Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Fakultas dan Jurusan UNAI Bandung (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Fakultas dan Jurusan di Universitas Advent Indonesia (UNAI) Bandung. Hei sobat skul, sebentar lagi penerimaan mahasiswa baru kembali akan diadakan. Ada baiknya sebelum mendaftar, kamu menentukan pilihan program studi dengan tepat sesuai bidang yang kamu kuasai agar berjalannya perkuliahan bisa berjalan dengan lancar.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menentukan pilihan jurusan yang tepat adalah dengan melakukan perbandingan jurusan di beberapa kampus. Berikut kami berikan daftar fakultas dan jurusan di salah satu universitas terbaik di Kota Bandung yaitu UNAI Bandung sebagai bahan melakukan perbandingan jurusan.

Daftar Fakultas dan Jurusan UNAI Bandung

Arti Jurusan dan Fakultas

Dibagian ini mari kita pahami dahulu apa definisi fakultas dan jurusan dibawah sebelum lanjut membahas topik utamanya tentang daftar fakultas dan jurusan di UNAI.

1. Jurusan

Jurusan memiliki arti menurut KBBI "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Menurut pengertian KBBI tadi, maka dapat diartikan bahwa jurusan ialah sebuah wadah yang akan mendalami ilmu yang lebih menjurus seperti prodi Ilmu Filsafat, Kedokteran, Ekonomi Pembangunan dsb.

2. Fakultas

Fakultas memiliki arti menurut KBBI "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Menurut pengertian KBBI tadi, maka dapat diartikan bahwa fakultas ialah sebuah wadah yang menaungi beberapa jurusan yang setipe seperti FKIP yang didalamnya terdapat jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Bimbingan Konseling dsb.

Sejarah Singkat UNAI Bandung

Kota Bandung adalah kota yang terkenal akan sektor pendidikannya dimana Bandung telah memiliki beberapa universitas terkemuka seperti UIN SGD Bandung, UNPAR, Universitas Matanatha dsb. Selain kampus tadi, tentunya Bandung juga masih mempunyai kampus tenar lainnya loh seperti Universitas Advent Indonesia (UNAI) Bandung atau biasa disingkat UNAI.

UNAI Bandung ialah kampus yang ada di Indonesia yang berstatuskan Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Kampus ini memiliki alamat tepatnya di Jl. Kolonel Masturi No.288, Cihanjuang Rahayu, Kec. Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia.

Cikal bakal didirikannya UNAI Bandung bermula dari sebuah balai latihan yang didirikan tanggal 29 November 1929 di Cimindi yaitu Opleiding School der Advent Zending. Sekolah ini sempat ditutup karena adanya Perang Dunia ke-2 pada masa itu yang dampaknya juga terasa hingga ke Indonesia.

Setelah perang berakhir akhirnya sekolah tersebut kembali dibuka tanggal 16 Agustus 1948 dengan nama baru yaitu Indonesia Union Seminary (IUS). Perubahan nama kembali dilakukan pada tahun 1960 menjadi Perguruan Tinggi Advent.

Tahun 1970 perubahan nama juga kembali dilakukan dengan merubah nama dari sebelumnya menjadi Institut Theologia dan Keguruan Advent (ITKA). Tahun 1981 ITKA dirubah lagi statusnya menjadi Universitas Advent Bandung (UNABA).

Penggantian nama dilakukan kembali dan diresmikan atas dasar SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI tertanggal 2 November 1982 menjadi Universitas Advent Indonesia (UNAI).

Daftar Fakultas dan Jurusan UNAI Bandung

Kini UNAI Bandung sudah memiliki sebanyak 16 buah program studi yang aktif dijalankan. Langsung saja ini adalah daftar fakultas & prodi yang ada di UNAI Bandung.

1. Fakultas Ekonomi
  • D3 Sekretaris
  • S1 Akuntansi
  • S1 Manajemen
  • S2 Manajemen

2. Fakultas Filsafat
  • S1 Ilmu Filsafat
  • S2 Ilmu Filsafat
  • S3 Teologi

3. Fakultas Ilmu Keperawatan
  • D3 Ilmu Keperawatan
  • S1 Ilmu Keperawatan
  • Profesi Ners

4. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • S1 Pendidikan Bahasa Inggris
  • S1 Pendidikan Matematika

5. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • S1 Biologi
  • S1 Farmasi

6. Fakultas Teknologi Informasi
  • S1 Sistem Informasi
  • S1 Teknik Informatika

Itulah tadi sedikit informasi yang bisa kami hadirkan kali ini. Harapan kami semoga atikel ini bisa membantu kalian dalam menentukan pilihan jurusan yang tepat sebelum berkuliah. rektor, beasiswa, pendaftaran, akreditasi, biaya kuliah universitas advent indonesia jurusan keperawatan, whois, biaya, nurtanio, email, kalender akademik, moodle, modul unai online. 
Jika artikel ini bermanfaat untuk kalian, jangan lupa share ke teman-teman kalian juga ya
Baca :
Show comments