Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Fakultas dan Jurusan IAIMNU Metro Lampung (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Fakultas dan Jurusan di Institut Agama Islam Ma’arif NU (IAIMNU) Metro Lampung. Hello sahabat skul, menentukan jurusan yang tepat merupakan hal yang wajib banget kamu lakukan sebelum berkuliah. Pasalnya bila kita salah memilih jurusan, itu akan menjadikan perkuliahan kita menjadi tidak maksimal. Kita harus cermat memilih jurusan, salah satu caranya yaitu dengan melakukan perbandingan. Nah untuk bahan kita sebagai perbandingan tersebut, kali ini kami akan mengupas secara tuntas daftar fakultas dan jurusan di kampus hits yang ada di Lampung yaitu IAIM NU Metro. Simak ulasannya dibawah ini.

daftar fakultas jurusan iaim nu metro lampung

Definisi Jurusan dan Fakultas

Sebelumnya mari kita pahami dahulu pengertian dari fakultas dan jurusan sebelum membahas daftar fakultas dan jurusan di IAIMNU Metro Lampung.

1. Jurusan

Menurut KBBI, jurusan adalah "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Dapat didefinisikan pula bahwa program studi merupakan sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Pendidikan Matematika, Teknik Elektronika, Bimbingan Konseling dsb.

2. Fakultas

Menurut KBBI, fakultas adalah "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Dapat didefinisikan pula bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi berbagai jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam yang membawahi Prodi seperti Perbankan Syariah, Hukum Ekonomi Syariah, Hukum Keluarga dsb.

Agar mempermudah dalam memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (UNTAN, UIN Antasari, PNP Padang) menjadi tempat untuk banyak Fakultas (Fakultas Tarbiyah, Fakultas Teknik, FUAD). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pendidikan IPA).

Sejarah IAIMNU Metro Lampung

Salah satu penghasil perguruan tinggi terbaik di Indonesia ialah Provinsi Lampung. Terbukti dengan banyaknya antusisas mahasiswa yang memilih melanjutkan pendidikannya di Lampung ini seperti misalnya IAIN Metro, UMPTB, UMPRI Pringsewu dsb. Tapi masih ada lagi loh kampus lain yang juga tak kalah terkenal dari sebelumnya di Lampung yaitu ada Institut Agama Islam Ma'arif NU Metro Lampung atau disebut IAIMNU Metro.

IAIMNU Metro merupakan sebuah Perguruan Tinggi Islam Negeri (PTIN) yang berada dibawah naungan Nahdlatul Ulama. Kampus ini beralamatkan tepatnya di Jl. RA Kartini No.28, Purwosari, Metro Utara, Kota Metro, Lampung, Indonesia.

IAIMNU Metro merupakan sebuah kampus yang diselenggarakan oleh Lembaga Pendidikan Ma'arif NU Kota Metro. Pada mulanya kampus ini dinamakan Sekolah Tinggi Ilmu Syari’ah (STIS) Al-Asy’ari yang dibangun tanggal 27 April 1987. Kemudian berdasarkan hasil rapat tanggal 14 Oktober 1990 dilakukan perubahan nama kampus ini menjadi STIS Ma’arif Metro Lampung Tengah.

Berdasarkan keputusan Menteri Agama tahun 1996, maka dilakukan perubahan nama kembali dari sebelumnya menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ma’arif Metro Lampung. Kemudian berdasarkan SK Menteri Agama RI tahun 2013, dilakukan peningkatan status kampus ini menjadi Institut Agama Islam Ma’arif NU (IAIMNU) Metro Lampung.

Daftar Fakultas dan Jurusan IAIM NU Metro

Hingga kini IAIMNU Metro telah memiliki 3 Fakultas dengan beberapa pilihan jurusannya mulai dari program diploma, sarjana, hingga magister. Tak usah berbasa-basi lagi berikut daftar fakultas dan prodi yang ada di IAIM NU Metro Lampung.

1. Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
  • D3 Perbankan Syariah
  • S1 Perbankan Syariah
  • S1 Hukum Ekonomi Syariah
  • S1 Hukum Keluarga (Ahwal Al Syakhshiyyah)

2. Fakultas Tarbiyah
  • S1 Pendidikan Bahasa Inggris
  • S1 Pendidikan Bahasa Arab
  • S1 Pendidikan Matematika
  • S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
  • S1 Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
  • S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini
  • S1 Pendidikan Agama Islam
  • S2 Pendidikan Agama Islam

3. Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD)
  • S1 Ilmu Al Quran dan Tafsir

Hanya itu sedikit yang bisa kami paparkan terkait tulisan kali ini, semoga ulasan ini dapat menambah wawasan kita mengenai daftar fakultas dan prodi yang ada di IAIM NU Metro Lampung. staim metro, logo, jurnal mahkamah, jurusan di, pendaftaran iaim metro, e akademik iaim nu metro lampung, jurusan, kuliah sabtu minggu di, akreditasi stai maarif metro lampung.
Jika artikel ini bermanfaat untuk kalian, jangan lupa share ke teman-teman kalian juga ya
Baca :
Show comments