Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Fakultas Dan Jurusan Unmer Madiun 2020 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Fakultas Dan Jurusan Di Universitas Merdeka Madiun (TERBARU). Hai sobat skul, kembali lagi dengan kami dikesempatan kali ini yang mana kami akan menghadirkan informasi seputar daftar fakultas dan jurusan disemua Kampus yang ada di Indonesia. pada beberapa artikel sebelumnya, kami banyak memaparkan pembahasan yang berbau soal UTBK dan soal Ujian Mandiri.

Hal penting yang mesti kita lalui sebelum masuk dunia perkuliahan adalah memilih Jurusan perkuliahan dengan tepat. Memilih Jurusan perkuliahan dengan tepat berarti kita memilih Proram Studi sesuai dengan bidang yang kita kuasai dan tentunya kita minati. Apabila kita melakukan pilihan yang tepat terhadap Jurusan perkuliahan tersebut, hal itu akan mempermudah kita dalam menjalankan setiap kegiatan perkuliahan nantinya.

Tidak hanya tepat dalam menentukan Program Studi, dalam menentukan Universitas juga harus kita pilih dengan tepat dan cermat pula. Tepat dalam hal ini yaitu terkait Biaya, dan Lokasi kampus yang memadai. Dengan kita berada di dalam lingkungan kampus impian kita, hal tersebut akan memunculkan semangat bagi kita sehingga dalam menjalani kegiatan perkuliahan kita bisa memperoleh hasil yang maksimal.

daftar fakultas jurusan unmer madiun

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Sebelum merambah topik utamanya yaitu tentang daftar Fakultas dan Jurusan di Universitas Merdeka Madiun, kami akan mengajak kalian lebih dulu untuk mengenal tentang apa itu jurusan dan fakultas.

1. Jurusan

Pendefinisian Jurusan menurut KBBI yaitu "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Berdasarkan penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa Jurusan yaitu sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Ilmu Hukum, Agroteknologi, Manajemen dsb.

2. Fakultas

Pendifinisian Fakultas menurut KBBI yaitu "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Berdasarkan penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa Fakultas yaitu bagian dari universitas yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Teknik yang didalamnya terdapat jurusan seperti Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Informatika dsb.

Untuk mempermudah kita dalam pemahamannya, jadi Perguruan Tinggi (PNM, ITS, Unmer) menjadi wadah bagi banyak Fakultas (Fakultas Kelautan, FMIPA, Fakultas Sastra). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Ilmu Administrasi, Ilmu Komunikasi).

Tentang Universitas Merdeka Madiun

Untuk kita yang bertempat tinggal disekitaran Kabupaten Madiun, pasti tidak asing lagi dengan deretan kampus favoritnya yaitu ada PNM, WIMA, IKIP PGRI Madiun dsb. Namun diantara kampus favorit tersebut, ada pula salah satu kampus yang juga menjadi favorit di Madiun yaitu ada Universitas Merdeka Madiun atau yang lebih akrab disebut dengan singkatan Unmer Madiun.

Universitas Merdeka Madiun adalah salah satu universitas yang menyandang status sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Indonesia. Universitas ini berlokasikan tepatnya di Kec. Taman, Kota Madiun, Jawa Timur, Indonesia.

Kampus ini didirikan tak lepas dari campur tangan Yayasan Pendidikan Tinggi Merdeka Madiun (YAPERTIMMA) yang didirikan tanggal 30 juni 1979 yang dimana tanggal tersebut juga dijadikan sebagai hari jadi dari Unmer Madiun.

Universitas Merdeka Madiun pada awalnya merupakan cabang pengembangan dari Universitas Merdeka Malang yang dimana tujuan didirikannya Unmer Madiun yaitu untuk menumbuhkan minat pendidikan dan memfasilitasi bagi pemuda Madiun untuk menimba ilmu di sebuah perguruan tinggi.

Daftar Fakultas dan Jurusan Di Unmer Madiun

Hingga sekarang ini Unmer Madiun memiliki 5 Fakultas dan terdapat beberapa pilihan Jurusan didalamnya yang cukup bervariasi. Berikut adalah daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di Universitas Merdeka Madiun.

1. Fakultas Hukum
  • S1 Ilmu Hukum

2. Fakultas Pertanian

  • S1 Agroteknologi

3. Fakultas Ekonomi

  • S1 Manajemen
  • S1 Akuntansi

4. Fakultas Teknik

  • D3 Manajemen Informatika
  • S1 Teknik Mesin
  • S1 Teknik Sipil
  • S1 Teknik Inormatika

5. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

  • S1 Ilmu Administrasi Negara
  • S1 Ilmu Komunikasi

Unmer Madiun saat ini memiliki banyak sekali prestasi, salah satu prestasinya yang membanggakan adalah sebagai salah satu Kampus terbaik di Indonesia yang sekaligus membuat persaingan di Unmer Madiun yang setiap tahunnya selalu menanjak. Semoga artikel kali ini bisa menambah wawasan kita tentang Fakultas dan Jurusan yang ada di Universitas Merdeka Madiun.

Itulah pembahasan kami tentang daftar Fakultas dan prodi yang ada di kampus ini. jadwal kuliah, dosen, logo, fakultas pertanian, pendaftaran unmer madiun, unipma, universitas di madiun, jurusan universitas merdeka madiun, sejarah, bidikmisi, formulir, persyaratan, tatacara pendaftaran unmer madiun.

Jika kalian menyukai artikel ini, jangan lupa share ke teman kalian ya

Baca :
Show comments