Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Exposure International Bagi Mahasiswa

Daftar Isi [show]

Manfaat Exposure International Bagi Mahasiswa

Soalskul.com - Manfaat dan Pentingnya International Exposure. Saat ini dunia telah masuk era dimana teknologi akan menjadi senjata yang sangat diandalkan untuk meningkatkan efisiensi dalam segala jenis kegiatan. Kini merupakan zaman dimana negara-negara maju bersaing secara ketat untuk menciptakan inovasi yang bisa menjadi terobosan untuk masa depan.

Oleh karena persaingan yang semakin ketat tersebut, penting bagi kita para pelajar khususnya mahasiswa untuk bisa bersaing ditengah-tengan persaingan ini. Mahasiswa harus mulai perduli akan pesatnya perkembangan zaman dan sebisa mungkin mengikuti arus zaman yang berjalan bila tidak ingin tergerus oleh zaman dimasa mendatang.

Dengan menghadirkan pendidikan yang berkualitas tentunya bisa menunjang kualitas para pelajar untuk bisa bersaing di kanca internasional. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas mahasiswa yaitu dengan membenamkan paparan internasional atau international exposure.

Beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk membenamkan international exposure yaitu dengan mengikuti webinar internasional, lomba internasional, pertukaran pelajar, berkuliah di luar negeri, pengabdian masyarakat internasional, mengikuti organisasi internasional, mengikuti program internasional, magang diperusahaan internasional dll.

salah satu ajang lomba internasional yang bisa kamu ikuti untuk meningkatkan international exposure yaitu InIIC dan OcIIP. International Invention and Innovation Competition (InIIC) merupakan sebuah kompetisi inovasi tingkat internasional yang diadakan oleh M NNF Network Malaysia serta didukung oleh MNF Publisher, ASP (Advanced Scientific Press), dan Kind Heart Charity yang mempertemukan para inventor dari berbagai negara.
Baca Juga : Pembahasan Lengkap Seputar Apa itu Soal HOTS
Sedangkan OCIIP atau Organization for Creativity, Innovation, and Invention Promotion adalah organisasi pemerintah nirlaba, dengan tujuan menubuhkan budaya kreativitas, inovasi dan penemuan yang berbasis di negara Nigeria, Afrika.

Banyak diantara mahasiswa yang menganggap international exposure merupakan suatu hal yang mengurangi nilai nasionalisme bahkan mereka benggapan hal tersebut berarti kita mengikuti pemikiran dan gaya hidup orang lain. Pemikiran seperti itu yang menghambat para mahasiswa untuk bisa berkembang.

Sejatinya international exposure merupakan sebuah pengembangan mental yang berupaya untuk meningkatkan pengembangan manusia berdasarkan pemahaman akan dinamika internasional untuk menjadikan kita menjadi pribadi yang lebih unggul.

Manfaat Exposure Internasional bagi mahasiswa

Dibawah ini terdapat beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan adanya Exposure International. 

1. Mengembangkan diri

Dengan adanya Exposure Instenasional akan berdampak positif bagi pengembangan diri kita. Exposure Internasional membuka kesempatan bagi kita untuk memahami diri kita sendiri, termasuk kelebihan dan kekurangan yang kita miliki. Dengan pengalaman itu bisa membantu kita dalam mengidentifikasikan tujuan, ambisi, serta hal-hal yang ingin kita capai.
Baca Juga : Soal dan Pembahasan Limit Fungsi Aljabar (TERLENGKAP)

2. Pengembangan karir profesional

Konsep dasar mengembangkan karir profesional kini tidak sebatas pada pengalaman dilingkungan kerja saja, akan tetapi mencakup pengalaman berinteraksi dengan orang lain juga merupakan modal yang bagus untuk karir profesionalmu.

Pengalaman itu dapat meningkatkan soft skill yang tentunya akan sangat bermanfaat di lingkungan kerja nantinya seperti komunikasi, empati, kepemimpinan, kemampuan beradaptasi, berpikir kritis dan sebagainya.

3. Menemukan passion yang tepat

Dengan Exposure Internasional akan membantu kita dalam memunculkan keunikan serta passion yang ada dalam diri kita yang nantinya bisa kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Pengalaman ini tentunya akan sangat berguna untuk bekal dimasa depan.

4. Lebih mengenal dunia luar

Exposure International sekarang ini menjadi sebuah kebutuhan khusus yang wajib dimiliki oleh para pelajar termasuk para mahasiswa. Dengan hal ini para mahasiswa bisa lebih mengenal dunia luar dari sisi akademik, keterampilan yang bersifat afektif dan psikomotorik.
Baca Juga : Daftar Fakultas Dan Jurusan Universitas Darma Agung

Kesimpulan

Itulah tadi pembahasan singkat kami mengenai manfaat dari Exposure International. Masa kita merupakan masa yang ketat akan persaingan. Sudah menjadi kewajiban kita untuk mampu berkecimpung dalam persaingan ini agar bangsa kita tidak tergerus oleh zaman. dampak positif dan negatif, keuntungan dan kerugian, syarat, manfaat pertukaran pelajar, cara mengikuti, international exposure, experience adalah.

Show comments