Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MUDAH! Cara Menjadwalkan Rapat Zoom Meeting di Laptop/PC

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Cara membuat jadwal rapat zoom meeting di Laptop / PC. Hallo sobat skull, pasti kamu sedang mencari tahu cara membuat jadwal rapat zoom meeting menggunakan laptop kan?

Kamu sudah membaca beberapa artikel namun informasinya kurang lengkap?. Disini kami akan menyajikan pembahasan tentang tutorial mudah, lengkap dan disertai gambar cara menjadwalkan link rapat zoom meeting dengan laptop.

Zoom Meeting merupakan salah satu aplikasi yang banyak banget digunakan akhir-akhir ini untuk melakukan rapat secara online mulai dari bersekolah, kegiatan organisasi, ataupun untuk bekerja.

Hal tersebut tak mengherankan karena hingga sekarang ini pandemi belum kunjung mereda sehingga kita masih harus tetap melakukan segala aktivitas kita didalam rumah.

Memang banyak aplikasi video conference yang bisa kamu gunakan untuk melakukan meeting online. Namun Zoom Meeting merupakan salah satu yang terbaik. Dengan desain serta fitur yang mudah dipahami dan lengkap, membuat orang-orang lebih tertarik untuk menggunakan aplikasi ini dari pada yang lain.

MUDAH!! Cara Menjadwalkan Rapat Zoom Meeting di Laptop / PC

Salah satu fitur yang bisa kamu dapatkan bila menggunakan zoom meeting yaitu fitur menjadwalkan rapat. Dengan fitur ini kamu bisa membuat link rapat jauh-jauh hari sehingga kamu tidak akan lupa dengan rapat yang harus dihadiri tersebut.

Untuk menggunakan fitur ini, dibawah sudah kami buat langkah-langkahnya mulai dari masuk ke halaman meeting sampai kamu bisa membagikan link Zoom yang sudah dibuat. Selengkapnya simak ulasannya dibawah ya!!
Baca Juga : Beasiswa MoE Taiwan Scholarship: Syarat, Cara Daftar, Cakupan

Cara Membuat Jadwal Zoom Meeting dengan Laptop

Untuk bisa mengikuti tutorial dibawah, pastikan kamu sudah instal aplikasi Zoom meeting di komputermu. Bila kamu belum menginstal aplikasinya, kamu bisa download disini.

Langkah 1 : Masuk ke halaman zoom meeting kemudian klik opsi “Schedule” dengan ikon bergambar kalender.

langkah 1 menjadwalkan zoom laptop

Langkah 2 : Akan muncul pop up baru yang berisi banyak opsi pengaturan dan kamu bisa mulai dengan mengisi judul meeting di bagian “Topic”.

langkah 2-13 menjadwalkan zoom laptop

Langkah 3 : Atur tanggal dan jam mulai rapat dibagian “Start”.

Langkah 4 : Atur durasi lamanya rapat yang akan berjalan dibagian “Duration”. (bila kamu menggunakan zoom versi basic, maka kamu hanya bisa mengatur sampai 40 menit saja)

Langkah 5 : Atur zona waktu sesuai tempat kalian berada.

Langkah 6 : Centang bagian “Recurring meeting” untuk menjadwalkan ulang meeting yang sudah dibuat.

Langkah 7 : Atur penggunaan id room di bagian “Meeting ID”. Bila kamu memilih opsi “Generate Automatically” maka kamu akan menggunakan id room yang dibuat secara otomatis oleh zoom, sedangkan bila kamu menggunakan opsi “Personal Meeting ID” maka kamu akan menggunakan id room milikmu sendiri. (kami sarankan untuk memilih opsi id room otomatis agar lebih aman)
Baca Juga : Cara Menjadwalkan Zoom Meeting di HP Android dan iOS
Langkah 8 : Atur “Passcode” sesuai keinginan. Kamu bisa custom passcode tersebut atau membiarkannya secara default.

Langkah 9 : Centang “Waiting Room” untuk membuat peserta bisa masuk hanya setelah disetujui oleh host.

Langkah 10 : Atur “Video” untuk host ataupun peserta apakah setelah masuk video dalam ruang meeting otomatis menyala atau tidak.

Langkaj 11 : Atur “Calender” untuk menentukan kalender apa yang akan digunakan untuk menyimpan informasi jadwal meeting. (untuk penggunala komputer, kami sarankan untuk menyimpan jadwal meeting dengan Google Calender agar mempermudahnya)

Langkah 12 : Atur “Advanced Options” untuk mengatur beberapa pengaturan tambahan lainnya seperti mengizinkan peserta masuk kapanpun, mute peserta saat didalam room, otomatis merekam meeting, dan mengatur peserta dari negara mana yang diizinkan untuk mengikuti meeting.

Langkah 13 : Bila semua pengaturan sudah selesai, selanjutnya klik “Save” dan tunggu beberapa saat hingga proses penyimpanan selesai.

Langkah 14 : Karena kamu sebelumnya memilih opsi “Google Calender” maka kamu akan diarahkan ke halaman google calender. Masuk ke halaman Google Calender dengan menggunakan email yang sama seperti zoom untuk mempermudah.

Langkah 15 : Disana kamu bisa mengatur kembali settingan yang sudah dibuat sebelumnya dan beberapa settingan tambahan seperti mengatur kapan Google calender akan memberikan notifikasi meeting dll. Jika dirasa pengaturan sudah sesuai klik “Save” di sebelah atas halaman.

langkah 15 menjadwalkan zoom laptop

Langkah 16 : Untuk melihat jadwal meeting yang sudah dibuat, kamu bisa kembali ke halaman awal aplikasi zoom dan disana terdapat bagian yang menunjukan rapat apa yang sudah dijadwalkan sebelumnya.

Langkah 17 : Untuk menyalin link meeting, klik ikon titik 3 disamping kanan atas jadwal meeting kemudian pilih opsi “Copy Invitation”.

langkah 17 menjadwalkan zoom laptop

Langkah 18 : Sekarang link rapat siap dibagikan pada para peserta.
Baca Juga : Cara Membuat Zoom Meeting Menjadi Live Streaming YouTube

Penutup

Itulah tadi sedikit ulasan yang bisa kami sampaikan pada pembahasan kali ini. Cukup mudah bukan untuk menjadwalkan rapat zoom dengan menggunakan komputer hehee.

Semoga ulasan kali ini bisa membantu teman-teman agar semakin produktif. Nantikan ulasan menarik kami lainnya ya!! recurring, cara menjadwalkan, membuat jadwal undangan meeting di zoom di laptop, hp, adalah.

Show comments