Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Jurusan di STIKOM Muhammadiyah Batam 2021 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Jurusan di Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Muhammadiyah Batam (SMB). Hallo sahabat skul, masuk menjadi keluarga dari sebuah sekolah tinggi dan jurusan yang tepat dengan keahlian yang kita punya merupakan hal yang diidam-idamkan bagi kebanyakan calon mahasiswa. Masuknya kita dalam prodi dan sekolah tinggi yang tepat tersebut tentunya akan meberikan dampak yang baik bagi berlangsungnya studi yang kita tempuh nantinya.

Pada beberapa ulasan sebelumnya, kami banyak menulis yang isinya mengulik terkait soal dan pembahasan Ujian Mandiri dibeberapa universitas hingga soal UTBK. Kurang sempurna rasanya bila kita hanya memahami soal dan pembahasan masuk sebuah universitas saja, sedangkan ada hal penting lain yang mestinya dipersiapkan sebelum berkuliah dimana kita harus menentukan pilihan jurusan dengan tepat dan cermat. Oleh karena itu kali ini kami akan menyajikan yang sedikit berbeda ulasannya dari biasanya terkait daftar fakultas dan jurusan yang ada disebuah perguruan tinggi. Adapun perguruan tinggi yang kami bahas kali ini yaitu Institut STIKOM Muhammadiyah Batam.

daftar jurusan di smb batam

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Merupakan satu hal yang penting bagi kita calon mahasiswa mendalami profil dari sebuah jurusan sebelum menempuh ke bangku perkuliahan. Dengan kita mendalami profil dari sebuah prodi / jurusan, maka itu akan menjadi modal untuk kita agar nantinya bisa memilih jurusan yang tepat sesuai dengan keahlian kita. Sebelum kita membahas terkait daftar jurusan di SMB Batam yang ada di Kota Batam ini, kami akan jelaskan sedikit tentang apa itu fakultas dan jurusan.

1. Jurusan

Pengertian yang diuraikan dalam KBBI memaparkan jurusan yaitu "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi,  jurusan manajemen;". Berdasarkan uraian yang dijelaskan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Kesehatan Masyarakat, Ekonomi Syariah, Biologi dsb.

2. Fakultas

Pengertian yang diuraikan dalam KBBI memaparkan fakultas yaitu "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan dan dipimpin oleh dekan". Berdasarkan uraian yang dijelaskan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Agama Islam yang didalamnya terdapat Jurusan seperti Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Ekonomi Syariah, Pendidikan Agama Islam dsb.

Agar mempermudah saat memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (UT, IPB, UIKA) menjadi wadah bagi banyak Fakultas (Fakultas Fasilkom, Fakultas Adab dan Humaniora, Fakultas Agama Islam). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Teknologi Pendidikan, Pendidikan Islam, Pendidikan IPA).

Tentang STIKOM Muhammadiyah Batam

Bagi kita yang bertempat tinggal disekitaran provinsi Kepulauan Riau, akan tidak asing dengan deretan nama-nama kampus favorit disana seperti STISIP BTM, STIE Ibnu Sina Batam, IKMB Batam dsb. Namun bukan hanya kampus tersebut, ada lagi kampus yang juga menjadi favorit disana yakni Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (STIKOM) Muhammadiyah Batam atau lebih sering disingkat SMB Batam.

SMB Batam  adalah sebuah sekolah tinggi yang memiliki status sebagai sebuah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang berada di Indonesia. Sekolah Tinggi ini beralamatkan di Komp Muhammadiyah, Jln Prof DR Hamka No 3, Tembesi, Batu Aji, Kota Batam, Kepulauan Riau, Indonesia.

kampus ini merupakan salah satu kampus yang dibangun oleh Muhammadiyah dalam rangka ikut serta memajukan sektor pendidikan di Indonesia. Kampus ini sudah berdiri sejak tahun 2006 dan merupakan kampus ke-172 yang berada dibawah naungan persyarikatan Muhammadiyah.

Daftar Jurusan Di SMB Batam

Hingga kini STIKOM Muhammadiyah Batam telah membuka sebanyak 2 buah jurusan yang aktif. Berikut merupakan daftar program studi yang dibuka oleh SMB Batam.
  1. D3 Komputerisasi Akuntansi
  2. S1 Teknik Informatika

STIKOM Muhammadiyah Batam merupakan sekolah tinggi yang cukup favorit di sekitaran Provinsi Kepulauan Riau yang mana hal tersebut membuat tingakat persaingan di STIKOM Muhammadiyah yang satu ini setiap tahunnya semakin meningkat drastis. Dengan adanya tulisan ini kami berharap semoga bisa menambah pemahaman kita terkait daftar Jurusan yang ada di STIKOM Muhammadiyah Batam.

Itulah tadi pemaparan kami terkait daftar jurusan di kampus ini. ptb smb batam, jurusan teknik Informatika, universitas di batam, kuliah, stmik, stit, jurusan smk, psikologi, it muhammadiyah batam, logo, akreditasi, biaya kuliah stikom muhammadiyah batam, universitas putera, swasta di batam wikipedia, dan akreditasnya, yang murah.

Jika kalian mendapat manfaat dari artikel ini, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya
Baca :
Show comments