Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Fakultas dan Jurusan IIQ Jakarta (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Fakultas dan Jurusan di Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakarta. Helo sahabat skul, buat kamu yang berkeinginan melanjutkan studi di bangku perkuliahan, kamu wajib banget memilih jurusan yang tepat dan cermat. Salah satu tips dalam memilih program studi bisa kamu mulai dengan mengamati diri kamu sendiri kira-kira kamu handal dalam bidang apa, pekerjaan apa yang kamu cita-citakan, apa potensi yang kamu miliki dsb.

Sebelum berkuliah kamu tidak boleh asal memilih kampus. Kamu harus melihat apakah perguruan tinggi yang kamu tetapkan mempunyai program studi incaranmu atau tidak. Agar tepat dalam memilih jurusan, kamu juga bisa membandingkan program studi pilihanmu diberbagai kampus dan menentukan mana yang terbaik dari segi kualitasnya. Berikut kami berikan daftar fakultas dan jurusan di salah satu universitas terbaik di Provinsi Banten yaitu IIQ Jakarta.

Daftar Fakultas dan Jurusan IIQ Jakarta

Definisi Jurusan dan Fakultas

Sebelum melanjutkan pada topik utama kita, mari kita cermati dahulu pengertian dari fakultas dan juga jurusan dibawah.

1. Jurusan

Dari yang tertulis menurut KBBI, jurusan diartikan sebagai "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Menurut pengertian KBBI diatas, maka bisa diartikan juga bahwa jurusan ialah sebuah wadah yang akan mendalami ilmu yang lebih menjurus seperti prodi Hukum Tata Negara, Manajemen Dakwah, Psikologi dsb.

2. Fakultas

Dari yang tertulis menurut KBBI, fakultas diartikan sebagai "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Menurut pengertian KBBI diatas, maka bisa diartikan juga bahwa fakultas ialah sebuah wadah yang menaungi beberapa jurusan yang setipe seperti Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan yang didalamnya terdapat jurusan Tadris Kimia, Manajemen Pendidikan, PGMI dsb.

Sekilas Tentang IIQ Jakarta

Banten merupakan sebuah provinsi yang terkenal dengan sektor pendidikannya dimana provindi ini memiliki beberapa universitas unggulan seperti UTN Cilegon, ITI Serpong, UNPRI Tangerang dsb. Selain kampus-kampus yang telah disebutkan tadi, rupanya Banten masih memiliki kampus tenar lainnya loh yaitu Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta atau biasa disingkat IIQ Jakarta.

Institut Ilmu Al-Qur'an Jakarta ialah salah satu kampus yang ada di Indonesia yang berstatuskan sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Kampus ini beralamatkan di Jl. Ir H. Juanda No.70, Pisangan, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten, Indonesia.

IIQ Jakarta didirikan sejak 1 April 1997 yang pada mulanya berada dibawah naungan Yayasan Affan. Semenjak tahun 1983 pengelolaan perguruan tinggi ini dilanjutkan oleh Yayasan IIQ. Awal berdirinya kampus ini baru membuka jurusan magister khusus wanita, kemudian setelah berjalannya waktu kampus ini mulai membuka jurusan baru dengan jenjang yang beragam.

Daftar Fakultas dan Jurusan IIQ Jakarta

Hingga kini Institut Ilmu Al-Qur'an Jakarta sudah memiliki 10 buah program studi yang masih aktif beroperasi. Langsung saja berikut merupakan list fakultas dan prodi yang ada di IIQ Jakarta.

1. Fakultas Syari'ah
  • S1 Manajemen Zakat dan Wakaf
  • S1 Hukum Ekonomi Syariah (HES) / Muamalah
  • S2 Hukum Ekonomi Syariah (HES) / Muamalah

2. Fakultas Ushuluddin
  • S1 Komunikasi Penyiaran Islam
  • S1 Ilmu Al Quran dan Tafsir
  • S2 Ilmu Al Quran dan Tafsir
  • S3 Ilmu Al Quran dan Tafsir

3. Fakultas Tarbiyah
  • S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
  • S1 Pendidikan Agama Islam (PAI)
  • S2 Pendidikan Agama Islam (PAI)

Merupakan sebuah kewajiban untuk kita dalam menentukan prodi yang tepat sebelum berkuliah. Harapan kami semoga ulasan yang kami hadirkan kali ini bisa membantu kalian dalam menentukan jurusan yang tepat dengan kampus yang tepat pula. ptiq jakarta jurusan, negeri atau swasta, mars, akreditasi, alamat, skripsi, logo di iiq jakarta, asrama putri, beasiswa, contoh soal tes masuk, jurusan, biaya kuliah di iiq jakarta. 
Jika artikel ini bermanfaat untuk kalian, jangan lupa share ke teman-teman kalian juga ya
Baca :
Show comments