Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru Yang Ada di IPB University

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Jalur Seleksi Masuk di Institut Pertanian Bogor (IPB). Hai sahabat skul, melanjutkan pendidikan kebangku perkuliahan merupakan cita-cita yang sangat diinginkan oleh kebanyakan pelajar di Indonesia. Dengan berkuliah maka akan membuka wawasan kita dan menambah pengetahuan dengan ilmu-ilmu yang bermanfaat.

Ada begitu banyak perguruan tinggi yang menawarkan pendidikan tinggi bagi para peminatnya. Salah satunya adalah Institut Pertanian Bogor yang sudah lama ikut andil bagian dalam memberikan pelayanan dalam sektor pendidikannya.

Sebuah pertanyaan kecil yang sering terlintas dalam pikiran kita sebelum masuk dalam dunia perkuliahan yaitu bagaimana cara mendaftarnya?. Setiap kampus memiliki cara pendaftaran yang tidak sepenuhnya sama, ada yang dengan mengikuti seleksi yang diselenggarakan pemerintah, ada pula seleksi yang diselenggarakan secara mandiri oleh kampus yang bersangkutan.

Pada kesempatan ini kami akan menginformasikan tentang jalur apa saja yang bisa diikuti oleh para peminat IPB agar bisa menempuh pendidikan di salah satu kampus terbaik di Indonesia ini. Berikut ulasannya.

Jalur penerimaah mahasiswa baru ipb

Sekilas Tentang Institut Pertanian Bogor

Institut Pertanian Bogor atau lebih akrab disebut dengan singkatan IPB merupakan salah satu kampus terkemuka yang ada di Indonesia. Begitu banyak prestasi yang dimiliki kampus yang berada di Kota Hujan ini, salah satunya beberapa kali masuk menjadi 5 kampus terbaik di Indonesia menurut Kemenristekdikti.

IPB merupakan sebuah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang berlatarkan bidang pertanian beralamatkan tepatnya di Jl. Raya Dramaga, Babakan, Kec. Dramaga, Bogor, Jawa Barat, Indonesia dan sudah berdiri sejak tahun 1963 lalu.

Sebelum diresmikan menjadi IPB, dulunya kampus ini merupakn fakultas pertanian yang dimiliki oleh Universitas Indonesia. Kemudian pada tanggal 1 September 1963, Presiden Ir. Soekarno melakukan peresmian berdirianya Institut Pertanian Bogor menjadi sebuah perguruan tinggi mandiri.

Jalur Seleksi Masuk IPB

Disini kami akan memaparkan sebanyak 7 jalur yang bisa diikuti bagi kita bila ingn masuk menjadi bagian keluarga Institut Pertanian Bogor. Dari ketujuh jalur yang ada memiliki persyaratan yang berbeda-beda sehingga tidak semua orang bisa mengikuti setiap jalur seleksi yang ada. Tanpa basa-basi lebih lama lagi, berikut adalah 7 jalur yang dibuka oleh IPB dalam penerimaan mahasiswa barunya.

1. SNMPTN

Jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) merupakan sebuah jalur penerimaan mahasiswa yang diselenggarakan dan diikuti oleh seluruh perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia.

Jalur yang satu ini merupakan jalur masuk PTN yang diselenggarakan oleh pemerintah dengan menggunakan nilai rapor SMA sederajat sebagai tolak ukur penyaringan mahasiswa barunya.

Kesempatan kita untuk bisa berpartisipasi dalam seleksi ini tentunya tidaklah mudah. Seleksi ini hanya dibuka untuk para pendaftar yang baru saja lulus dari bangku SMA. Untuk kita yang baru lulus SMA tidak semuanya mendapatkan kuota untuk bisa melakukan pendaftaran melalui jalur SNMPTN ini.

Setiap sekolah akan mendapat kuota yang berbeda sesuai akreditasi sekolahnya untuk bisa mengikuti SNMPTN. Sekolah dengan akreditasi A akan diberi kuota sebesar 40% dari keseluruhan siswanya untuk mendaftar SNMPTN. Sekolah dengan akreditasi B diberi kuota 25%. Dan sekolah dengan akreditasi C akan diberi kuota sebesar 5%.

2. SBMPTN

Bukan hanya SNMPTN, IPB juga membuka jalur penerimaan mahasiswa baru lainnya yang selenggarakan oleh pemerintah yaitu Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Seleksi ini merupakan seleksi saringan masuk yang dilaksanakan secara serentak oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Lain hanlnya dengan SNMPTN yang memanfaatkan nilai rapor sebagai bahan seleksinya, pada SBMPTN mengharuskan calon mahasiswa untuk mengikuti serangkaian tes yang diselenggarakan oleh LTMPT.

Kemenristekdikti sejak tahun 2018 telah membuat kebijakan baru dalam pelaksanaan SBMPTN dimana seleksi ini akan dilaksanakan seluruhnya berbasis UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer). Jadi nantinya soal tes yang diujikan akan dilaksanakan dengan menggunakan komputer.

Dalam seleksi ini akan dibagi menjadi tiga kelompok yaitu :
  1. Kelompok Saintek (Sains dan Teknologi)
  2. Kelompok Soshum (Sosial dan Humaniora)
  3. Kelompok Campuran (Gabungan antara Saintek dan Soshum)

Pendaftaran jalur seleksi SBMPTN biasanya dilakukan saat menjelang pengumuman hasil SNMPTN. Untuk kalian yang sedang mempersiapkan diri sebelum SBMPTN atau UTBK, dibeberapa kesempatan lalu kami telah membuat artikel mengenai Kumpulan Soal dan Pembahasan SBMPTN/UTBK.

3. Ujian Mandiri

Hampir semua Universitas menyelenggarakan seleksi mandiri untuk menyaring calon mahasiswanya, begitu juga dengan IPB yang mempunyai 2 metode yang dilakukan dalam menyeleksi calon mahasiswanya pada jalur ini yaitu UTM-BK atau menggunakan skor UTBK. Ujian Mandiri merupakan salah satu jalur yang dibuka oleh IPB untuk memberi kesempatan baru bagi mahasiswanya yang ingin masuk kedalam IPB yang telah gagal dalam seleksi sebelumnya.

Ada 2 metode yang digunakan untuk menyeleksi melalui jalur mandiri ini yang pertama menggunakan nilai UTBK. untuk kita yang ingin mengikuti ujian mandiri IPB dengan menggunakan nilai UTBK yang harus kita siapkan adalah nilai UTBK itu sendiri. Untuk mendapatkan nilai UTBK kita harus mengikuti seleksi SBMPTN yang biasanya diselenggarakan sebelum dilaksanakannya ujian mandiri ini.

Untuk kita yang kurang yakin dengan hasil UTBK yang kita peroleh, kita bisa mengikuti seleksi dengan metode yang kedua yaitu Ujian Tulis Mandiri Berbasis Komputer (UTM-BK) dimana pada tahap ini kita akan diseleksi dengan cara mengerjakan soal yang akan diujikan.

Ujian Mandiri diperuntukan untuk kita yang ingin mendaftar program Vokasi dan Sarjana. Pada tahun 2020 penyelenggaraan Ujian Mandiri di IPB hanya memanfaatkan UTM BK sebagai metode seleksinya karena terkendala jadwal UTBK yang berubah karena adanya Covid-19.

Adapun materi yang diujikan dalam UTM BK adalah Tes Kemampuan Skolastik. Jumlah soal sebanyak 25 soal. Waktu pengerjaan adalah 60 menit. Sistem penilaian : (1) Untuk soal pilihan ganda: benar 100%, salah -25%, kosong 0%; (2) Untuk jenis soal lainnya: benar 100%, salah atau kosong 0%.

4. Undangan Seleksi Masuk IPB (USMI)

Jalur USMI adalah jalur penerimaan mahasiswa baru dengan memanfaatkan nilai rapor tanpa mengikuti tes tulis. IPB mengundang sekolah setingkat SMA untuk mengirim siswa/siswinya menjadi calon mahasiswa baru Sekolah Vokasi IPB. Seleksi didasarkan pada prestasi akademik calon mahasiswa, tanpa tes tertulis.

5. Prestasi Internasional dan Nasional (PIN)

Jalur ini merupakan salah satu jalur masuk yang ada di IPB untuk yang memiliki kualifikasi pendaftar yaitu Lulus SMA/Sederajat pada tahun yang sama dengan periode pendaftaran, siswa berprestasi (meraih penghargaan/juara) dalam lomba di tingkat internasional, nasional, atau IPB antara lain dalam kegiatan : Lomba Karya Ilmiah, Matematika Ria Olimpiade Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, dan Informatika. Bagi yang termasuk dalam katagori ini bisa mengikuti pendaftaran dengan melampirkan.

6. Ketua Osis

Skema ini adalah salah satu seleksi mandiri yang dibuka oleh IPB dalam rangka menyaring calon mahasiswa yang berkarakter dan berkepemimpinan tinggi yang semasa sekolahnya menjabat sebagai Ketua Osis. Itu artinya seleksi ini hanya bisa diikuti oleh kita yang pernah menjabat sebagai Ketua Osis di SMA/sederajat sebelumnya.

7. Beasiswa Utusan Daerah (BUD)

Beasiswa Utusan Daerah (BUD) adalah jalur penerimaan mahasiswa baru IPB untuk Program Sarjana yang direkomendasikan dan dibiayai oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, perusahaan atau lembaga swasta yang bila lulus diharapkan kembali ke daerahnya untuk membangun daerah tersebut.

Itulah tadi pembahasan yang kami berikan tentang jalur yang dibuka oleh IPB untuk penerimaan mahasiswa baru. semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. jalur talenta, mandiri, fakultas, registrasi admisi ipb, pendaftaran, login, logo, jurusan usmi, biaya masuk ipb jalur mandiri, pendaftaran vokasi, utm, soal utm bk ipb.

Jangan lupa share informasi ini agar bisa diambil manfaatnya oleh lebih banyak pembaca lainnya :)
Baca :
Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru Yang Ada di IPB University"