Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Fakultas dan Jurusan IAIB Serang Banten (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Fakultas dan Jurusan di Institut Agama Islam Banten. Hello sobat skul, pada pembahasan kali ini kita akan menghadirkan topik bahasan yang banyak di request nih oleh para sobat skul yaitu tentang daftar fakultas dan jurusan di salah satu Universitas terbaik di Banten yaitu IAIB Serang. Nah untuk lebih lengkapnya langsung simak pembahasannya dibawah ya!!

Daftar Fakultas dan Jurusan IAIB Serang Banten

Pengertian Jurusan dan Fakultas

Sebelum mengupas secara lebih mendalam tuntang topik utamanya mengenai daftar fakultas dan jurusan di IAIB Banten, mari kita cermati dulu definisi dari fakultas dan juga jurusan dibawah.

1. Jurusan

Berdasarkan definisi KBBI, jurusan diartikan sebagai "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Dari pengertian yang ada di KBBI tadi, dapat diartikan juga bahwa jurusan merupakan sebuah wadah yang akan mendalami ilmu yang lebih menjurus seperti prodi Hukum Keluarga Islam, Ilmu Komputer, Teknik Kimia dsb.

2. Fakultas

Berdasarkan definisi KBBI, fakultas diartikan sebagai "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Dari pengertian yang ada di KBBI tadi, maka dapat diartikan juga bahwa fakultas merupakan sebuah wadah yang menaungi beberapa jurusan yang setipe seperti Fakultas Ushuluddin yang didalamnya terdapat jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir, Studi Agama-Agama dsb.

Sekilas Tentang IAIB Serang

Ada banyak sekali pilihan kampus yang berada di Provinsi Banten seperti UIN SMH Banten, UTN Cilegon, Universitas Terbuka dsb. Selain kampus tadi, rupanya Banten masih mempunyai kampus tenar lainnya loh yaitu Institut Agama Islam Banten atau disingkat IAIB.

IAIB Serang Banten ialah salah satu Universitas yang dimiliki Indonesia yang berstatuskan sebagai Perguruan Tinggi Islam Negeri. Kampus ini bertempatkan tepatnya di Jalan Jendral Sudirman No. 30, Kota Serang, Banten, Indonesia.

Berdirinya IAIB Banten dimulai dengan didirikannya Akademi Ilmu al-Qur’an (AIQ) pada tanggal 17 Agustus 1970 dibawah naungan Yayasan Ulumul Qur’an (YUQ). Kemudian pada tanggal 1 Juni 1985 YUQ mengubah kelembagaan dan mendirikan Perguruan Tinggi Islam Banten (PTIB). Sesuai SK YUQ tertanggal 17 Juli 1988 PTIB Serang selanjutnya ditingkatkan statusnya menjadi institut Agama Islam Banten (IAIB).

Daftar Fakultas dan Jurusan IAIB Serang

Hingga kini IAIB Banten sudah memiliki 4 Fakultas dengan beberapa macam pilihan prodi yang cukup lengkap. Langsung saja berikut list fakultas dan prodi yang ada di IAIB Serang.

1. Fakultas Tarbiyah
  • S1 Pendidikan Agama Islam (PAI)

2. Fakultas Ushuluddin
  • S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir (IAT)
  • S1 Studi Agama-Agama (SAA)

3. Fakultas Dakwah
  • S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
  • S1 Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)

4. Fakultas Syariah
  • S1 Hukum Keluarga Islam / Ahwal Al-Syakhshiyah (AS)

Menentukan jurusan yang sesuai dengan bidang yang kita kuasai merupakan sebuah keharusan yang wajib dilakukan oleh calon mahasiswa. Semoga ulasan kali ini bisa membantu kalian dalam menentukan jurusan dan kampus yang tepat. jurusan span ptkin, sepi peminat di uin banten dan akreditasinya, kuliah murah di, akreditasi, biaya kuliah uin, iaib serang banten kelas karyawan, perguruan tinggi, universitas islam di banten, fakultas ushuluddin, ekonomi dan bisnis islam uin banten, ikatan auditor intern bank, universitas di serang banten. 
Jika artikel ini bermanfaat untuk kalian, jangan lupa share ke teman-teman kalian juga ya
Baca :
Show comments