Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Jurusan Institut Teknologi Indonesia (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Prodi di Institut Teknologi Indonesia (ITI) Serpong. Hello sahabat skul, kali ini kami akan membahas sebuah tulisan yang sangat ditunggu-tunggu dan banyak di request oleh temen-temen nih yaitu terkait list jurusan di salah satu kampus terkemuka yang dimiliki Provinsi Banten yaitu Institut Teknologi Indonesia. Untuk lebih lengkapnya langsung simak ulasannya dibawah ya!!

Daftar Jurusan Institut Teknologi Indonesia

Pengertian Jurusan dan Fakultas

1. Jurusan

Jurusan memiliki arti menurut KBBI sebagai "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Menurut definisi tadi, dapat diperoleh kesimpulan bahwa Jurusan ialah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti prodi Ekonomi Islam, PGSD, Sistem Informasi dsb.

2. Fakultas

Fakultas memiliki arti menurut KBBI sebagai "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan dan dipimpin oleh dekan". Menurut definisi tadi, dapat diperoleh kesimpulan bahwa Fakultas merupakan bagian dari sebuah perguruan tinggi yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Kelautan dan Perairan yang didalamnya ada prodi Budidaya Perairan, Manajemen Sumber Daya Perairan, Teknik Lingkungan dsb.

Sekilas Tentang ITI Serpong

Matana University atau biasa disebut Universitas Matana merupakan sebuah kampus yang telah beroperasi sejak Agustus 2014. Matana University beralamatkan tepatnya di Jl. CBD Barat Kav, RT.1, Curug Sangereng, Kelapa Dua, Tangerang, Banten, Indonesia. 

Universitas yang satu ini ialah kampus yang memiliki status sebagai sebuah Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Selain Universitas Matana, ternyata Provinsi Banten sendiri juga masih memiliki deretan kampus hits lainnya yakni seperti UMT, UNMA, UPJ dan lain-lain.

ITI merupakan sebuah perguruan tinggi yang didirikan oleh Persatuan Insinyur Indonesia yang diketuai oleh Prof. Dr. Ing. B.J. Habibie selaku Ketua Dewan Pembina YPTI. Berdirinya ITI dimulai dengan dibentuknya sebuah yayasan yang akan menaungi kampus ini yaitu Yayasan Pengembangan Teknologi Indonesia (YPTI) tanggal 24 Februari 1984.

Berdasarkan Kongres Nasional ke XI PII di palembang tahun 1984, maka digagaslah pendirian sebuah perguruan tinggi teknik yang kemudian ditindak lanjuti dengan dikeluarkannya SK dari YPTI tertanggal 2 Juni 1984 yang berisikan tentang pendirian Institut Teknologi Indonesia (ITI). 

Daftar Jurusan di ITI Serpong

ITI kini sudah menghadirkan 11 program studi yang masih aktif. Tanpa berlama-lama lagi langsung saja berikut daftar program studi yang ada di kampus ini.

1. Program Diploma
  • D3 Teknik Mesin Otomotif

2. Program Sarjana
  • S1 Teknik Elektro
  • S1 Teknik Mesin
  • S1 Teknik Industri
  • S1 Teknik Kimia
  • S1 Informatika
  • S1 Teknik Sipil
  • S1 Arsitektur
  • S1 Perencanaan Wilayah dan Kota
  • S1 Teknologi Industri Pertanian
  • S1 Manajemen
Ada banyak minat calon mahasiswa yang bercita-cita untuk bisa melanjutkan pendidikannya di Institut Teknologi Indonesia Serpong karena institusi ini mempunyai banyak keunggulan yang dimiliki. jurusan, alumni, biaya masuk, kuliah di iti serpong, peringkat, biaya kuliah, beasiswa, akreditasi universitas, institut teknologi indonesia negeri atau swasta, tangerang selatan, kelas karyawan.
Bila artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya agar mereka juga bisa memperoleh manfaatnya
Baca :
Show comments