Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Daftar UTBK-SBMPTN 2022 Disertai, Syarat, Jadwal, dan Biaya Pendaftaran

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Syarat, Jadwal, Biaya, Cara Daftar UTBK SBMPTN 2022. Kabar gembira nih buat kamu semua para pejuang kampus. Pasalnya pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2022 telah dibuka.

Tentu hal ini sangat di tunggu tunggu ya oleh kamu yang ingin kuliah yang sebelumnya gagal di SNMPTN, tidak masuk daftar siswa yang bisa daftar SNMPTN, atau gagal daftar di tahun-tahun sebelumnya.

UTBK SBMPTN dilaksanakan oleh LTMPT atau Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi. Buat yang masih bingung jadi SBMPTN merupakan sebuah seleksi yang dilakukan untuk menyaring siswa dan siswi terbaik yang akan masuk ke dalam perguruan tinggi negeri (PTN).

Sedangkan UTBK sendiri merupakan jenis ujian yang akan di hadapi oleh setiap peserta yakni berupa ujian berbasiskan komputer. 

Jadi bisa dibilang UTBK adalah nama ujiannya yang berbasis komputer sedangkan SBMPTN adalah salah satu jalur seleksi masuk perguruan tinggi. Kamu akan menggunakan nilai UTBK untuk masuk perguruan tinggi dengan jalur SBMPTN.

Untuk mendaftar nya, para calon UTBK SBMPTN 2022 harus memiliki akun LTMPT terlebih dahulu yang sudah kalian registrasi sejak tanggal 14 Februari hingga 17 Maret 2022 kemarin.

Baca juga: Kumpulan Soal dan Pembahasan UTUL UGM (TERBARU)

Syarat Daftar UTBK SBMPTN 2022

Untuk mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi ini setidaknya ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi diantaranya adalah.

  1. Telah mempunyai akun LTMPT permanen.
  2. Warga Negara Indonesia (WNI) yang mempunya Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  3. Merupakan siswa siswi SMA/MA/SMK/sederajat calon lulusan tahun 2022
  4. Harus memiliki Surat Keterangan Siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 atau peserta didik Paket C tahun 2022 dengan umur tidak lebih dari 25 tahun (per 1 Juli 2022).
  5. Surat Keterangan Siswa Kelas 12 disertai dengan foto terbaru (berwarna), stempel/cap dari sekolah, serta tanda tangan dari Kepala Sekolah.
  6. Merupakan siswa siswi lulusan SMA/MA/SMK/sederajat tahun 2020 serta 2021 atau lulusan Paket C tahun 2020 dan 2021 yang telah memiliki ijazah dengan umur tidak lebih dari 25 tahun (per 1 Juli 2022).
  7. Untuk siswa siswi lulusan SMA sederajat dari luar negeri harus memiliki ijazah yang telah disetarakan.
  8. Bukan merupakan siswa siswi yang telah lulus jalur SNMPTN pada tahun 2020, 2021, dan 2022.
  9. Peserta yang memilih jurusan kelompok Saintek akan mengikuti tes TPS, Bahasa Inggris, dan TKA Saintek.
  10. Peserta yang memilih jurusan kelompok Soshum akan mengikuti tes TPS, Bahasa Inggris, dan TKA Soshum.
  11. Peserta yang memilih jurusan kelompok Campuran akan mengikuti test TPS, Bahasa Inggris, TKA Saintek dan TKA Soshum.
  12. Khusus untuk peserta yang memilih jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi hanya bisa diikuti oleh siswa siswi lulusan SMA/MA jurusan IPA saja.
  13. Para peserta harus mempunyai kesehatan yang baik sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.
  14. Untuk para peserta yang memilih jurusan dalam bidang ilmu Seni dan Olahraga diharuskan mengunggah portofolio.
  15. Untuk peserta tuna netra harus mengunggah Surat Pernyataan Tuna Netra
  16. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran UTBK melalui bank Mandiri, BNI, BTN, atau BRI.

Jadwal Pendaftaran UTBK SBMPTN 2022

Pendaftaran UTBK SBMPTN 2022 sudah bisa mulai dilakukan sejak tanggal 23 Maret hinggal 15 April 2022. Untuk jadwal lengkapnya mulai dari daftar hingga pengumuman kamu bisa simak dibawah ini.

  • 14 Februari - 17 Maret 2022: Registrasi akun LTMPT.
  • 23 Maret - 15 April 2022: Pendaftaran UTBK-SBMPTN.
  • 17 Mei - 23 Mei 2022: Pelaksanaan Tes UTBK-SBMPTN Gelombang 1.
  • 28 Mei - 3 Juni 2022: Pelaksanaan Tes UTBK-SBMPTN Gelombang 2.
  • 23 Juni 2022: Pengumuman hasil SBMPTN.
  • 25 juni - 31 Juli 2022: Masa unduh sertifikat UTBK-SBMPTN.

Biaya Pendaftaran UTBK SBMPTN 2022

Menurut situs resmi LTMPT, adapun biaya yang harus di bayarkan oleh setiap peserta untuk bisa mengikuti UTBK SBMPTN 2022 adalah.

  1. Kelompok Saintek: Rp200.000
  2. Kelompok Soshum: Rp200.000
  3. Kelompok Campuran: Rp300.000

Catatan : Biaya yang sudah di bayar tidak bisa kamu tarik lagi dengan alasan apapun, jadi pastikan apa yang kamu lakukan benar.

Baca juga: Kumpulan Soal dan Pembahasan SBMPTN UTBK (TERBARU)

Panduan Cara Daftar UTBK SBMPTN 2022

Adapun cara mendaftar UTBK-SBMPTN 2022 caranya sangat gampang ko sob. Caranya tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yakni.

  1. Registrasi Akun LTMPT, Wajib untuk semua calon peserta UTBK-SBMPTN menggunakan NISN, NPSN, dan Tanggal Lahir di laman https://portal.ltmpt.ac.id
  2. Lanjut login dengan akun LTMPT pada situs yang sama.
  3. Lanjut pilih lah menu Verifikasi dan Validasi Data
  4. Isi biodata, unggah pas foto berwarna terbaru, serta verifikasi biodata
  5. Lanjut pilih menu Pendaftaran UTBK-SBMPTN
  6. Lengkapi datamu diantaranya biodata, pilih jurusan, unggah portofolio, pilih Pusat UTBK PTN, serta dapatkan slip pembayaran
  7. Melakukan pembayaran di Bank bank Mitra seperti Mandiri, BNI, BTN, dan BRI menggunakan slip pembayaran yang harus dilakukan paling lama 2x24 jam.
  8. Lanjut cetak kartu peserta UTBK-SBMPTN yang didapat denan cara login ke situs portal ltmpt, pilih menu pendaftaran UTBK-SBMPTN untuk mencetak Kartu Peserta UTBK.
  9. Selesai, tinggal kamu tunggu saja jadwal tes yang harus kamu ikuti.

Bila kamu ingin lebih lengkap panduan cara pendaftaran UTBK-SBMPTN nya, kamu bisa melihat panduan resmi yang telah di buat LTMPT dalam bentuk soft file yang dapat di unduh pada link disini

Untuk lebih lengkapnya kamu bisa melihat dokumentasi resmi yang dikeluarkan LTMPT terkait UTBK-SBMPTN 2022 ini melalui situs resminya yakni https://ltmpt.ac.id

Baca juga: Kumpulan Soal dan Pembahasan SIMAK UI (TERBARU)

Akhir Kata

Itulah tadi sedikit ulasan yang bisa kami sampaikan terkait cara daftar UTBK SBMPTN 2022 disertai, syarat, biaya, hingga jadwal pendaftaran nya. Semoga ulasannya bisa kamu pahami dengan mudah dan semoga sukses masuk perguruan tinggi idaman mu!! biaya, syarat, link pendaftaran utbk sbmptn 2022 jadwal untuk gap year, adalah.

Show comments