Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Fakultas Dan Jurusan UNU SUMBAR 2021 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Fakultas Dan Jurusan Di Universitas NU Sumatera Barat. Hallo sobat skul, sebuah kesenangan tersendiri untuk kita dapat terus konsisten menyajikan sebuah tulisan yang bermanfaat. Semoga dengan dibuatnya tulisan yang kami berikan ini bisa menjadi bermanfaat untuk kita. Berbeda dengan artikel sebelumnya yang banyak membawakan tentang soal dan pembahasan UTBK hingga Ujian Mandiri, topik yang kami berikan kali ini akan membahas tentang daftar fakultas dan jurusan di semua kampus yang ada di Indonesia.

Merupakan sebuah keharusan bagi setiap mahasiswa menjadi bagian dari Jurusan dan Perguruan Tinggi yang tepat dalam artian jurusan yang kita pilih sesuai dengan bidang yang kita kuasai serta perguruan tinggi yang kita pilih sesuai dengan lokasi yang kita impikan dan biaya perkuliahan yang pas dengan keuangan kita. Dengan kita berada dalam jurusan dan kampus yang tepat, maka hal tersebut dapat membantu kita menjalankan studi dengan maksimal dan tentunya menumbuhkan perasaan yang nyaman.
daftar fakultas jurusan unu sumatera barat

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Sebelum lanjut membahas topik utama kita terkait daftar Fakultas dan Jurusan di UNU Sumatera Barat yang berada di Kota Padang ini, akan kami ajak kalian untuk memahami apa itu Jurusan dan juga Fakultas.

1. Jurusan

Berdasarkan penjelasan yang tersemat dalam KBBI, Jurusan merupakan "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Berdasarkan pemaparan tersebut bisa diartikan juga bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Ilmu Keperawatan, Ekonomi Islam, Agrobisnis dsb.

2. Fakultas

Berdasarkan penjelasan yang tersemat dalam KBBI, Fakultas merupakan "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". berdasarkan penjelasan tersebut bisa diartikan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi berbagai jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Kelautan dan Perairan yang didalamnya terdapat Jurusan seperti Budidaya Perairan, Manajemen Sumberdaya Perairan dsb.

Agar mempermudah dalam memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (UNIDA, Ma Chung, ITN Malang) menjadi tempat untuk banyak Fakultas (Fakultas Hukum, Fakultas Komputer, Fakultas Pertanian). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Ilmu Administrasi Negara, Sains Komunikasi).

Tentang UNU SUMBAR

Untuk kita yang bertempat tinggal di Provinsi Sumatera Barat, pasti tidak asing dengan deretan kampus yang menjadi favorit disana seperti UNP, UNDHARI, STIKES Padang dsb. Namun bukan hanya kampus tersebut, ada pula kampus lain yang juga menjadi favorit disana yaitu Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat atau sering disebut dengan singkatan UNU SUMBAR.

UNU SUMBAR adalah salah satu perguruan tinggi yang bersetatus sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Indonesia. Kampus ini beralamatkan tepatnya di Palarik Air Pacah, Lubuk Minturun, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat, Indonesia.

UNU Sumatera Barat merupakan sebuah program Nasional PBNU yang berencana membuka sebuah perguruan tinggi di setiap provinsi di Indonesia. Proses perintisan kampus ini dimulai sejak tahun 2012 oleh bidang pendidikan PWNU dan Pengurus Wilayah Lembaga Pendidikan Tinggi NU. Untuk mendukung berdirinya kampus ini akhirnya PWNU Sumatera Barat membentuk sebuah Tim Panitia Pendirian dari Unsur PWNU dan PW LPTNU Sumbar.

Berkat kerjakeras semua unsur yang berjasa dalam pendirian kampus ini, maka keluarlah SK Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI tertanggal 17 Oktober 2014 tentang Izin Pendirian Universitas nahdlatul Ulama Sumatera barat. Akhirnya pada tanggal 9 Desember 2014 dilakukan Soft Launching UNU SUMBAR oleh Menteri Agama RI.

Daftar Fakultas dan Jurusan Di UNU SUMBAR

Hingga kini UNU SUMBAR membuka sebanyak 6 Fakultas dan terdapat beberapa pilihan jurusan yang cukup bervariasi yang seluruhnya merupakan program Sarjana. Berikut merupakan daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di UNU Sumatera Barat.

1. Fakultas Hukum
  • S1 Ilmu Hukum

2. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • S1 Pendidikan Bahasa Inggris
  • S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar

3. Fakultas Komputer
  • S1 Teknologi Informatika 
  • S1 Sistem Informasi

4. Fakultas Kelautan dan Perairan
  • S1 Budidaya Perairan
  • S1 Manajemen Sumber Daya Perairan
  • S1 Teknik Lingkungan

5. Fakultas Ekonomi
  • S1 Ekonomi Islam

6. Fakultas Pertanian
  • S1 Agrobisnis

UNU Sumatera Barat merupakan kampus yang berprestasi, maka tak heran persaingan di UNU SUMBAR setiap tahunnya semakin meningkat. Dengan dibuatnya artikel ini semoga bisa menambahkan wawasan kita terkait daftar Fakultas dan juga Jurusan yang ada di Universitas NU SUMBAR.

Itulah pembahasan kami tentang daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di kampus ini. universitas unu, di sumatera barat, padang, prodi, pendaftaran, biaya kuliah, jurusan yang ada di unu sumbar, jambi, padang, akreditasi, jurusan universitas nahdatul ulama padang, sumbar.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya

Baca :
Show comments