Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Jurusan di STMIK Dumai 2021 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Jurusan di Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Dumai. Halo sobat skul, pada tulisan kali ini, kami akan memberikan bahasan yang berbeda dari sebelumnya dimana sekarang ini kami akan memaparkan tentang daftar fakultas dan jurusan apa saja yang ada disemua perguruan tinggi di Indonesia.

Sebelum kita melanjutkan studi dalam lingkup perguruan tinggi, ada banyak hal yang harus diperhatikan oleh kita sebagai calon mahasiswa. Salah satu yang harus menjadi pertimbangan penting bagi kita yaitu dalam memilih jurusan dan perguruan tinggi dengan tepat. Dengan kita masuk dalam jurusan dan kampus yang tepat, maka hal itu dapat memberikan kemudahan dan kelancaran selama menjalani perkuliahan.

daftar jurusan di stmik dumai

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Sebelum membahas tuntas terkait daftar jurusan apa saja yang ada di STMIK yang ada di Kota Dumai ini, alangkah lebih baiknya untuk kita memahami terlebih dahulu apa itu fakultas dan jurusan.

1. Jurusan

Dalam KBBI jurusan diberikan pengertian sebagai "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi,  jurusan manajemen;". Berdasarkan pengertian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Manajemen Informatika, Desain Interior, Teknik Sipil dsb.

2. Fakultas

Dalam KBBI fakultas diberikan pengertian sebagai "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan dan dipimpin oleh dekan". Berdasarkan pengertian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Seni Pertunjukan yang didalamnya terdapat Jurusan seperti Musik, Sendratasik, Pedalangan dsb.

Agar mempermudah saat memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (ISI Denpasar, UB, UMP) menjadi wadah bagi banyak Fakultas (Fakultas Bahasa, Fakultas Sains dan Teknologi, Fasilkom). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Seni Murni, Desain Mode, DKV).

Tentang STMIK Dumai

Bagi kita yang bertempat tinggal disekitar Provinsi Riau, pasti akan tidak asing dengan jajaran kampus favorit disana seperti Pelita Indonesia, UNILAK, STT Dumai dsb. Namun selain kampus tersebut, ada lagi kampus yang juga menjadi favorit disana yaitu Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Dumai atau lebih akrab disebut dengan singkatan STMIK Dumai.

STMIK Dumai merupakan salah satu kampus yang berstatus sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Indonesia. Sekolah Tinggi ini beralamatkan tepatnya di Jl. Utama Karya, Bukit Batrem, Dumai Timur, Kota Dumai, Riau, Indonesia.

Kampus ini berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Makmur Ridar (YPMR) Dumai didirikan setelah mendapatkan izin pembangunan dari Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia pada tanggal 2 Mei 2005.

Daftar Jurusan Di STMIK Dumai

Sekarang ini STMIK Dumai telah membuka sebanyak 2 buah Program Studi. Berikut ini adalah daftar Program Studi yang dibuka oleh STMIK Dumai.
  1. S1 Sistem Informasi (Terakreditasi C)
  2. S1 Teknik Informatika (Terakreditasi C)

STMIK Dumai adalah salah satu kampus favorit yang ada di Riau yang mana hal tersebut menjadikan persaingannya di STMIK Dumai ini setiap tahunnya selalu naik. Dengan adanya tulisan ini kami berharap semoga bisa menambah pemahaman kita terkait daftar Jurusan yang ada di STMIK Dumai.

Itulah tadi pemaparan kami tentang daftar jurusan di kampus ini. jurusan di stt dumai, stmik amik, kuliah sabtu minggu, tempat kuliah, universitas di dumai, jurusan stia lancang kuning, siakad, dosen, biaya kuliah, jurusan stmik dumai.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya
Baca :
Show comments