Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Jurusan di Sekolah Kedinasan STMKG (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Program Studi di Sekolah Tinggi Mateorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG). Helo sahabat skul, pada ulasan yang akan kami bawakan kali ini akan menghadirkan sebuah artikel yang tentunya sangat ditunggu-tunggu dan banyak di request oleh para sobat skul nih yaitu tentang daftar jurusan di salah satu perguruan tinggi kedinasan yang dimiliki Indonesia yaitu STMKG. Langsung simak ulasannya dibawah sini ya!!

Daftar Jurusan di Sekolah Kedinasan STMKG

Sekilas Tentang STMKG

Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau sering disebut dengan singkatan STMKG merupakan sebuah perguruan tinggi kedinasan dibawah Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang mendidik dan mempersiapkan para taruna dan taruni untuk mendukung tugas BMKG.

Perguruan tinggi ini dibina oleh Menteri Pendidikan Nasional dan secara teknis kegiatan operasionalnya dilakukan Kepala BMKG. Perguruan tinggi kedinasan ini telah berdiri sejak 1955 dengan nama pertamanya adalah Akademi Meterologi dan Geofisika (AMG) yang bertempatkan di ITB.

Kemudian tahun 1960 AMG berpindah lokasi ke Jakarta tepatnya di Kantor Lembaga Meteorologi dan Geofisika (LMG). Kemudian tahun 1978 AMG dirubah namanya menjadi Balai Pendidikan dan Latihan Meteorologi dan Geofisika (BPLMG).

Perubahan namapun kembali dilakukan pada tahun 2000 menjadi AMG sama seperti nama sebelumnya. Hingga akhirnya pada tahun 2014 AMG dirubah namanya kembali menjadi STMKG hingga saat ini. STMKG saat ini beralamatkan tepatnya di Jalan Perhubungan I No.5 Pondok Betung, Bintaro, Kec. Pd. Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten, Indonesia.

STMKG memiliki banyak keunggulan dari beberapa kampus lainnya. Keunggulan dari kampus ini salah satunya adalah bebas biaya studi mulai dari diterima hingga lulus, bahkan kamu akan mendapatkan uang saku setiap bulannya loh. Tak seperti kampus lain yang setelah lulus kita harus mencari dan bersaing kembali dalam mencari pekerjaan, namun hal itu tidak berlaku di STMKG. Disini bila kamu berhasil lulus kamu akan langsung mendapatkan pekerjaan dilingkup BMKG.

Daftar Jurusan Di STMKG

STMKG hingga kini menghadirkan 4 jurusan Diploma IV yang setara jenjang sarjana yang masih aktif dijalankan. Berikut daftar program studi yang ada di kampus ini.
  1. D4 Meteorologi (Ilmu Cuaca)
  2. D4 Klimatologi (Ilmu Iklim)
  3. D4 Geofisika (Ilmu Gempa)
  4. D4 Instrumentasi (Ilmu Instrumentasi-MKG)

Banyak sekali antusias dari para calon mahasiswa yang berkeinginan untuk bisa berkuliah di STMKG Jakarta karena perguruan tinggi kedinasan dalam sektor ilmu Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ini mempunyai banyak keunggulan yang dimiliki. kuota, syarat masuk, biaya kuliah, tes, pendaftaran, jurusan yang paling diminati di, gaji stmkg biaya, medan.
Bila artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya agar mereka juga bisa memperoleh manfaatnya
Baca :
Show comments