Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beasiswa MoE Taiwan Scholarship: Syarat, Cara Daftar, Cakupan

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Lebih dekat dengan beasiswa MoE Taiwan Scholarship. Buat kalian yang sedang mencari beasiswa kuliah diluar negeri, namun masih berada dalam kawasan Asia, mungkin Taiwan bisa menjadi pilihan yang cocok buat kamu.

Taiwan memiliki beberapa program beasiswa seperti, ICDF, MoE, MOFA, HES, MOST dan lain-lain. Nah untuk artikel kali ini kami akan membahas secara mendetail tentang beasiswa MoE (Ministry of Education).

Taiwan Scholarship Program merupakan sebuah beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah Taiwan melalui kementerian pendidikannya (MoE) setiap tahunnya pada calon mahasiswa internasional. Beasiswa ini ditujukan pada kalian semua yang memiliki keinginan melanjutkan studi pada jentang Sarjana (S1), Magister (S2), hingga Doktoral (S3).

Beasiswa MoE Taiwan Scholarship

Adapun beberapa program studi yang ditawarkannyapun cukup lengkap seperti Administrasi Bisnis, Biologi, Desain Industri Kreatif, Energi, Informatika, Ekonomi, Lingkungan, Manajemen, Kesehatan, hingga pariwisata.

Beasiswa ini bertujuan untuk mendorong mahasiswa berpertasi yang bukan warga negara Taiwan untuk terus mendapatkan pendidikan di Taiwan. Nah untuk informasi lengkapnya tentang beasiswa MoE Taiwan Scholarship ini bisa kalian baca pada ulasan dibawah sini ya!!

1. Cakupan Beasiswa

  • Tunjangan biaya hidup akan diberikan kepada mahasiswa jenjang S1 sebesar NT$ 15.000 (USD$ 500 atau Rp 7.4 juta) perbulan. Sedangkan untuk jenjang S2 dan S3 akan diberikan tunjangan hidup sebesar NT$ 20.000 (USD$ 666 atau Rp 9.9 juta) perbulan.
  • Kementerian Pendidikan Taiwan (MoE) juga akan memberikan subsidi biaya kuliah dan biaya akademik lainnya maksimal hingga NT$ 40.000 (19.9 juta) per semester bagi setiap mahasiswa.

2. Durasi Beasiswa

Beasiswa ini memiliki durasi maksimal yang bisa diambil oleh mahasiswa untuk bisa menyelesaikan pendidikannya diantaranya :
  • Program Sarjana (S1) : Maksimal 4 tahun
  • Program Magister (S2) : Maksimal 2 tahun
  • Program Doktoral (S3) : Maksimal 4 tahun

3. Persyaratan Beasiswa

  1. Meupakan pelamar internasional dan bukan merupakan warga negara Tiongkok atau Taiwan
  2. Untuk pendaftar S1, pelamar telah menyelesaikan jenjang SMA/sederajat, pelamar S2 telah menyelesaikan jenjang sarjana, dan pelamar doktoral telah menyelesaikan jenjang Magister.
  3. Memiliki catatan akademis yang baik
  4. Memiliki moral yang baik
  5. Pelamar tidak diperkenankan mendaftar bila :
    • Memiliki status Overseas Chinese Student atau warga negara Taiwan.
    • Sudah atau sedang belajar di salah satu universitas di Taiwan atau sudah diterima di tahun sebelumnya.
    • Pernah belajar di Taiwan pada tingkatan yang sama.
    • Sewaktu menempuh studi di Taiwan, merupakan mahasiswa pertukaran pelajar atau double degree yang merupakan program kerja sama antar universitas.
    • Pernah mendapatkan beasiswa dari pemerintah Taiwan total lebih dari 5 tahun.
    • Pernah membatalkan/dibatalkan dalam program beasiswa HES (Huayu Enrichment Scholarship).
    • Saat menempuh studi di Taiwan di periode yang sama, peserta mendapatkan beasiswa dari pemerintah Taiwan lainnya atau beasiswa dari universitas; tidak termasuk jika universitas memberikan potongan biaya kuliah saat biaya kuliah melebihi beasiswa yang diberikan untuk kerja sama program beasiswa ini.
Baca Juga : Daftar Beasiswa Spesialis Kedokteran Gigi di Luar Negeri & Dalam Negeri

4. Dokumen yang dibutuhkan

  1. Formulir pendaftaran beasiswa (DOWNLOAD)
  2. Fotocopy paspor dan Kartu Keluarga
  3. Fotocopy ijazah dan transkrip nilai pendidikan terakhir yang sudah keluar. Jika ijazah dan transkip nilai bukan dalam bahasa Mandarin atau Inggris, maka harus diterjemahkan dulu ke dalam bahasa Mandarin atau Inggris dan dilegalisir pada Kantor TETO.
  4. Fotocopy atau scan bukti formulir pendaftaran universitas yang menunjukkan bahwa peserta telah mendaftar ke universitas di Taiwan (Contoh: Fotocopy bukti transfer uang pendaftaran / formulir pendaftaran universitas / fotocopy bukti tanda terima pengajuan pendaftaran / email / dsb).
  5. Dua Surat Rekomendasi yang sudah ditandatangani langsung oleh pemberi rekomendasi dan tersegel rapat dalam amplop (Contoh dari Kepala Sekolah, Rektor, Dekan, Profesor atau Supervisor). Surat rekomendasi dalam bentuk email atau fotocopy tidak berlaku.
  6. Fotocopy sertifikat kemampuan bahasa:
    • Untuk program studi yang TIDAK menggunakan pengantar bahasa Inggris:
Fotocopy sertifikat “Test of Chinese as a Foreign Language” (TOCFL) dengan minimal level tingkat menengah (B1). Tidak menerima sertifikat lain selain TOCFL. Jadwal ujian TOCFL Indonesia tahun 2021 bisa dilihat di: https://tocfl.sc-top.org.tw/zoom/index.php.
    • Untuk program studi yang menggunakan pengantar bahasa Inggris:
Fotocopy sertifikat resmi TOEFL atau sertifikat Bahasa Inggris lain yang diakui oleh internasional.

5. Cara Mendaftar Beasiswa

  • Sebelum mendaftar, pastikan kamu sudah mendaftarkan diri pada universitas dan program studi di salah satu universitas di Taiwan. Caranya dengan melihat pada website resmi masing-masing universitas dan mengikuti tata cara pendaftaran untuk menjadi mahasiswa (Admission).
  • Isi Formulir online.
  • Lengkapi berkas dokumen yang telah disebutkan tadi dan kirim pada Kantor TETO:
Kantor Taipei Economic and Trade Office
Gedung Artha Graha Lt. 17,
Jl. Jend Sudirman kav 52-53, SCBD,
Jakarta 12190
(dituliskan di amplop depan: “Pendaftaran MoE Taiwan Scholarship”)
  • Pihak TETO akan mengirimkan pengumuman beasiswa kepada masing-masing penerima beasiswa via email.
Baca Juga : Mengenal Kampus Merdeka - KKNT (Kuliah Kerja Nyata Tematik)

Penutup

Itulah tadi pembahasan kami terkait MoE Taiwan Sholarship. Semoga pembahasannya bisa menambah wawasan kalian tentang beasiswa ini. Nantikan ulasan menarik kami lainnya ya!! Pendidikan memiliki akar yang pahit, namun dia berbuah begitu manis. teto scholarship, icdf, pengalaman beasiswa moe taiwan scholarship indonesia, announcement.
Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Beasiswa MoE Taiwan Scholarship: Syarat, Cara Daftar, Cakupan"