Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Jurusan di POLMAN Bandung (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Prodi di Politeknik Manufaktur (POLMAN) Bandung. Hai sahabat skul, pembahasan kali ini akan menjelaskan topik yang sedikit berbeda dimana kali ini kami akan mengulik ulasan tentang list jurusan di salah satu akademi terbaik yang ada di Kota Bandung yaitu POLMAN Bandung. Untuk pembahasan lengkapnya simak ulasannya dibawah ya!!

Daftar Jurusan di POLMAN Bandung (TERBARU)

Definisi Jurusan dan Fakultas

1. Fakultas

Berdasarkan KBBI fakultas didefinisikan "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan dan dipimpin oleh dekan". Dari definisi tadi, fakultas juga berarti bagian dari universitas yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang didalamnya ada prodi Bimibingan Konseling Islam, PKN, Pendidikan Biologi dsb.

2. Jurusan

Berdasarkan KBBI jurusan didefinisikan "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Dari definisi tadi, jurusan juga berarti sebuah wadah yang mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti prodi Psikoterapi, Ilmu Hadist, Hukum dsb.

Sekilas Tentang POLMAN Bandung

Politeknik Manufaktur Bandung disingkat POLMAN Bandung ialah sebuah sekolah tinggi yang beralamatkan tepatnya di Jl. Kanayakan No.21, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

POLMAN Bandung ialah salah satu politeknik yang berstatuskan sebagai Perguruan Tinggi Negeri dalam sektor ilmu manufaktur yang cukup terkemuka di Indonesia. Bukan hanya POLMAN Bandung saja kampus tenar yang dimiliki Provinsi Jabar, namu ada beberapa kampus lain yang tak kalah tenar diantaranya ada UNPAD, Politeknik Imigrasi, AKA Caraka Nusantara dan lain-lain.

POLMAN Bandung merupakan politeknik pertama yang dibangun di Indonesia yang semula dinamakan Politeknik Mekanik Swiss (PMS-ITB). Pendirian politeknik ini merupakan hasil kerjasama antara Indonesia dan pemerintahan konfederasi Swiss.

Kampus ini mulai dibangun sejak 1975 yang kemudian diresmikan oleh Mentri Pendidikan dan Kebudayaan-Kebudayaan RI pada tanggal 24 Maret 1977. Pada tanggal 6 Juli 1991 Politeknik Mekanik Swiss dirubah statusnya menjadi Politeknik Manufaktur Bandung.

Daftar Jurusan di POLMAN Bandung

Polman Bandung kini telah menghadirkan 4 buah jurusan yang kemudian dibagi lagi menjadi beberapa program studi. Berikut daftar program studi yang ada disini.

1. Jurusan Teknik Manufaktur (ME)
Jurusan ini dibagi lagi menjadi beberapa Program Studi diantaranya :
  • D3 Teknologi Pembuatan Perkakas Presisi
  • D3 Teknik Pemeliharaan Mesin
  • D3 Teknologi Manufaktur
  • D4 Teknologi Rekayasa Manufaktur

2. Jurusan Teknik Perancangan Manufaktur (DE)
Jurusan ini dibagi lagi menjadi beberapa Program Studi diantaranya :
  • D3 Teknologi Perancangan Perkakas Presisi
  • D3 Teknologi Perancangan Mekanik
  • D4 Teknologi Rekayasa Perancangan Manufaktur

3. Jurusan Teknik Pengecoran Logam (FE)
Jurusan ini dibagi lagi menjadi beberapa Program Studi diantaranya :
  • D3 Teknologi pengecoran logam
  • D4 Konsentrasi Teknologi Foundry

4. Jurusan Teknik Otomasi Manufaktur dan Mekatronika (AE)
Jurusan ini dibagi lagi menjadi beberapa Program Studi diantaranya :
  • D3 Mekatronika
  • D4 Teknologi Rekayasa Otomasi

Itulah tadi ulasan yang bisa kami paparkan terkait daftar jurusan di POLMAN Bandung. Semoga ulasan ini dapat membantu teman-teman semua dalam mencari jurusan dan kampus yang tepat nantinya. akreditasi, daya tampung politeknik manufaktur bandung jurusan, pendaftaran, akreditasi jurusan, gaji lulusan polman bandung biaya kuliah, teknik manufaktur, syarat masuk, peminat, beasiswa, passing grade polman bandung negeri atau swasta.
Jika ulasan ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian juga ya!!
Baca :
Show comments