Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Fakultas Dan Jurusan UTB Lampung (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Fakultas dan Jurusan di Universitas Tulang Bawang Lampung. Helo sobat skul, ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan sebelum lanjut berkuliah nih, salah satunya adalah memilih kampus dan juga jurusan yang tepat sesuai keinginan dan bidang yang kita miliki. Untuk itu kita perlu membandingkan kampus dan prodi yang ada untuk menemukan pilihan yang tepat. Sebagai modal kalian untuk membandingkan jurusan tersebut, pada artikel kali ini kami akan membahas daftar fakultas dan jurusan disebuah kampus terkemuka yang ada di Provinsi Lampung yaitu UTB Lampung. Simak ulasannya dibawah ini.

daftar fakultas jurusan utb lampung

Definisi Jurusan dan Fakultas

Sebelumnya mari kita pahami terlebih dahulu bagian ini tentang definisi fakultas dan jurusan sebelum membahas daftar fakultas dan jurusan di UTB Lampung.

1. Jurusan

Seperti yang telah tertera didalam KBBI bahwa jurusan merupakan "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Dapat diartikan pula bahwa program studi merupakan sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Farmasi, Peternakan, Teknik Sipil dsb.

2. Fakultas

Seperti yang telah tertera didalam KBBI bahwa fakultas merupakan "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Dapat diartikan pula bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi berbagai jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Hukum yang menaungi Program Studi seperti Hukum Pidana Islam, Hukum Keluarga, Ilmu Hukum dsb.

Agar mempermudah dalam memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (UKWMS, Unsoed, UNBRAH Padang) menjadi tempat untuk banyak Fakultas (Fakultas Peternakan, Fakultas Kelautan, Fakultas Pertanian). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Teknik Elektro, Teknik Arsitektur, Teknik Mesin).

Sejarah Universitas Tulang Bawang

Lampung merupakan provinsi yang terkenal akan sektor pendidikannya. Terbukti dengan begitu banyak kampus hits yang dimiliki seperti halnya UNMAL Lampung, UBL, IIB Darmajaya dsb. Ternyata masih ada lagi loh kampus lain yang juga tak kalah hits di Provinsi Lampung yaitu Universitas Tulang Bawang Lampung atau lebih sering disingkat UTB.

UTB berstatuskan sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang berada di Indonesia. Kampus ini memiliki alamat tepatnya di Jl. Gajah Mada No.34, Kota Baru, Kec. Tj. Karang Tim., Kota Bandar Lampung, Lampung, Indonesia.

Berdirinya UTB merupakan hasil dari pengembangan sebuah sekolah tinggi pada tanggal 3 Juni 1997 yakni Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi dan Ilmu Politik Lampung (STIAL/STISIPOL) yang berada dibawah naungan Yayasan Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Indonesia Lampung (YAPIPILA).

Daftar Fakultas dan Jurusan UTB

Untuk sekarang ini UTB Lampung telah memiliki 5 Fakultas dengan macam-macam pilihan jurusannya. Tanpa berlama-lama lagi berikut daftar fakultas dan prodi yang ada di Universitas Tulang Bawang.

1. Fakultas Hukum
  • S1 Ilmu Hukum

2. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • S1 Administrasi Negara
  • S1 Administrasi Publik
  • S1 Ilmu Komunikasi

3. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • S1 Farmasi

4. Fakultas Peternakan
  • S1 Peternakan

5. Fakultas Teknik
  • S1 Teknik Industri

Itulah sedikit ulasan yang bisa kami sampaikan kepada kalian terkait daftar jurusan dan fakultas yang ada di Universitas Tulang Bawang (UTB), semoga ulasan ini dapat memperkaya wawasan kita terkait kampus yang ada di Kota Bandar Lampung ini. logo, akreditasi, siakad, pendaftaran utb lampung, universitas megou pak, terbuka tulang bawang, siakad, jam kuliah, akreditasi, biaya kuliah, pendaftaran universitas tulang bawang jurusan farmasi, akreditasi.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya
Baca :
Show comments