Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beasiswa Chevening Inggris: Cakupan, Syarat dan Berkas yang Diperlukan

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Lebih dekat dengan Chevening Scholarship, beasiswa kuliah di Inggris. Dari sekian banyak program beasiswa yang ditawarkan kepada para mahasiswa baik didalam negeri hingga diluar negeri, Chevening merupakan salah satu beasiswa yang paling bergengsi dan kompetitif.

Chevening Scholarship merupakan beasiswa dari pemerintahan Inggris (UK) melalui Foreign Commonwealth and Development Office (FCDO) dan beberapa partner organisasi yang memberikan kesempatan bagi para lulusan jenjang sarjana diseluruh dunia untuk melanjutkan studinya pada jenjang magister (S2) bagi para pemimpin masa depan.

Dalam beasiswa ini kamu tidak hanya diperbolehkan mengambil universitas yang ada di Inggris saja loh, tapi kamu boleh memilih kampusmu yang tersebar diseluruh United Kingdom seperti negara Inggris, Irlandia Utara, Skotlandia, hingga Wales.

Beasiswa ini memiliki beberapa keunggulan yang berbeda dari beasiswa lainnya yaitu kebebasan dalam memilih program studi dan kampus selama prodi yang kamu pilih merupakan program magister satu gelar (single degree) dengan maksimal studi 12 bulan. Beasiswa ini juga merupakan beasiswa penuh yang artinya semua biaya baik biaya hidup hingga biaya pendidikannya akan ditanggung sepenuhnya.

Beasiswa Chevening Inggris: Cakupan, Syarat dan Berkas yang Diperlukan

Tujuan diadakannya beasiswa ini untuk memberikan pengalaman sekali seumur hidup bagi para mahasiswa berprestasi berada di Inggris mengenyam pendidikan secara fokus, berkembang dalam hal akademik maupun profesional, memperluas jaringan, mengetahui budaya inggris, dan menjalin hubungan baik jangka panjang antar negaranya dengan Inggris.

Nah buat kamu yang ingin melanjutkan studi disini, dibawah kami sudah menjelaskan lengkap mulai dari cakupan beasiswa, syarat beasiswa, hingga berkas-berkas apa saja yang diperlukan untuk mendaftar Chevening Scholarship. Untuk informasi lengkapnya bisa kamu baca pada ulasan dibawah ya!!

Cakupan Beasiswa Chevening

Beasiswa ini memberikan biaya penuh seperti:
  1. Biaya kuliah universitas.
  2. Biaya visa bagi penerima beasiswa.
  3. Biaya keberangkatan dan kepulangan menuju tempat tinggal penerima beasiswa.
  4. Tunjangan kedatangan.
  5. Tunjangan keberangkatan.
  6. Tunjuangan hidup pribadi per bulan (biaya akomodasi dan hidup).
  7. Tunjangan top-up perjalanan.
  8. Penambahan biaya sebesar 75 poundsterling atau setara dengan Rp 1,4 juta untuk pengujian tuberkulosis bila diperlukan.
Baca Juga : Beasiswa MoE Taiwan Scholarship: Syarat, Cara Daftar, Cakupan

Syarat Pendaftaran Beasiswa Chevening

Dibawah ini terdapat beberapa syarat yang harus kamu penuhi sebelum mendaftar Chevening Scholarship diantaranya:
  1. Calon pendaftar bukan memegang kewarganegaraan Inggris atau dwikewarganegaraan Inggris.
  2. Untuk mendaftar beasiswa ini, kamu harus memiliki pengalaman kerja setidaknya dua tahun.
  3. Perhatikan batas Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Calon pendaftar harus memiliki gelar S1 dengan predikat upper second class 2:1 honours (setara IPK 3.33-3.67).
  4. Nilai batas TOEFL/IELTS/TOEIC/harus sesuai dengan standar yang ditentukan, yaitu mulai dari 79 (TOEFL iBT), 6,5 (IELTS) dan Pearson PTE Academic 58.
  5. Penerima beasiswa wajib menyelesaikan masa studi selama 1 tahun dengan bersifat full time dimulai pada musim gugur (biasanya September/Oktober).
Baca Juga : Beasiswa Orange Tulip Scholarship (OTS): Syarat, Alur dan Cara Daftar

Berkas yang Diperlukan

Ada beberapa berkas yang harus kamu penuhi sebelum mendaftar, diantaranya:
  1. Paspor
  2. KTP
  3. Ijazah
  4. Transkrip universitas
  5. Sertifikat TOEFL/IELTS/TOEIC
  6. Surat referensi
Beasiswa Chevening memiliki persaingan yang sangat ketat. Untuk tahun 2021 beasiswa ini memberikan kuota untuk 1.500 mahasiswa terpilih dari seluruh dunia. Pada tahun 2018 beasiswa ini memberikan kuota untuk Indonesia sebanyak 70 orang dan diperebutkan oleh sekitar 4000 pendaftar Indonesia.
Baca Juga : Beasiswa StuNed Belanda: Syarat, Cakupan, dan Prioritas Pendaftar

Penutup

Itulah tadi sedikit pembahasan kami terkait beasiswa Chevening Scholarship di Inggris. Semoga ulasan kali ini bisa membuka wawasan teman-teman semua dalam untuk tetap menempuh ilmu setinggi-tingginya. nantikan artikel menarik dan bermanfaat kami lainnya ya!! cara mendapatkan, biaya hidup, uang saku, syarat, pengalaman, keuntungan beasiswa chevening scholarship s1, requirements, timeline, university list.
Show comments