian yang ada di KBBI fakultas berarti "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan dan dipimpin oleh dekan". Dari definisi tadi, fakultas juga berarti bagian dari universitas yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Sains dan Teknologi yang didalamnya ada prodi Fisika, Matematika, Kimia dsb.

2. Jurusan

Atas pengertian yang ada di KBBI jurusan berarti "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Dari definisi tadi, jurusan juga berarti sebuah wadah yang mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti prodi Teknik Elektro, Pendidikan Biologi, Sastra Rusia dsb.

Sekilas Tentang STKIP Sebelas April

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Sebelas April Sumedang atau biasa disingkat STKIP Sebelas April ialah sebuah sekolah tinggi yang beralamatkan tepatnya di Jl. Angkrek Situ No.19, Situ, Kec. Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Indonesia.

STKIP Sebelas April Sumedang adalah salah satu sekolah tinggi yang berstatuskan sebagai Sekolah Tinggi Swasta (PTS) dalam sektor ilmu keguruan yang cukup terkemuka di Indonesia. Bukan hanya STKIP Sebelas April saja kampus tenar yang dimiliki provinsi Jabar, namu ada beberapa kampus lain yang tak kalah tenar diantaranya ada STIE Sebelas April, STBA Sebelas April, UIN Sunan Gunung Djati dan lain-lain.

STKIP Sebelas April merupakan sebuah kampus yang berada dibawah naungan Yayasan Pendidikan Sebelas April Sumedang (YPSA). Berdirinya kampus ini sudah mulai dirintis sejak tanggal 20 Maret 1981.

Pada mulanya YPSA Sumedang mendirikan sebuah Universitas Sebelas April Sumedang (UNSAP) dengan 5 Fakultas diantaranya FKIP, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, dan Fakultas Pertanian.

Namun dari kelima fakultas tersebut hanya FKIP dan Fakultas Ekonomi saja yang memiliki peminat yang cukup baik alhasil universitas ini tidak mampu untuk terus diselenggarakan ditambah terbentur syarat-syarat universitas yang belum terpenuhi. Akhirnya sembari menunggu persiapan kelengkapan universitas, maka dibentuklah terlebih dahulu STKIP Sebelas April yang berasal dari FKIP UNSAP Sumedang.

Daftar Jurusan di STKIP Sebelas April

STKIP 11 April Sumedang kini baru menghadirkan 6 buah jurusan. Berikut daftar jurusan yang ada disini.
  1. S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  2. S1 Pendidikan Matematika
  3. S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
  4. S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
  5. S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
  6. S1 Pendidikan Teknik Mesin

Itulah tadi ulasan yang bisa kami paparkan terkait daftar jurusan di STKIP 11 April. Semoga ulasan ini dapat membantu teman-teman semua dalam mencari jurusan dan kampus yang tepat nantinya. pg paud, visi misi, logo, email, siakad, stkip sebelas 11 april, akreditasi, biaya kuliah, jurusan di universitas, stie, stkip sebelas april sumedang terakreditasi.
Bila pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya agar mereka juga dapat mengambil manfaatnya
Baca :
Show comments