Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Jurusan di STIE Pasaman 2021 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Jurusan di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pasaman (TERBARU). Halo sobat skul, senang rasanya bisa hadir kembali kali ini dengan tetap menyajikan artikel yang harapannya bisa bermanfaat untuk kita semua. Dengan adanya topik yang kami bawakan kali ini, semoga bisa menjawab kebingungan kalian tentang daftar fakultas dan jurusan di sebuah perguruan tinggi yang kami paparkan sekarang ini.

Penting pagi kita mengetahui fakultas dan jurusan disebuah perguruan tinggi untuk nantinya kita pilih sesuai dengan yang kita inginkan. Dengan kita menjadi bagian jurusan dan perguruan tinggi yang tepat, maka hal itu akan membantu melancarkan berjalannya perkuliahan kita nantinya.

daftar jurusan stie pasaman

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Sebelum beralih pada pembahasan utamanya terkait daftar Program Studi yang dibuka oleh STIE Pasaman yang ada di Kabupaten Pasaman Barat ini, kami akan membawa kalian untuk mengenal sedikit tentang apa itu Jurusan dan juga Fakultas.

1. Jurusan

Berdasarkan pengertian yang tersemat didalam KBBI, Jurusan diartikan "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi,  jurusan manajemen;". Berdasarkan penjelasan tadi dapat diambil kesimpulan bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Kesehatan Masyarakat, Film dan Televisi Ilmu Keperawatan dsb.

2. Fakultas

Berdasarkan pengertian yang tersemat didalam KBBI, Fakultas diartikan "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Berdasarkan penjelasan tadi dapat diambil kesimpulan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Ilmu Komputer yang didalamnya terdapat Jurusan seperti Desain Komunikasi Visual, Teknik Informatika, Animasi dsb.

Agar mempermudah saat memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (UDINUS, UNSRI, UNIMED) menjadi wadah bagi banyak Fakultas (Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Ekonomi). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Statistika, Matematika, Fisika).

Tentang STIE Pasaman

Bagi kita yang tinggal disekitar Provinsi Sumatera Barat, kita akan tidak asing dengan nama-nama kampus yang menjadi favorit diantaranya STIE Haji Agus Salim, UIN Imam Bonjol, UNP. Namun selain kampus tersebut, ada lagi kampus yang juga menjadi favorit disana yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pasaman atau lebih akrab disebut dengan singkatan STIE Pasaman.

STIE Pasaman merupakan salah satu kampus yang berstatus sebagai Perguruan Tinggi Swasta yang dimiliki oleh Indonesia. Kampus ini beralamatkan tepatnya di Jalan Pujarahayu, Kecamatan Luhak Nan Duo, Koto Baru, Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, Indonesia.

Pada tanggal 1 April 1984 berdirilah sebuah yayasan yaitu Yayasan Pendidikan Pasaman (YAPPAS) yang mana yayasan ini merupakan cikal bakal dibangunnya STIE Pasaman. Pada tahun 1985 yayasan ini membuka Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yayasan Pendidikan Pasaman dengan izin Kopertis Wilayah I Medan tertanggal 13 April 1985.

Daftar Jurusan Di STIE Pasaman

Hingga kini STIE YAPPAS hanya membuka sebanyak 2 buah Program Studi. Berikut adalah daftar Program Studi yang dibuka oleh STIE Pasaman.
  1. S1 Manajemen
  2. S1 Ekonomi Pembangunan (TUTUP)

STIE Pasaman merupakan kampus yang berprestasi, salah satu prestasinya terlihat dimana kampus ini menjadi salah satu kampus terbaik di Indonesia yang membuat persaingan di STIE Pasaman ini setiap tahunnya meningkat. Dengan hadirnya tulisan ini kami harap semoga bisa memberikan pemahaman kita terkait daftar Jurusan yang ada di STIE Pasaman. universitas di pasaman barat, akreditasi, jurusan di, biaya kuliah stie yappas pasaman

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya

Baca :
Show comments