Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Jurusan di STT Pekanbaru 2021 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Jurusan di Sekolah Tinggi Teknologi Pekanbaru. Hai sahabat skul, pada pertemuan kali ini topik yang akan kami sampaikan berbeda dengan beberapa topik sebelumnya dimana sebelumnya kami banyak membahas tentang soal dan pembahasan UTBK dan SM Kedinasan. Nah, untuk sekarang ini pembahasan yang akan kami bawakan yaitu mengenai daftar Fakultas dan Jurusan disemua kampus di Indonesia.

Sebelum kita calon maba memulai berkecimpung dalam lingkungan perkuliahan, penting bagi kita memilih Program Studi serta Perguruan Tinggi sebagai tempat nantinya menempuh perkuliahan dengan cermat dan juga tepat. Bila kita berhasil masuk Prodi dan Universitas yang sesuai, maka hal itu akan menjadikan studi yang kita lalui nantinya terlaksana dengan perasaan nyaman dan maksimal.

daftar jurusan di stt pekanbaru

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Sebelum membahas mengenai daftar Program Studi yang diselenggarakan oleh STTP yang ada di Kota Pekanbaru ini, kami akan membawa kalian untuk mengenal apa itu Jurusan dan juga Fakultas.

1. Jurusan

Berdasarkan penjelasan yang tersemat dalam KBBI, Jurusan diartikan sebagai "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi,  jurusan manajemen;". Sesuai Penjelasan tadi dapat diambil kesimpulan bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Bimbingan Konseling, Seni Tari, Ilmu Komunikasi dsb.

2. Fakultas

Berdasarkan penjelasan yang tersemat dalam KBBI, Fakultas diartikan sebagai "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Sesuai penjelasan tadi dapat diambil kesimpulan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Agama Islam yang didalamnya terdapat Jurusan seperti Ekonomi Syariah, Akuntansi Syariah, Pendidikan Agama Islam dsb.

Agar mempermudah saat memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (IKIP Gunungsitoli, IAIN Kerinci, UI) menjadi wadah bagi banyak Fakultas (Fakultas Adab dan Humaniora, Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Psikologi, Ilmu Keperawatan, Pendidikan Dokter).

Tentang Sekolah Tinggi Teknologi Pekanbaru

Bagi kita yang tinggal disekitar Provinsi Riau, akan tidak asing dengan jajaran nama kampus yang menjadi favorit disana seperti Polbeng, Univrab, UIN Suska dsb. Namun selain kampus itu, ada lagi kampus yang juga menjadi favorit disana yaitu Sekolah Tinggi Teknologi Pekanbaru atau lebih akrab disebut dengan singkatan STTP.

STTP merupakan salah satu kampus yang berstatus sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Indonesia. Universitas ini didirikan tepatnya di Jl. Dirgantara No.4, Kel, Sidomulyo Timur, Kec. Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru, Riau, Indonesia.

Pada mulanya STTP merupakan pengembangan status dari  Akademi Teknologi Pekanbaru (ATP), yang berada dibawah naungan Yayasan Dwi Sejahtera dimana ATP sendiri didirikan sejak tanggal 22 Juni 1992. Kemudian pada tanggal 19 Januari 2004 ATP mengalami perubahan status menjadi Sekolah Tinggi Teknologi Pekanbaru.

Daftar Jurusan Di STT Pekanbaru

Hingga sekarang ini STT Pekanbaru hanya membuka sebanyak 4 buah Program Studi. Berikut adalah daftar Program Studi yang dibuka oleh STT Pekanbaru.
  1. S1 Teknik Elektro
  2. S1 Teknik Mesin
  3. S1 Teknik Sipil
  4. S1 Sistem Informasi
  5. D3 Teknik Elektronika (TUTUP)
  6. D3 Teknik Mesin (TUTUP)
  7. D3 Teknik Sipil (TUTUP)

STT Pekanbaru adalah kampus yang berprestasi, salah satu prestasinya nampak dimana kampus ini merupakan salah satu kampus terbaik di Indonesia yang membuat persaingan di STTP ini setiap tahunnya selalu melonjak. Dengan adanya tulisan ini kami harap semoga bisa memberikan pemahaman kita terkait daftar Jurusan yang ada di Sekolah Tinggi Teknologi Pekanbaru.

Itulah tadi pemaparan kami tentang kampus ini. jurusan teknik industri, universitas, kuliah sabtu minggu di pekanbaru, akademi, jurusan sekolah tinggi teknologi pekanbaru, institut teknologi muhammadiyah, akreditasi sttp pekanbaru, akreditasi, jurusan, biaya kuliah, pendaftaran stt pekanbaru.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya

Baca :
Show comments