Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Fakultas Dan Jurusan UTU Aceh 2020 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Fakultas Dan Jurusan Di Universitas Teuku Umar (TERBARU). Hai sahabat skul, senang rasanya sampai saat ini kami masih konsisten menghadirkan informasi yang kami harap bisa berguna untuk kalian semua. Dalam tulisan ini pembahasan kami masih melanjutkan topik yang sama seperti sebelumnya yang bahasannya mengenai daftar fakultas dan jurusan disemua Universitas Negeri hingga Swasta. Pada beberapa pembahasan sebelumnya, kami juga telah memberikan pembahasan seputar soal UTBK dan soal UM kedinasan.

Satu hal penting yang harus kita lakukan sebelum masuk dalam lingkungan Universitas, yaitu dimana kita harus cermat dalam menentukan Prodi. Prodi merupakan satu hal yang penting untuk kita pilih dengan tepat karena dengan Prodi/Jurusan yang tepat tersebut akan menentukan bagaimana kita nantinya dalam berkuliah dan dalam dunia pekerjaan.

Hal lain yang tak kalah penting harus kita pilih dengan tepat selain Prodi adalah memilih Universitas. Memilih Kampus yang tepat berarti kita melakukan pilihan tepat atas biaya kuliah yang sesuai perekonomian kita dan lokasi kampus yang sesuai dengan kemauan kita. Dengan kita masuk dalam lingkungan kampus yang tepat, maka hal itu akan membantu kita dalam melancarkan berjalannya studi kita dalam hal biaya dan memunculkan perasaan nyaman selama berkuliah.

daftar fakultas jurusan utu

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Sebelum menuju pada pembahasan utama kita yang bahasannya terkait daftar Fakultas dan Jurusan di Universitas Teuku Umar, akan kami ajak kalian terlebih dahulu untuk memahami sedikit tentang apa itu Jurusan dan juga Fakultas.

1. Jurusan

Dalam KBBI Jurusan didefinisikan dengan arti "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Berdasarkan definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Teknik Sipil, Ilmu Hukum, Ilmu Gizi dsb.

2. Fakultas

Dalam KBBI Fakultas didefinisikan dengan arti "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Berdasarkan definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Pertanian yang didalamnya terdapat jurusan Agribisnis, Agroteknologi, Teknologi Hasil Pangan dsb.

Untuk mempermudah dalam memahaminya, jadi Universitas (UNHAS, USU, ITB) menjadi wadah bagi banyak Fakultas (Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Psikologi, FEB). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Manajemen, Ekonomi Pembangunan).

Tentang Universitas Teuku Umar

Untuk kita yang tinggal disekitar Provinsi Aceh, pasti akan tidak asing dengan deretan nama kampus yang menjadi favorit disana yaitu UNMUHA, UNSYIAH, STIE Banda Aceh dsb. Namun selain kampus tersebut, ada juga salah satu kampus yang juga menjadi favorit di Aceh ini yaitu ada Universitas Teuku Umar atau yang lebih sering disebut dengan singkatan UTU.

Universitas Teuku Umar merupakan salah satu universitas yang berstatus sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di Indonesia yang didirikan pada tanggal 10 November 2006, kemudian baru diresmikan sebagai PTN sejak 1 April 2014. Kampus ini berlokasikan tepatnya di Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh, Indonesia.

Awal mula berdirinya kampus ini tak lepas dari jasa Yayasan Pendidikan Teungku Dirundeng Meulaboh yang didirikan tanggal 28 Agustus 1984. Pada tahun 1984 yayasan ini mendirikan Akademi Pertanian Meulaboh

Kemudian pada tanggal 23 November 1993 dilakukan perubahan status kampus ini menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP). Kemudian sejak 10 November 2006 kampus ini kembali dirubah statusnya dari yang sebelumnya menjadi Universitas Teuku Umar (UTU).

Ada begitu banyak pilihan Jurusan yang ditawarkan di UTU yang berfokus pada ilmu terkait teknik, kesehatan, pertanian, perairan, ekonomi, sosial dll. Diantara banyaknya pilihan prodi disini, beberapa bisa dinobatkan sebagai jurusan favorit di Universitas Teuku Umar diantaranya adalah Administrasi Negara, Kesehatan Masyarakat, dan Manajemen.

Daftar Fakultas dan Jurusan Di UTU

Hingga sekarang UTU memiliki sebanyak 6 Fakultas dan terdapat beberapa pilihan Jurusan yang cukup bervariasi. Berikut ini merupakan daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di Universitas Teuku Umar Aceh.

1. Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik
  • S1 Ilmu Komunikasi
  • S1 Ilmu Administrasi Negara
  • S1 Ilmu Hukum
  • S1 Sosiologi

2. Fakultas Pertanian

  • S1 Agribisnis
  • S1 Agroteknologi
  • S1 Teknologi Hasil Pangan

3. Fakultas Teknik

  • S1 Teknik Sipil
  • S1 Teknik Industri
  • S1 Teknik Mesin
  • S1 Teknologi Informasi

4. Fakultas Ekonomi

  • S1 Manajemen
  • S1 Ekonomi Pembangunan
  • S1 Akuntansi

5. Fakutltas Kesehatan Masyarakat

  • S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat
  • S1 Ilmu Gizi

6. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan

  • S1 Sumberdaya Akuatik
  • S1 Akuakultur (Budidaya Perairan)
  • S1 Ilmu Perikanan
  • S1 Ilmu Kelautan

UTU merupakan salah satu kampus yang berprestasi, prestasinya yang membanggakan terlihat dimana Universitas ini menjadi salah satu Universitas terbaik di Indonesia yang sekaligus menjadikan persaingan di UTU Aceh yang setiap tahunnya selalu melonjak naik. Adanya artikel ini semoga bisa memberikan pemahaman kita tentang daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di Universitas Teuku Umar.

Itulah pembahasan kami tentang daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di kampus ini. pmb utu ac id login, www utu ac id bidikmisi, ukt, logo baru, kalender akademik, akreditasi gizi, jurusan di utu, akreditasi, kop surat, logo, passing grade, daya tampung, biaya kuliah universitas teuku umar, utu siakad.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya

Baca :
Show comments