Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Fakultas dan Jurusan UMPRI Pringsewu (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Fakultas dan Jurusan di Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung. Hei sahabat skul, ada beberapa hal nih yang harus kamu persiapkan sebelum berkuliah, salah satunya memilih kampus dan program studi yang sesuai kemauan dan bidang yang kita punya. Oleh karenanya, perlu banget buat kamu membandingkan kampus dan prodi yang menjadi pilihan agar bisa mendapatkan pilihan yang tepat nantinya. Untuk modal kita membandingkan jurusan tersebut, di artikel ini kami akan mengupas secara tuntas daftar fakultas dan jurusan di kampus hits yang dimiliki Provinsi Lampung yaitu Universitas Muhammadiyah Pringsewu. Simak ulasannya dibawah ini.

daftar fakultas jurusan umpri pringsewu

Definisi Jurusan dan Fakultas

Sebelumnya mari kita pahami dahulu bagian ini tentang pengertian fakultas dan jurusan sebelum membahas daftar fakultas dan jurusan di UMPRI Pringsewu.

1. Jurusan

Seperti dijelaskan didalam KBBI dimana jurusan merupakan "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Dapat didefinisikan pula bahwa program studi merupakan sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Akuakultur, Hukum Ekonomi Syariah, Pendidikan Luar Biasa dsb.

2. Fakultas

Seperti dijelaskan didalam KBBI dimana fakultas merupakan "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Dapat didefinisikan pula bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi berbagai jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang membawahi Program Studi seperti Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan PKN, Pendidikan Kimia dsb.

Agar mempermudah dalam memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (UMMY Solok, UNITAS Padang, UM Bandung) menjadi tempat untuk banyak Fakultas (Fakultas Kesehatan, Fakultas Pertanian dan Sains, FISIPOL). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Ilmu Komunikasi, Ilmu Pemerintahan, Hubungan Internasional).

Sejarah Universitas Muhammadiyah Pringsewu

Lampung adalah salah satu provinsi pencetak kampus-kampus terbaik di Indonesia. Terbukti dengan banyaknya antusisas mahasiswa yang lebih memilih melanjutkan pendidikannya di Provinsi Lampung seperti halnya UML Lampung, UNILA, UM Metro dsb. Ternyata masih ada lagi loh kampus lain yang juga terkemuka disini yaitu Universitas Muhammadiyah Pringsewu atau disebut UMPRI.

UMPRI memiliki status sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang dikelola oleh salah satu organisasi islam terbesar di Indonesia yakni Muhammadiyah. Kampus ini beralamatkan tepatnya di Jalan Makam KH. Ghalib No. 112 Pringsewu, Lampung, Indonesia.

Universitas Muhammadiyah Pringsewu (UMPRI) Lampung berdiri dari hasil penggabungan tiga Sekolah Tingg Muhammadiyah yang berada di Kabupaten Pringsewu yakni STKIP Muhammadiyah Pringsewu, STIE Muhammadiyah Pringsewu, dan STIKes Muhammadiyah Pringsewu.

Setelah melewati proses yang panjang, akhirnya ketiga kampus ini secara resmi digabung dan ditingkatkan statusnya didasarkan atas SK Kemenristekdikti tertanggal 29 Juli 2019 menjadi Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

Daftar Fakultas dan Jurusan UMPRI Pringsewu

Hingga kini Universitas Muhammadiyah Pringsewu telah memiliki 5 Fakultas dengan macam-macam pilihan jurusannya mulai dari program diploma, hingga sarjana. Tanpa berbasa-basi lagi berikut daftar fakultas dan prodi yang ada di UMPRI Lampung.

1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • S1 Pendidikan Tari
  • S1 Pendidikan Matematika
  • S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • S1 Pendidikan Bahasa Inggris
  • S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  • S1 Bimbingan dan Konseling

2. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • S1 Manajemen

3. Fakultas Kesehatan
  • D3 Kebidanan
  • D3 Keperawatan
  • S1 Keperawatan
  • Pendidikan Profesi Ners

4. Fakultas Pertanian dan Sains
  • S1 Akuakultur
  • S1 Matematika

5. Fakultas Agma Islam
  • S1 Hukum Ekonomi Syariah

Begitulah sedikit pemaparan dari kami pada tulisan kali ini, semoga ulasan ini dapat memperkaya wawasan kita terkait daftar fakultas dan prodi yang ada di UMPRI Pringsewu Lampung. visi misi, akreditasi, biaya kuliah universitas muhammadiyah pringsewu lampung, logo, akreditasi, pendaftaran, login, pmb, biaya kuliah umpri pringsewu, png, biaya kuliah stikes, stkip muhammadiyah pringsewu.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya
Baca :
Show comments