Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Jurusan di Poltekkes Kemenkes Bengkulu (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Jurusan di Politeknik Kesehatan Kemenkes Bengkulu. Apa kabar sobat skul, artikel yang telah kami buat dibeberapa waktu lalu banyak memaparkan bahasan yang berisi tentang daftar fakultas dan jurusan disebuah perguruan tinggi di dibeberapa daerah mulai dari Semarang, Jakarta, Aceh dll. Nah, sekarang kami akan menghadirkan list jurusan yang ada di salah satu kampus di Provinsi Bengkulu yaitu Poltekkes Kemenkes Bengkulu. Langsung saja mari kita simak pembahasannya dibawah ini.

daftar jurusan di poltekkes kemenkes bengkulu

Memahami Jurusan dan Fakultas

Sebelum beralih membahas daftar prodi di Poltekkes Bengkulu, berikut kami sampaikan terlebih dahulu sedikit definisi mengenai jurusan dan fakultas.

1. Jurusan

Ada beberapa sumber yang mendefinisikan jurusan, menurut KBBI, jurusan diartikan sebagai "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Dari arti yang ditegaskan diatas, dapat kami simpulkan bahwa Jurusan merupakan sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti prodi Pendidikan Dokter, Pendidikan Olahraga, Hukum Keluarga Islam dsb.

2. Fakultas

Ada beberapa sumber yang mendefinisikan fakultas, menurut KBBI, fakultas diartikan sebagai "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan dan dipimpin oleh dekan". Dari arti yang ditegaskan diatas, dapat kami simpulkan bahwa Fakultas adalah bagian dari universitas yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Seni Pertunjukan yang didalamnya terdapat Jurusan seperti Seni Karawitan, Seni Tari, Seni Teater dsb.

Agar mempermudah kita dalam memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (ISBI Aceh, Polmed Medan, UDAYANA) menjadi wadah bagi banyak Fakultas (Fakultas Bahasa dan Sastra, Fakultas Seni, Fakultas Dakwah). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Elektronika, Teknik Sipil, Teknik Industri).

Sekilas Tentang Poltekkes Kemenkes Bengkulu

Takn ingin ketinggalan dengan kota-kota lain seperti Padang, Palembang, Bandung dll yang mempunyai kampus favoritnya masing-masing, Kota Bengkulu juga mempunyai perguruan tinggi favorit seperti STTAB, UNRAS, STT Trisula dsb.

Ternyata bengkulu juga masih menyimpan deretan kampus favorit lain yang peminatnya tersebar tak hanya dari dalam bengkulu tetapi merambah keluar Bengkulu. Salah satu kampus favorit Bengkulu yaitu ada Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Bengkulu atau sering disingkat Poltekkes Kemenkes Bengkulu.

PoltekkeS Bengkulu merupakan sebuah institusi kesehatan yang berada dibawah naungan Kementerian Kesehatan RI. Kampus ini merupakan salah satu dari 38 Poltekkes yang ada di indonesia. Sebelum namanya seperti sekarang, kampus ini rupanya telah banyak berganti nama dan mengalami perubahan.

Polkeslu merupakan buah dari penggabungan dua akademi yaitu Akademi Kebidanan dan Akademi Keperawatan di bengkulu yang dibangun berdasarkan SK Menteri Kesehatan dan Kesos RI tertanggal 16 April 2001.

Daftar Jurusan Poltekkes Kemenkes Bengkulu

Poltekkes Bengkulu sekarang telah membuka untuk 14 buah pilihan program studi yang masih berjalan. Adapun jurusan disini terletak dibeberapa lokasi, ada yang di Kota Bengkulu ada pula di Curup. Tanpa berbasa - basi lebih jauh lagi, langsung saja kami berikan list program studi yang ada di Poltekkes Bengkulu (Polkeslu).
  1. D4 Gizi dan Dietetika
  2. D4 Kebidanan
  3. D4 Keperawatan
  4. D4 Promosi Kesehatan
  5. D3 Gizi
  6. D3 Kebidanan
  7. D3 Kebidanan (Kampus Curup)
  8. D3 Keperawatan (Kampus Curup)
  9. D3 Sanitasi
  10. D3 Teknologi Laboratorium Medis
  11. D3 Farmasi
  12. D3 Keperawatan
  13. Pendidikan Profesi Bidan
  14. Pendidikan Profesi Ners

Sekolah tinggi ini merupakan sebuah kampus yang bergerak dibidang ilmu kesehatan yang cukup tersohor dan mendapatkan perhatian yang cukup banyak di Provinsi Bengkulu. Hal tersebut dipastikan membuat daya saing di Politeknik Kesehatan yang satu ini selalu meningkat signifikan pada setiap tahun penerimaan mahasiswa. Dengan adanya artikel ini semoga bisa membuka wawasan kita mengenai prodi yang dibuka di Politeknik Kesehatan Kemenkes Bengkulu. 

Itulah tadi yang bisa kami sampaikan. pengumuman pmdp poltekkes bengkulu, logo, direktur, simama, brosur, biaya kuliah poltekkes kemenkes bengkulu jurusan keperawatan, akreditasi, bem, nama dosen, logo siakad, sertifikat webinar, poltekkes kemenkes bengkulu webinar.

Jika kalian mendapat manfaat dari artikel ini, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya
Baca :
Show comments