Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Fakultas Dan Jurusan ISI Padangpanjang 2021 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Fakultas Dan Jurusan Di Institut Seni Indonesia Padangpanjang (TERBARU). Hai sahabat skul, begitu senang rasanya bisa bertemu kembali dengan kalian dikesempatan ini dengan tetap konsisten membawakan topik bahasan yang harapan kami bisa bermanfaat untuk kita semua. Untuk artikel kali ini akan berbeda dari sebelumnya dimana sebelumnya kami telah membahas tentang soal dan pembahasan UM Kedinasan hingga UTBK.

Merupakan sesuatu hal yang penting bagi kita calon mahasiswa dalam memilih Jurusan dengan tepat dan juga cermat. Masuknya kita menjadi keluarga dari Jurusan yang sesuai dengan bidang yang kita minati, akan memberikan dampak positif terhadap perkuliahan yang kita lewati nantinya.

Yang harus kita pikirkan dengan matang-matang sebelum merambah dunia kampus tentunya bukan hanya dalam menentukan Jurusan, memilih Universitas juga penting untuk kita perhatikan pilihannya dengan tepat dan juga cermat. Dengan kita masuk dalam Universitas yang tepat dalam artian lokasinya yang sesuai dengan cita-cita kita serta biaya kuliahnya yang cocok dengan keuangan kita, maka itu akan membuat perkuliahan yang kita tempuh berjalan dengan lancar dan nyaman.

daftar fakultas jurusan isi padangpanjang

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Sebelum kita menuju ke topik bahasan utamanya yang memaparkan tentang daftar Fakultas dan Jurusan di ISI Padangpanjang yang ada di Kota Padang Panjang ini, akan kami ajak kalian untuk mengenal apa itu Jurusan dan juga Fakultas.

1. Jurusan

Berdasarkan definisi yang tertulis didalam KBBI, Jurusan merupakan "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Berdasarkan pemaparan tersebut bisa diartikan juga bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Ilmu Sejarah, Hubungan Internasional, Psikologi dsb.

2. Fakultas

Berdasarkan definisi yang tertulis didalam KBBI, Fakultas merupakan "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". berdasarkan pemaparan tersebut bisa diartikan juga bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi beberapa jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Seni Pertunjukan yang didalamnya terdapat Jurusan seperti Antropologi Budaya, Seni Teater, Seni Karawitan dsb.

Agar mempermudah dalam memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (ISBI Banda Aceh, ISI Denpasar, UISU) menjadi tempat untuk banyak Fakultas (Seni Pertunjukan, Seni Rupa dan Desain, FEB). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Desain Mode, Fotografi, DKV).

Tentang ISI Padangpanjang

Untuk kita yang bertempat tinggal di Provinsi Sumatera Barat, pasti tidak asing dengan deretan kampus yang menjadi favorit disana seperti UNP, UPI Padang, IAIN Bukittinggi dsb. Namun bukan hanya kampus tersebut, ada pula kampus yang juga menjadi favorit disana yaitu Institut Seni Indonesia Padangpanjang atau sering disebut dengan singkatan ISI Padangpanjang.

ISI Padangpanjang adalah salah satu universitas yang bersetatus sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang dimiliki oleh Indonesia. Kampus ini berlokasikan tepatnya di Jl. Bahder Johan, Guguk Malintang, Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, Indonesia.

Didirikannya kampus ini didasarkan atas UUD 1945 khususnya pasal 32. Berdasarkan hal tersebut dan melihat potensi masyarakat yang cukup baik dan antusias, maka muncul gagasan dari para masyarakat dan seniman Sumbar untuk mengembangkan kebudayaan dengan mendirikan KOKAR A dan B.

KOKAR A dirubah menjadi Akademi Seni Karawitan Indonesia (ASKI) Padangpanjang berdasarkan SK Menteri Pendidikan Dasar dan Kebudayaan tertanggal 22 Desember 1965 dan berkembang lagi menjadi ISI Padangpanjang.

Pada tanggal 15 Juni 1999 ASKI Padangpanjang dirubah statusnya menjadi Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Padangpanjang berdasarkan Kepres tertanggal 4 Desember 1999. Berdasarkan Peraturan Presiden RI tertanggal 31 Desember 2009, bahwa 1 Januari 2010 STSI Padangpanjang dirubah statusnya menjadi ISI Padangpanjang.

Daftar Fakultas dan Jurusan Di ISI Padangpanjang

Hingga kini ISI Padangpanjang membuka sebanyak 2 Fakultas dan terdapat beberapa pilihan jurusan yang cukup bervariasi mulai dari Diploma, Sarjana, hingga Magister. Berikut merupakan daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di ISI Padangpanjang.

Program Sarjana

1. Fakultas Seni Pertunjukan
  • S1 Seni Karawitan
  • S1 Seni Tari
  • S1 Seni Musik
  • S1 Seni Teater
  • S1 Antropologi Budaya

2. Fakultas Seni Rupa dan Desain
  • S1 Pendidikan Kriya
  • S1 Seni Kriya
  • S1 Televisi dan Film
  • S1 Seni Murni
  • S1 Fotografi
  • S1 Desain Komunikasi Visual (DKV)
  • D4 Desain Mode


Program Pascasarjana
  • S2 Penciptaan dan Pengkajian Seni

ISI Padang Panjang merupakan kampus yang berprestasi, maka tak heran persaingan di ISI Padangpanjang setiap tahunnya semakin melonjak. Dengan dibuatnya artikel ini semoga bisa menambahkan wawasan kita terkait daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di ISI Padangpanjang.

Itulah pembahasan kami tentang daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di kampus ini. jurusan, akreditasi isi padang panjang, pendaftaran, jurusan seni tari, fotografi, karawitan, biaya kuliah isi padangpanjang jalur mandiri, denah, dosen, pengisian krs, pendaftaran sbmptn, siadak, jurusan isi padang panjang dan akreditasi.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya

Baca :
Show comments