Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Fakultas dan Jurusan UMPTB Lampung (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Fakultas dan Jurusan di Universitas Megou Pak Tulang Bawang Lampung. Hai sahabat skul, dalam menentukan jurusan yang tepat merupakan hal yang wajib banget kamu lakukan sebelum lanjut berkuliah. Pasalnya bila kamu salah memilih jurusan, itu akan menjadikan perkuliahan nantinya menjadi tidak maksimal. Kita harus cermat dalam memilih jurusan, salah satu caranya yaitu dengan melakukan perbandingan jurusan. Nah untuk bahan kita sebagai perbandingan tersebut, kali ini kami akan mengupas secara tuntas daftar fakultas dan jurusan di kampus terkemuka yang ada di Lampung yaitu UMPTB Lampung. Simak ulasannya berikut ini.

daftar fakultas jurusan umptb lampung

Definisi Jurusan dan Fakultas

Sebelumnya mari kita pahami dahulu pengertian dari fakultas dan jurusan sebelum membahas daftar fakultas dan jurusan di UMPTB Lampung.

1. Jurusan

Berdasarkan KBBI, jurusan adalah "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Dapat didefinisikan pula bahwa program studi merupakan sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Manajemen Informatika, Agroteknologi, Pendidikan Matematika dsb.

2. Fakultas

Berdasarkan KBBI, fakultas adalah "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Dapat didefinisikan pula bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi berbagai jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya FKIP yang membawahi Prodi seperti Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Syariah, Pendidikan IPA dsb.

Agar mempermudah dalam memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (UMMY Solok, UNBRAH, UNTAN) menjadi tempat untuk banyak Fakultas (Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, Fakultas Tarbiyah). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Teknik Industri, Teknik Arsitektur, Teknik Kimia).

Sejarah UMPTB Lampung

Salah satu penghasil perguruan tinggi terbaik di Indonesia adalah Provinsi Lampung. Terbukti dengan banyaknya antusisas calon maba yang memilih melanjutkan pendidikannya di Lampung ini seperti misalnya di IAIM NU Metro, Universitas Teknokrat, IAIN Metro dsb. Tapi masih ada lagi loh kampus lain yang juga tak kalah terkenal dari sebelumnya. Lampung masih memiliki Universitas Megow Pak Tulang Bawang atau disingkat UMPTB yang banyak menjadi rebutan bagi calon maba.

Kampus yang telah berdiri sejak 30 Oktober 2006 ini merupakan sebuah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang dimiliki oleh Indonesia. Kampus ini beralamatkan tepatnya di Jl. Lintas Sumatera No.1, Tiuh Tohou, Menggala, Kabupaten Tulangbawang, Lampung, Indonesia.

Daftar Fakultas dan Jurusan UMPTB Lampung

Hingga kini UMPTB telah memiliki 7 Fakultas dengan beberapa pilihan jurusannya yang seluruhnya merupakan program sarjana. Berikut daftar fakultas dan prodi yang ada di UMPTB Tulang Bawang.

1. Fakultas Hukum
  • S1 Ilmu Hukum

2. Fakultas Teknik Informatika
  • S1 Teknik Informatika

3. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • S1 Hubungan Internasional

4. Fakultas Ekonomi
  • S1 Manajemen
  • S1 Akuntansi

5. Fakultas Pertanian
  • S1 Agroteknologi

6. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • S1 Pendidikan Ekonomi
  • S1 Pendidikan Sejarah

7. Fakultas Teknik
  • S1 Teknik Sipil
  • S1 Teknik Industri
  • S1 Teknik Elektro
  • S1 Teknik Mesin

Itu tadi sedikit yang bisa kami paparkan terkait pembahasan kali ini, semoga ulasannya bisa menambah wawasan kita mengenai daftar fakultas dan prodi yang ada di UMPTB Lampung. akreditasi umptb, jam kuliah, wisuda, daftar nama mahasiswa, rektor, akreditasi universitas megou pak tulang bawang lampung, tutup.
Jika artikel ini bermanfaat untuk kalian, jangan lupa share ke teman-teman kalian juga ya
Baca :
Show comments