Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Fakultas Dan Jurusan UMRAH Tanjung Pinang 2021 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Fakultas Dan Jurusan Di Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjung Pinang. Apa kabar sobat skul, begitu senang rasanya pada kesempatan kali ini kami masih tetap dapat menjaga kekonsistenan kami dalam memberikan informasi yang bermanfaat. kali ini bahasan kami akan lain dari biasanya dimana biasanya banyak mengulik terkait soal dan pembahasan Ujian Mandiri di beberapa kampus mulai dari kedinasan hingga non kedinasan. Nah, untuk sekarang topik yang akan kami bawakan membahas tentang daftar fakultas dan jurusan di semua kampus di Indonesia.

Masuk dalam Universitas dan Jurusan yang tepat merupakn satu hal yang mestinya dilakukan bagi kita yang akan menjadi seorang mahasiswa. Bila kita masuk dalam jurusan dan universitas yang tepat tersebut dalam artian yang kita pilih sesuai bakat dan kemauan kita, maka hal itu akan memudahkan kita dalam menjalankan setiap kegiatan perkampusan dengan nyaman dan hasil yang maksimal.

daftar fakultas dan jurusan di umrah tanjungpinang

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Sebelum membahas lebih lanjut terkait daftar fakultas dan jurusan di Universitas Maritim Raja Ali Haji yang ada di Kota Tanjung Pinang ini, kami akan membahas sedikit tentang apa itu Jurusan dan Fakultas.

1. Jurusan

Dari pemaparan yang tersemat di dalam KBBI, menjelaskan bahwa jurusan ialah "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Berdasarkan pemaparan tersebut bisa diartikan juga bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Kriminologi, Profesi Apoteker, Statistika dsb.

2. Fakultas

Dari pemaparan yang tersemat di dalam KBBI, menjelaskan bahwa fakultas ialah "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Berdasarkan pemaparan tersebut bisa diartikan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi berbagai jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Ilmu Komunikasi yang didalamnya terdapat Jurusan seperti Desain Komunikasi Visual, Ilmu Komunikasi dsb.

Agar mempermudah dalam memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (Gunadarma, UBL, UNJA) menjadi tempat untuk banyak Fakultas (Fakultas akultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Teknik). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Teknik Arsitektur, Teknik Elektro).

Tentang Universitas Maritim Raja Ali Haji

Untuk kita yang beralamatkan disekitaran Provinsi Kepulauan Riau, pasti akan tidak asing dengan nama-nama universitas favorit disana seperti STAIN SAR, STISIP Raja Haji, UNRIKA dsb. Akan tetapi bukan hanya kampus tersebut, ada pula kampus lain yang juga merupakan kampus favorit disana yaitu Universitas Maritim Raja Ali Haji atau lebih akrab disebut dengan singkatan UMRAH.

UMRAH adalah perguruan tinggi yang bersetatus sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di Indonesia. Kampus ini berlokasikan tepatnya di Jl. Politeknik, KM. 24, Senggarang, Tanjung Pinang, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, Indonesia.

Berdirinya kampus ini merupakan penggabungan dari STISIPOL Raja Haji dan Politeknik Batam. Setelah melewati proses yang panjang dimulai dari diterbitkannya SK Mendiknas tahun 2007 tentang berdirinya UMRAH hingga dikeluarkannya Peraturan Presiden tahun 2011 tentang berdirinya UMRAH sebagai PTN di Lingkungan Kementrian Pendidikan Nasional, maka secara resmi didirikanlah kampus negeri Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Daftar Fakultas dan Jurusan Di UMRAH

Hingga kini UMRAH Tanjung Pinang telah membuka sebanyak 5 buah Fakultas dan terdapat beberapa pilihan prodi yang cukup bervariasi mulai dari Sarjana hingga Magister. Berikut merupakan daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Program Sarjana

1. Fakultas Teknik (FT)
  • S1 Teknik Elektro
  • S1 Teknik Informatika
  • S1 Teknik Perkapalan

2. Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP)
  • S1 Ilmu Kelautan
  • S1 Manajemen Sumber Daya Perairan
  • S1 Teknologi Hasil Perikanan
  • S1 Budidaya Perairan
  • S1 Sosial Ekonomi Perikanan

3. Fakultas Ekonomi (FE)
  • S1 Akuntansi
  • S1 Manajemen

4. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
  • S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
  • S1 Pendidikan Bahasa Inggris
  • S1 Pendidikan Biologi
  • S1 Pendidikan Kimia
  • S1 Pendidikan Matematika

5. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)
  • S1 Ilmu Pemerintahan
  • S1 Ilmu Administrasi Negara
  • S1 Sosiologi
  • S1 Ilmu Hukum
  • S1 Ilmu Hubungan Internasional


Program Pascasarjana
  • S2 Ilmu Lingkungan
  • S2 Ilmu Administrasi Publik

UMRAH Tanjung Pinang merupakan kampus yang berprestasi, maka tidak heran persaingan di UMRAH setiap tahunnya selalu melonjak naik. Dengan hadirnya artikel ini semoga bisa menambahkan wawasan kita terkait daftar Fakultas dan juga Jurusan yang ada di Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Itulah pembahasan kami tentang daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di kampus ini. universitas negeri di tanjung pinang, maritim di indonesia, jurusan manajemen, saintek, fakultas hukum, biaya kuliah di umrah dan akreditasinya, jadwal pendaftaran jalur mandiri, ukt, daya tampung, universitas, akreditasi umrah, berita, jurusan, akreditasi, pendaftaran Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya
Baca :
Show comments