Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Cara Menggunakan Zoom Meeting Tanpa Aplikasi di HP & Laptop

Daftar Isi [show]

cara menggunakan zoom tanpa aplikasi

Soalskul.com - Tutorial cara mudah memakai google meet tanpa aplikasi di HP / PC. Halo gays, balik lagi sama kita nih yang selalu menghadirkan informasi menarik dan terupdate seputar dunia pendidikan. Selama merebaknya pandemi virus korona di Indonesia, semua kegiatan didalam negeri dibatasi tak terkecuali dalam dunia pendidikan.

Pandemi virus corona bukan hambatan bagi kita untuk tetap mendapatkan pendidikan yang layak. Kebijakan pemerintah disektor pendidikan tetap mewajibkan semua pelajar untuk terus melaksanakan sekolah meskipun dilakukan secara daring.

Ada beberapa aplikasi vide conference yang biasa digunakan salah satunya adalah Zoom Meeting. Ada beberapa kendala bagi para pelajar dalam melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan menggunakan zoom meeting salah satunya adalah tidak dapat atau tidak memungkinkan aplikasi zoom untuk di instal pada device para siswa entah karena memori yang penuh, aplikasi tidak suport hingga kendala yang lainnya.

Nah untuk menjawab permasalahan tersebut, ada tips nih yang bisa kamu lakukan agar tetap bisa melakukan video conference dengan menggunakan zoom meeting adapun caranya simak ulasannya dibawah ya!!

Catatan : Untuk membuat link / memulai rapat baru kamu harus login terlebih dahulu dengan menggunakan akun zoom yang telah kamu miliki. Sedangkan bila hanya untuk sekedar join pada rapat yang telah ada, kamu tidak perlu melakukan login tetapi kamu cukup memasukan kode atau link zoom meeting yang telah dibagikan.

Baca juga : Cara Mudah Menggunakan Google Meet Tanpa Aplikasi di HP & Laptop

Cara Menggunakan Zoom Meeting Tanpa Aplikasi di PC / Laptop

Untuk bisa menggunakan aplikasi Zoom Meeting tanpa aplikasi, kamu cukup bisa menggunakannya dengan hanya memanfaatkan browser yang ada di komputermu seperti Chrome, Mozilla, Opera dsb. Untuk lebih lengkapnya kamu bisa simak ulasannya dibwah sini.
  1. Pada browser komputermu masuk ke alamat website Zoom.us
  2. Jika kamu belum memiliki akun Zoom Meeting, buatlah terlebih dahulu dengan klik “Sign Up” dibagian kiri atas halaman kemudian login
  3. Pada halaman utama dibagian kanan atas klik “Host a meeting” untuk memulai rapat baru, dan klik “Join a meeting” untuk masuk menggunakan code atau link yang sudah kamu miliki
  4. Jika kamu klik “Host a meeting” kamu akan dihadapkan pada 3 pilihan meeting (With Video On, With Video Off, Screen Share Only) lalu pilih sesuai kebutuhan
  5. Kemudian kamu akan diarahkan ke halaman baru lalu klik “Join from Your Browser” di bagian bawah halam. (Jika tombol “Join from Your Browser” tidak muncul coba klik “Launch Meeting” terlebih dahulu untuk memunculkannya)
  6. Tunggu beberapa saat hingga tampilan room meeting muncul
  7. Jika kamu klik “Join a meeting”, kamu akan diarahkan ke halaman baru kemudian masukan kode atau link zoom pada kolom yang disediakan
  8. Klik “Join from Your Browser” dibagian bawah halaman
  9. Kamu akan diarahkan ke halaman baru kemudian masukan nama lalu klik “join”
  10. Tunggu beberapa saat hingga tampilan room meeting muncul
  11. Selesai

Cara Menggunakan Zoom Meeting Tanpa Aplikasi di HP / Smartphone

Sama dengan Komputer, untuk menggunakan zoom tanpa aplikasi, kamu hanya cukup memiliki browser di Handphone yang kamu miliki seperti Chrome, Opera dll. Untuk Tutorial lengkapnya simak ulasannya dibawah sini.
  1. Buka browser di Hpmu
  2. Ubah tampilan browsermu ke mode dekstop. Untuk pengguna Chrome kamu bisa merubahnya dengan klik tombol titi 3 di pojok kanan atas layar kemudian centang “Dekstop Site / Tampilan Dekstop”
  3. Kemudian masuk ke halaman Zoom.us
  4. Login dengan menggunakan akun zoom yang kamu miliki
  5. Dibagian kanan atas klik “Host a meeting” untuk memulai rapat baru, dan klik “Join a meeting” untuk masuk menggunakan code atau link yang sudah ada
  6. Jika klik “Host a meeting” kamu akan dihadapkan pada 3 pilihan meeting lalu pilih sesuai kebutuhan
  7. Pada halaman baru klik “Join from Your Browser” di bagian bawah halam. (Jika tombol “Join from Your Browser” tidak muncul coba klik “Launch Meeting” terlebih dahulu untuk memunculkannya)
  8. Tunggu beberapa saat hingga tampilan room muncul
  9. Jika klik “Join a meeting”, kamu akan diarahkan ke halaman baru lalu masukan kode atau link zoom di kolom yang sudah disediakan
  10. Klik “Join from Your Browser”
  11. Pada halaman baru masukan nama lalu klik “join”
  12. Tunggu beberapa saat hingga tampilan room muncul
  13. Selesai
Baca juga : Cara Mudah Menggunakan & Membuat Link Zoom Meeting di Laptop
Itulah dia sedikit informasi yang bisa kami hadirkan terkait tutorial cara mudah dan lengkap menggunakan aplikasi zoom meeting tanpa instal aplikasi di HP atau Laptop. Semoga ulasan kali ini bisa membantu kalian agar tetap produktif selama dirumah saja. menggunakan, join, cara masuk aplikasi zoom di laptop tanpa aplikasi di hp, instal.

Show comments