Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download Kumpulan Soal TPS UTBK 2021 PDF dan Pembahasannya

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Download Contoh Soal UTBK 2021 Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Pemahaman PDF. Kamu sedang mencari soal-soal UTBK tahun 2021 khusus ujian TPS tapi tidak menemukannya?

Jangan khawatir sobat skul karena kali ini kami tim soalskul sudah memiliki beberapa soal UTBK tahun 2021 khsusu materi tes potensi skolastik diserta pembahasannya dengan format PDF yang bisa kamu download secara gratis.

Agar berjalannya UTBK bisa lancar dan hasilnya sesuai harapan, kita memang harus banyak melatih diri dengan cara membaca materi dan banyak mengerjakan contoh soal UTBK SBMPTN.

Dengan begitu kita akan semakin siap dengan soal-soal yang nantinya akan diberikan dan tidak kaget saat mengerjakannya. Kali ini kami akan bagikan beberapa soal UTBK SBMPTN 2021 khusus tes TPS. Buat kamu yang ingin mengunduhnya bisa mendapatkannya dibawah.

Download Kumpulan Soal TPS UTBK 2021 PDF dan Pembahasannya

Tentang Tes Potensi Skolastik (TPS)

Dalam menghadapi UTBK tahun 2021 lalu, ada beberapa tes yang harus kamu kerjakan. Jenis tes itu di bagi menjadi 2 yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA).

Khusus untuk TKA, soal yang akan diberikan berbeda tergantung kelompok ujiannya yaitu Saintek, Soshum, atau campuran. Sedangkan TPS soal yang akan diberikan sama untuk setiap peserta.

Tes Potensi Skolastik atau biasa disigkat TPS rupanya tidak hanya di ujikan dalam UTBK saja loh, namun beberapa seleksi juga menggunakan TPS untuk menilai kelayakan peserta seperti seleksi masuk ikatan dinas STAN, STIS, BMKG dll, seleksi TNI, Polri dll.

TPS adalah sebuah tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif setiap peserta yang didalamnya mencakup penalaran umum, penalaran matematika, logika, literasi bahasa dan kemampuan pemahaman. 

Tes Potensi Skolastik diadakan dengan maksud untuk mengukur kemampuan kognitif para calon mahasiswa yang mana kemampuan ini sangat penting dibutuhkan bagi mahasiswa untuk membantu menyelesaikan studi di perguruan tinggi.

Jenis Materi Tes Potensi Skolastik (TPS)

Dalam UTBK tahun 2021 lalu, TPS dibagi lagi menjadi beberapa jenis materi. Adapun materi-materi yang diujian diantaranya adalah.

1. Penalaran Umum

Tipe soal dalam materi penalaran umum (PU) berhubungan dengan cara kerja otak kita dalam melihat permasalahan. materi PU akan mengukur kemampuan penalaran dan kecakapan peserta dalam memilih dan menggunakan informasi yang paling relevan guna mengatasi permasalahan.

2. Pengetahuan Kuantitatif

Tipe soal dalam materi pengetahuan kuantitatif (PK) adalah materi yang didalamnya tentang soal pengetahuan serta penguasaan matematika dasar. PK didalamnya mencakup materi matematika standar seperti aljabar, logika, peluang, statistik, geometri dll.

3. Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Tipe soal dalam materi pengetahuan & pemahaman umum (PPU) akan menguji setiap peserta dalam kemampuan memahami sebuah bacaan. Dalam materi PPU dibagi menjadi 2 jenis soal yaitu soal dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Kamu perlu mendalami materi seperti antonim, sinonim, idiom, hingga PUEBI.

4. Memahami Bacaan dan Menulis

Tipe soal dalam materi pemahaman bacaan & menulis (PBM) akan menguji kemampuan bahasa Indonesia mu seperti pemahaman isi bacaan hingga penalaran kebahasaan.

Download Soal dan Pembahasan TPS UTBK 2021

Dibawah ini kami sudah menyediakan kumpulan soal TPS UTBK 2021 PDF dan pembahasannya yang dapat kamu download secara gratis lengkap semua materi muali dari penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, hingga memahami bacaan dan menulis.

1. Download Soal TPS UTBK 2021 Penalaran Umum (PU)

Dibawah ini kami sajikan beberapa soal TPS UTBK tahun 2021 khusus materi penalaran umum (PU). Kamu bisa mengunduhnya secara gratis dalam format PDF disertai pembahasannya dengan klik saja link dibawah ini.

DOWNLOAD

2. Download Soal TPS UTBK 2021 Pengetahuan Kuantitatif (PK)

Dibawah ini kami sajikan beberapa soal TPS UTBK tahun 2021 khusus materi pengetahuan kuantitatif (PK). Kamu bisa mengunduhnya secara gratis dalam format PDF disertai pembahasannya dengan klik saja tautan dibawah ini.

DOWNLOAD

3. Download Soal TPS UTBK 2021 Pengetahuan dan Pemahaman Umum (PPU)

Dibawah ini kami sajikan beberapa soal TPS UTBK tahun 2021 khusus materi pengetahuan & penalaran umum (PPU) dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Kamu bisa mengunduhnya secara gratis dalam format PDF disertai pembahasannya dengan klik saja link dibawah ini.

4, Download Soal TPS UTBK 2021 Pemahaman Bacaan dan Menulis (PBM)

Dibawah ini kami sajikan beberapa soal TPS UTBK tahun 2021 khusus materi pemahaman bacaan dan menulis (PBM). Kamu bisa mengunduhnya secara gratis dalam format PDF disertai pembahasannya dengan klik saja link download dibawah ini.

Kesimpulan

Beberapa soal dan pembahasan UTBK 2021 TPS sudah kami sajikan diatas lengkap disertai pembahasannya. Semoga ulasan kami kali ini bisa membantu mu dalam mempersiapkan diri menjelang menghadapi UTBK tahun ini khususnya untuk ujian potensi skolastik. download soal asli tps utbk 2021 pdf dan pembahasannya, contoh soal tes potensi skolastik dan pembahasannya pdf, online.

Show comments