Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Fakultas dan Jurusan UNIS Tangerang (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Fakultas dan Jurusan di Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang. Hola sahabat skul, pendaftaran mahasiswa baru sebentar lagi akan mulai dilaksanakan nih, pasti banyak diantara kalian yang sudah siap menjelang pendaftaran yang satu ini ya hehee. Buat kamu yang akan menempuh studi di bangku perkuliahan, kalian wajib memilih jurusan yang tepat.

Salah satu caranya bisa kamu lakukan dengan mengamati diri kamu sendiri kira-kira kamu tertarik dibagian apa, pekerjaan seperti apa yang kamu cita-citakan, potensi apa yang kamu miliki dsb. Berikut kami berikan daftar fakultas dan jurusan di salah satu universitas terbaik di Provinsi Banten yaitu UNIS Tangerang.

Daftar Fakultas dan Jurusan UNIS Tangerang

Definisi Jurusan dan Fakultas

Sebelum melanjutkan pada topik utamanya tentang fakultas dan jurusan di UNIS Tangerang, ayao kita pahami dulu arti dari fakultas dan juga jurusan dibawah.

1. Jurusan

Sesuai yang tertulis menurut KBBI, jurusan berarti "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Menurut pengertian KBBI diatas, maka dapat diartikan bahwa jurusan ialah sebuah wadah yang akan mendalami ilmu yang lebih menjurus seperti prodi Ekonomi Pembangunan, Ilmu Administrasi Negara, Psikologi dsb.

2. Fakultas

Sesuai yang tertulis menurut KBBI, fakultas berarti "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Menurut pengertian KBBI diatas, maka dapat diartikan bahwa fakultas ialah sebuah wadah yang menaungi beberapa jurusan yang setipe seperti Fakultas Teknik yang didalamnya terdapat jurusan Teknik Pertambangan, Teknik Arsitektur, Teknik Informatika dsb.

Sekilas Tentang UNIS Tangerang

Provinsi Banten adalah sebuah daerah yang terkenal akan sektor pendidikannya dimana provinsi ini memiliki beberapa universitas unggulan seperti Universitas Raharja, UNPRI Tangerang, IIQ Jakarta dsb. Selain beberapa kampus-kampus yang telah disebutkan tadi, rupanya Banten masih memiliki kampus tenar lainnya loh yaitu Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang atau biasa disingkat UNIS Tangerang.

UNIS Tangerang ialah kampus yang ada di Indonesia yang memiliki status Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Kampus ini beralamatkan di Jl. Maulana Yusuf No. 10, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang, Banten, Indonesia.

UNIS Tangerang adalah cikal bakal berdirinya dan berkembangnya sektor pendidikan tinggi di Tangerang. Dilatar belakangi karena tidak adanya perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Tangerang, maka para mahasiswa yang tergabung dalam Kesatuan Aksi Mahasiswa (KAMI) mencoba mulai merintis sebuah perguruan tinggi pertama di Tangerang.

Setelah melewati proses panjang dan penuh rintangan, akhirnya berdasarkan SK Yayasan UNIS Jakarta tertanggal 14 April 1966 berdirilah sebuah universitas di Tangerang dengan nama Universitas Islam Syekh Yusuf Cabang Tangerang. Nama syekh Yusuf dalam kampus ini diambil dari salah seorang ulama sekaligus pejuang dan pahlawan nasional dari Makasar.

Daftar Fakultas dan Jurusan UNIS Tangerang

Sampai detik ini Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang sudah memiliki 15 buah program studi yang masih aktif beroperasi. Langsung saja berikut merupakan list fakultas dan prodi yang ada di UNIS Banten.

Program Sarjana

1. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)
  • S1 Ilmu Administrasi Negara
  • S1 Ilmu Komunikasi

2. Fakultas Hukum (FH)
  • S1 Ilmu Hukum

3. Fakultas Agama Islam (FAI)
  • S1 Pendidikan Agama Islam

4. Fakultas Teknik (FT)
  • S1 Teknik Industri
  • S1 Teknik Kimia
  • S1 Teknik Informatika
  • S1 Teknik Sipil

5. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
  • S1 Pendidikan Ekonomi
  • S1 Pendidikan Bahasa Inggris

6. Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FE)
  • S1 Manajemen
  • S1 Akuntansi

Program Pascasarjana (Pps)
  • S2 Ilmu Administrasi
  • S2 Ilmu Hukum
  • S2 Manajemen

Itulah tadi sedikit pembahasan yang kami harap bisa menjadi bermanfaat untuk kalian semua. jurusan di umt tangerang, sina, spada, data mahasiswa, jadwal pendaftaran, dosen, fakultas teknik, akreditasi jurusan ilmu komunikasi, biaya kuliah, brosur unis tangerang negeri atau swasta, spada, logo, akreditasi Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang. 
Jika artikel ini bermanfaat untuk kalian, jangan lupa share ke teman-teman kalian juga ya
Baca :
Show comments