Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Fakultas dan Jurusan UML Lampung (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Fakultas dan Jurusan di Universitas Muhammadiyah Lampung (UML). Apa kabar sobat skul, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum berkuliah, salah satunya yang harus dipersiapkan yaitu memilih kampus dan program studi yang sesuai keinginan dan bidang yang kita punya. Oleh karenanya, kamu perlu membandingkan kampus dan prodi yang menjadi pilihan kamu agar bisa mendapatkan pilihan yang tepat. Sebagai modal membandingkan jurusan tersebut, pada ulasan ini kami akan mengupas daftar fakultas dan jurusan disebuah kampus hits di Provinsi Lampung yaitu Universitas Muhammadiyah Lampung. Simak ulasannya dibawah ini.

daftar fakultas jurusan uml lampung

Definisi Jurusan dan Fakultas

Sebelumnya ayo kita pahami dahulu bagian ini tentang definisi fakultas dan jurusan sebelum membahas daftar fakultas dan jurusan di UML.

1. Jurusan

Seperti dituliskan didalam KBBI dimana jurusan merupakan "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Dapat didefinisikan pula bahwa program studi merupakan sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Pendidikan Luar Biasa, Teknik Arsitektur, Perbankan dan Keuangan dsb.

2. Fakultas

Seperti dituliskan didalam KBBI dimana fakultas merupakan "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Dapat didefinisikan pula bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi berbagai jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang membawahi Program Studi seperti Ilmu Komunikasi, Ilmu Pemerintahan, Sosiologi dsb.

Agar mempermudah dalam memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (UM Purwokerto, UM Yogyakarta, UM Bandung) menjadi tempat untuk banyak Fakultas (FISIPOL, Fakultas Psikologi, Fakultas Ushuluddin). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Ekonomi Syariah, Pendidikan Agama Islam, Perbankan Syariah).

Sejarah Universitas Muhammadiyah Lampung

Provinsi Lampung adalah salah satu daerah penghasil kampus terbaik di Indonesia. Terbukti dengan banyaknya antusisas mahasiswa baru yang lebih memilih melanjutkan pendidikannya di Provinsi Lampung seperti halnya UM Metro, UIN Lampung, Universitas Saburai dsb. Ternyata masih ada lagi loh kampus lain yang juga terkemuka disini yaitu Universitas Muhammadiyah Lampung atau lebih sering disingkat UML.

Kampus yang telah berdiri sejak tahun 1987 ini memiliki status sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang dikelola oleh salah satu organisasi islam terbesar di Indonesia yaitu Muhammadiyah. Kampus ini beralamatkan tepatnya di Jl. ZA. Pagar Alam, Labuhan, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Kota Bandar Lampung, Lampung, Indonesia.

Daftar Fakultas dan Jurusan UML

Untuk sekarang ini Universitas Muhammadiyah Lampung telah memiliki 7 Fakultas dengan macam-macam pilihan jurusannya yang seluruhnya merupakan program sarjana. Tanpa berbasa-basi lagi berikut daftar fakultas dan prodi yang ada di UML.

1. Fakultas Agama Islam
  • S1 Ekonomi Syariah
  • S1 Pendidikan Agama Islam
  • S1 Perbankan Syariah

2. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • S1 Ilmu Komunikasi
  • S1 Ilmu Pemerintahan

3. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
  • S1 Pendidikan Bahasa Inggris
  • S1 Pendidikan Luar Biasa
  • S1 Pendidikan Matematika
  • S1 Sastra Inggris

4. Fakultas Psikologi
  • S1 Psikologi

5. Fakultas Teknik
  • S1 Teknik Elektro

Begitulah sedikit pemaparan yang bisa kami sampaikan pada tulisan kali ini, semoga ulasan ini dapat memperkaya wawasan kita terkait daftar fakultas dan jurusan yang ada di UNMUHA Lampung. rektor, pendaftaran, siakad, biaya kuliah uml lampung, psikologi, alamat, jumlah mahasiswa, beasiswa universitas muhammadiyah lampung, prodi, pendaftaran, akreditasi jurusan di, biaya kuliah universitas muhammadiyah lampung.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya
Baca :
Show comments