Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Jurusan di STIKES Payung Negeri Pekanbaru 2021 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Jurusan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Payung Negeri Pekanbaru. Hei sobat skul, dipertemuan baru ini kami akan memaparkan informasi yang bermanfaat untuk kalian semua. Pada tulisan sebelumnya kami telah banyak memberikan bahasan terkait soal dan pembahasan mengenai ujian masuk kampus hingga soal UTBK. Kali ini pembahasan kami tidak kalah menarik dari sebelumnya dimana kami akan menyajikan bahasan terkait daftar fakultas dan jurusan di kampus-kampus yang ada di Indonesia. Semoga dengan hadirnya topik ini bisa memberikan wawasan kita terkait fakultas dan jurusan dikampus yang sedang kita ulik informasinya.

Satu hal yang penting dilakukan bagi setiap calon mahasiswa yang akan menempuh pendidikan barunya dalam dunia perkampusan yaitu memilih kampus tujuan dan jurusan dengan tepat. Dengan kita menjadi bagian dari kampus dan jurusan yang tepat dalam artian sesuai dengan bidang jurusan dan lokasi kampus yang sesuai dengan yang kita inginkan, maka hal tersebut bisa jadi menjadi penentu kesuksesan selama menempuh pendidikan.

daftar jurusan di stikes payung negeri pekanbaru

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Sebelum kita membahas tuntas mengenai daftar jurusan apa saja yang dibuka di STIKES Payung Negeri yang ada di Kota Pekanbaru ini, alangkah lebih baiknya bagi kita mengetahui terlebih dahulu tentang fakultas dan juga jurusan.

1. Jurusan

Pengertian jurusan menurut KBBI adalah "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi,  jurusan manajemen;". Atas penjelasan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Ahwal Al Syakhsyiyah, Kenotariatan dsb.

2. Fakultas

Dalam KBBI fakultas diberikan arti yaitu "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan dan dipimpin oleh dekan". Atas penjelasan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang didalamnya terdapat Jurusan seperti Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dsb.

Agar mempermudah saat memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (UIN Jakarta, UIN Bandung, UNISMA) menjadi wadah bagi banyak Fakultas (Fakultas Kedokteran, FKIP, FMIPA). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Pendidikan Dokter, Farmasi, Profesi Dokter).

Tentang STIKES Payung Negeri

Bagi kita yang beralamatkan di Provinsi Riau, pasti akan tidak asing dengan jajaran nama kampus favorit yang ada disana seperti STMIK Dharmapala, STIKES Maharatu, STIE Riau Akbar dsb. Namun selain kampus tersebut, ada lagi kampus yang juga menjadi favorit disana yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Payung Negeri atau lebih akrab disebut dengan singkatan STIKesPN.

STIKES Payung Negeri adalah kampus yang berstatus sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Indonesia. Perguruan Tinggi ini beralamatkan tepatnya di Jalan Tamtama No.6, Labuh Baru Timur, Payung Sekaki, Kecamatan, Labuh Baru Timur, Kec. Pekanbaru Kota, Kota Pekanbaru, Riau, Indonesia.

Cikal bakal berdirinya kampus ini dimulai dari didirikannya sebuah yayasan pada tanggal 21 Agustus 1991 yaitu Yayasan Kesejahteraan dan Pendidikan Payung Negeri Pekanbaru. Berdirinya yayasan ini dengan maksud ingin ikut serta dalam meningkatkan pelayanan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Salah satu usaha dalam mewujudkan tujuan yang telah dibuat tersebut akhirnya yayasan ini mendirikan Akademi Keperawatan, Akademi Kebidanan, Si Keperawatan dan S1 Kesehatan Masyarakat.

Kemudian pada Maret 2008 dikeluarkannya SK Menteri Pendidikan Nasional RI tentang penggabungan dua sekolah tinggi dibawah naunyan Yayasan Kesejahteraan dan Pendidikan Payung Negeri Pekanbaru yaitu AKPER Payung Negeri dan AKBID Payung Negeri Pekanbaru menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Payung Negeri Pekanbaru.

Daftar Jurusan Di STIKES Payung Negeri

Sampai sekarang ini STIKes Payung Negeri telah membuka sebanyak 7 buah prodi. Berikut ini adalah daftar Program Studi yang dibuka oleh STIKes Payung Negeri Pekanbaru.
  1. D3 Kebidanan
  2. D3 Keperawatan
  3. S1 Ilmu Keperawatan
  4. S1 Kesehatan Masyarakat
  5. S1 Kebidanan
  6. Profesi Ners
  7. Profesi Kebidanan

STIKes Payung Negeri adalah salah satu peguruan tinggi favorit yang ada di Provinsi Riau yang mana hal tersebut membuat persaingannya di sekolah yang bergerak dibidang kesehatan ini setiap tahunnya semakin meningkat. Dengan adanya tulisan ini kami berharap semoga bisa menambah pemahaman kita terkait daftar Jurusan yang ada di STIKes Payung Negeri. jadwal pendaftaran, jurusan, webinar stikes payung negeri pekanbaru, brosur, alamat, rincian biaya kuliah di, syarat masuk stikes payung negeri pekanbaru, stikes terbaik di, jurusan di stikes hangtuah pekanbaru.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya
Baca :
Show comments