Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Fakultas Dan Jurusan Universitas Serambi Mekkah 2020 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Fakultas Dan Jurusan Di Universitas Serambi Mekkah (TERBARU). Halo sahabat skul, senang sekali rasanya pada kesempatan ini kami masih tetap konsisten untuk menghadirkan informasi yang kami harap bisa bermanfaat untuk kalian semua. Dalam artikel ini kami akan melanjutkan pembahasan sebelumnya yang akan membahas mengenai daftar fakultas dan jurusan disemua Perguruan Tinggi mulai dari Negeri hingga Swasta. Pada beberapa artikel sebelumnya, kami juga banyak memberikan pembahasan seputar soal UTBK dan soal UM kedinasan.

Satu hal penting yang harus kita lakukan sebelum merambah dalam dunia kampus, yaitu dimana kita harus melakukan pilihan yang tepat terhadap Jurusan perkuliahan kita. Jurusan merupakan satu hal yang penting sekali untuk kita pilih dengan tepat dan matang karena dengan jurusan yang tepat tersebut akan menentukan bagaimana kita dalam berkuliah dan bagaimana kita dalam dunia pekerjaan nantinya.

Hal lain yang tak kalah penting harus kita lakukan selain menentukan Jurusan yaitu penting juga dalam memilih Universitas yang tepat. Memilih universitas yang tepat berarti tepat atas biaya perkuliahan dan tepat atas lokasi kampus yang sesuai dengan keinginan kita. Dengan masuk dalam lingkungan kampus yang memang sudah kita idam-idamkan, maka hal itu akan membantu kita dalam melancarkan jalannya perkuliahan dalam hal biaya dan memunculkan perasaan nyaman selama berkuliah.

daftar fakultas jurusan universitas serambi

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Sebelum masuk pada pembahasan utama kita yang membahas perihal daftar Fakultas dan Jurusan di Universitas Serambi Mekkah, akan kami ajak kalian sedikit untuk memahami tentang apa itu Jurusan dan juga Fakultas.

1. Jurusan

Dalam KBBI Jurusan didefinisikan "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Berdasarkan definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Akuntansi, Pendidikan Agama Islam, Teknik Industri dsb.

2. Fakultas

Dalam KBBI Fakultas didefinisikan "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Berdasarkan definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya FKIP yang didalamnya terdapat jurusan Pendidikan Biologi, Pendidikan Jasmani dan Rekreasi, PGSD dsb.

Untuk mempermudah dalam memahaminya, jadi Universitas (STKIP BBG, UNIDA Aceh, UIN Jakarta) menjadi wadah bagi banyak Fakultas (Fakultas Kedoteran, Fakultas Psikologi, FITK). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Teknik Industri Pertanian, Teknik Lingkungan, Teknik Kimia).

Tentang Universitas Serambi Mekkah

Bagi kita yang tinggal disekitaran Provinsi Aceh, pasti tidak asing dengan deretan kampus favoritnya yaitu UINAR, UNSYIAH, UNMUHA dsb. Namun dari beberapa kampus tersebut, ada pula salah satu kampus yang juga menjadi favorit dilokasi yang dijuluki Serambi Mekkah ini yaitu ada Universitas Serambi Mekkah atau yang lebih akrab disebut dengan singkatan Universitas Serambi.

Universitas Serambi Mekkah merupakan salah satu universitas yang berstatus sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Indonesia yang didirikan pada tanggal 21 Maret 1984. Adapun lokasi tepatnya kampus ini berada di Jl. Unmuha, Batoh, Kec. Lueng Bata, Kota Banda Aceh, Aceh, Indonesia.

Berdirinya kampus ini tak lepas dari jasa Yayasan Pembangunan Serambi Mekkah (YPSM) yang didirikan tanggal 21 Maret 1984 oleh DR. Mr. Haji Teuku Moehammad Hasan. Pada mulanya YPSM mendirikan sebuah perguruan tinggi pada tanggal 18 Juli 1985 yang dinamakan Perguruan Tinggi Serambi Mekkah (PTSM). Kemudian berdasarkan Surat Keputusan Mendiknas tertanggal 30 Oktober 2002 dilakukan perubahan status dari yang sebelumnya menjadi Universitas Serambi Mekkah.

Ada begitu banyak pilihan Jurusan yang ditawarkan dikampus yang satu ini yang tidak hanya berfokuskan pada ilmu agama tetapi ada juga ilmu tentangteknik, kesehatan, pendidikan dll. Diantara banyaknya pilihan prodi disini, beberapa bisa dinobatkan sebagai jurusan favorit di Universitas Serambi Mekkah diantaranya adalah Akuntansi, Kesehatan Masyarakat, Manajemen, PAI, dan Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia.

Daftar Fakultas dan Jurusan Di Universitas Serambi Mekkah

Hingga sekarang Universitas Serambi memiliki 8 Fakultas didalamnya dan terdapat beberapa pilihan Jurusan yang cukup bervariasi. Berikut ini adalah daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di Universitas Serambi Mekkah.

1. Fakultas Ekonomi
  • S1 Akuntansi
  • S1 Manajemen

2. Fakultas Tarbiyah
  • S1 Pendidikan Agama Islam
  • S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal

3. Fakultas Teknik
  • S1 Teknik Industri
  • S1 Teknik Informatika
  • S1 Teknik Komputer
  • S1 Teknik Kimia
  • S1 Teknik Industri Pertanian
  • S1 Teknik Lingkungan

4. Fakultas Kesehatan Masyarakat
  • S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat

5. Fakultas Dakwah dan Komunikasi
  • S1 Komunikasi dan Penyiaran Ilam

6. Fakultas Syariah
  • D3 Perbankan Islam

7. Fakultas Teknologi Pangan
  • S1 Teknologi Pangan
  • S1 Teknologi Industri Pertanian

8. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  • S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
  • S1 Pendidikan Bahasa Inggris
  • S1 Pendidikan Biologi
  • S1 Pendidikan Ekonomi
  • S1 Pendidikan Fisika
  • S1 Pendidikan Matematika
  • S1 Pendidikan Kimia
  • S1 Pendidikan Sejarah
  • S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • S1 Pendidikan Jasmani dan Rekreasi

Universitas Serambi merupakan kampus yang berprestasi, prestasinya yang membanggakan dimana Universitas ini menjadi salah satu Universitas terbaik di Indonesia yang sekaligus menjadikan persaingan di Universitas Serambi yang setiap tahunnya selalu melonjak naik. Adanya artikel ini semoga bisa memberikan pemahaman kita tentang daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di Universitas Serambi Mekkah.

Itulah pembahasan kami tentang daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di kampus ini. universitas serambi mekkah fakultas ekonomi, serambi mekkah hari ini, sister, yayasan serambi mekkah, jurusan di unmuha, biaya kuliah, pendaftaran, logo, rektor, jurnal universitas serambi mekkah, jurnal kesehatan di aceh serambi saintia, serambi edukasi, journal serambi engineering.

Jika kalian menyukai artikel ini, jangan lupa share ke teman kalian ya

Baca :
Show comments