Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Fakultas dan Jurusan Universitas Sangga Buana (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Fakultas dan Jurusan di Universitas Sangga Buana (USB) Bandung. Hai sobat skul, bisa berkuliah merupakan anugrah yang mestinya kita syukuri karna tidak semua orang bisa melanjutkan berkuliah. Ada beberapa hal yang harus kita persiapkan sebelum kuliah salah satunya memilih jurusan yang tepat.

Salah satu cara agar mendapat jurusan yang tepat yaitu dengan sering melakukan survey jurusan di kampus-kampus yang menjadi pilihan kita nantinya. Nah sebagai bahan kalian dalam melakukan survey jurusan, artikel kali ini akan membahas mengenai salah satu kampus terbaik di Kota Bandung yaitu Universitas Sangga Buana. Info lengkapnya bisa baca hingga halaman terakhir ya!!

Daftar Fakultas dan Jurusan Universitas Sangga Buana

Definisi Jurusan dan Fakultas

Sebelum lanjut dalam pembahasan tentang list fakultas dan jurusan di Universitas Sangga Buana, mari pahami dulu definisi dari jurusan dan fakultas.

1. Jurusan

Sesuai yang tertera di KBBI jurusan ialah "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Dapat juga diartikan bahwa jurusan ialah sebuah wadah yang akan mendalami ilmu yang lebih menjurus seperti halnya prodi Ilmu Administrasi Publik, Desain Komunikasi Visual, Teknik Arsitektur dsb.

2. Fakultas

Sesuai yang tertera di KBBI fakultas ialah "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Dapat juga diartikan bahwa fakultas ialah sebuah wadah yang menaungi beberapa jurusan yang setipe seperti halnya Fakultas Ekonomi yang didalamnya terdapat jurusan Keuangan dan Perbankan, Akuntansi dan Perpajakan, Ekonomi Pembangunan dsb.

Sejarah Universitas Sangga Buana

Universitas Sangga Buana atau biasa disebut dengan singkatan USB YPKP merupakan salah satu universitas favorit bagi calon mahasiswa baru yang ada di Provinsi Jawa Barat. Selain USB YPKP, Jabar rupanya masih memiliki perguruan tinggi terkemuka lainnya seperti UNIKU Kuningan, UI, UNFARI dsb.

Universitas Sanggabuana adalah sebuah kampus dengan status Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang dimiliki Indonesia. Kampus ini beralamatkan tepatnya di Jl. PH.H. Mustofa No.68, Cikutra, Kec. Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

Universitas Sangga Buana merupakan sebuah perguruan tinggi yangberada dibawah naungan Yayasan Pendidikan Keuangan dab Perbankan (YPKP). Sebelum mendirikan Universitas Sangga Buana, Yayasan YPKP terlebih dahulu mendirikan sebuah Akademi Bank Nasional (ABN) cabang Bandung pada tahun 1968 sebagai cikal bakal berdirinya USB YPKP.

ABN beberapa kali mengalami perubahan nama diantaranya diubah menjadi AKUBANK YPKP hingga akhirnya ditingkatkan statusnya menjadi STIE YPKP. Selain itu, YPKP juga mendirikan sekolah tinggi lain dalam sektor teknologi yaitu STT YPKP.

Kemudian sejak dikeluarkannya SK Dikti tertanggal 24 Agustus 2006, dilakukan penggabungan 2 sekolah tinggi dibawah naungan YPKP yakni STIE YPKP dan STT YPKP ditambah satu fakultas baru yaitu Fakultas Ilmu Komunikasi dan Administrasi menjadi Universitas Sangga Buana.

Daftar Fakultas dan Jurusan Universitas Sangga Buana

Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja berikut daftar fakultas dan jurusan di USB YPKP.

1. Fakultas Ekonomi
  • D3 Keuangan Perbankan
  • D3 Akuntansi dan Perpajakan
  • S1 Akuntansi
  • S1 Manajemen
  • S2 Manajemen
  • S2 Akuntansi

2. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • S1 Ilmu Komunikasi
  • S1 Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga

3. Fakultas Teknik
  • D3 Teknik Informatika
  • S1 Teknik Informatika
  • S1 Sistem Informasi
  • S1 Teknik Mesin
  • S1 Teknik Elektro
  • S1 Teknik Industri
  • S1 Teknik Sipil
  • S2 Teknik Sipil

Itulah tadi pembahasan singkat yang bisa kami sampaikan. Semoga pembahasan ini bisa membantu kalian dalam memilih pilihan jurusan yang tepat sebelum berkuliah. ilmu komunikasi, pendaftaran, jurusan, beasiswa, review, lulusan, akreditasi, biaya universitas sangga buana kelas karyawan, email, kelas karyawan, fisip, rekening, kuliah online usb ypkp. 
Jika artikel ini bermanfaat untuk kalian, jangan lupa share ke teman-teman kalian juga ya
Baca :
Show comments