Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Jurusan di STKIP YPM Bangko (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Jurusan di Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan YPM Bangko. Hai sobat skul, kami membawakan kabar baik untuk kalian semua khususnya para pejuang kampus dimana dalam waktu dekat ini penyeleksian mahasiswa baru akan diadakan kembali. Kabar baik ini pasti sangat ditunggu-tunggu oleh kita para calon mahasiswa yang sudah lama menantikan untuk bisa mengenyam pendidikan dilingkungan perkuliahan. Sebelum lanjut dalam berkuliah, ada beberapa hal yang harus kita persiapkan dengan matang terlebih dahulu, salah satunya menentukan jurusan dengan tepat berdasarkan keahlian yang kita punya. Pada tulisan ini pembahasan yang akan kita sampaikan mengulik terkait daftar jurusan di STKIP YPM Bangko.

daftar jurusan stkip ypm bangko

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Sebelum kita membahas terkait daftar jurusan yang dibuka di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) YPM Bango yang ada di Kecamatan Bangko ini, berikut kami ajak kalian terlebih dahulu untuk memahami apa itu pengertian dari fakultas dan juga jurusan atau yang sering kita sebut prodi.

1. Jurusan

Berdasarkan arti yang ditegaskan dalam KBBI jurusan memiliki definisi yaitu "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Berdasarkan uraian diatas dapat kami simpulkan bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Teknik Lingkungan, Agribisnis, Budidaya Perairan dsb.

2. Fakultas

Berdasarkan arti yang ditegaskan dalam KBBI fakultas memiliki definisi yaitu "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan dan dipimpin oleh dekan". Berdasarkan uraian diatas dapat kami simpulkan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang didalamnya terdapat Jurusan seperti Pendidikan Kimia, Pendidikan Fisika, Pendidikan Geografi dsb.

Agar mempermudah kita dalam memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (UISU, UNIDA Aceh, UINSU) menjadi wadah bagi banyak Fakultas (Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Teknik, Fakultas Bahasa dan Sastra). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Pendidikan IPS, Pendidikan IPA, Bimbingan dan Konseling).

Tentang STKIP YPM Bangko

Provinsi Jambi mempunyai begitu banyak universitas favorit seperti POLJAM, UNAJA Jambi, STIES Al-Mujaddid dll yang mana hal itu menjadkan persaingan penerimaan mahasiswa di Jambi selalu melonjak setiap tahunnya. Selain kampus favorit tersebut, ternyata masih ada salah satu kampus yang juga memiliki peminat yang cukup tinggi disana yaitu Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Yayasan Pendidikan Merangin Bangko atau biasa disebut STKIP YPM Bangko.

STKIP YPM Bangko adalah salah satu perguruan tinggi yang menyandang status sebagai sebuah sekolah tinggi swasta yang dimiliki Indonesia. Perguruan Tinggi ini beralamatkan tepatnya di JL. Jenderal Sudirman, Komplek STKIP, No. 16 RT 003/06, Pematang Kandis, Bangko, Kabupaten Merangin, Jambi, Indonesia. STKIP YPM Bangko telah secara resmi berdiri sejak tanggal 10 Oktober 1980 yang disahkan oleh bupati waktu itu. Kampus ini berdiri dibawah naungan Yayasan Pendidikan Merangin (YPM).

Daftar Jurusan Di STKIP YPM Bangko

Kini STKIP Yayasan Pendidikan Merangin telah membuka sebanyak 6 buah jurusan yang aktif. Tanpa basa-basi lebih lama lagi, berikut kami sampaikan daftar jurusan yang dibuka oleh STKIP YPM.
  1. S1 Pendidikan Matematika
  2. S1 Pendidikan Biologi
  3. S1 Pendidikan Ekonomi
  4. S1 Pendidikan Bahasa Inggris
  5. S1 Pendidikan Luar Sekolah
  6. S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

STKIP YPM bisa dibilang merupakan salah satu sekolah tinggi keguruan yang cukup diminati di Provinsi Jambi yang mana hal tersebut menjadikan tingkat persaingan di STKIP Bangko yang ada di Kabupaten Merangin ini setiap tahunnya selalu marangkak naik. Dengan dibuatnya tulisan ini kami harap semoga dapat menambah informasi kita terkait daftar Jurusan yang ada di STKIP YPM Bangko.

Itulah tadi pemaparan kami terkait daftar jurusan yang dibuka di kampus ini. akreditasi prodi bahasa inggris, smartclass, logo, nama nama dosen, kuliah online stkip ypm bangko, pendaftaran, sertifikat akreditasi, biaya kuliah stkip ypm bangko.

Jika kalian mendapat manfaat dari artikel ini, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya
Baca :
Show comments