Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Jurusan di Politeknik Negeri Medan 2020 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Jurusan Di Politeknik Negeri Medan (TERBARU). Halo sahabat skul, teramat senang rasanya karena sampai detik ini kami masih bisa konsisten memberikan artikel yang kami harap bisa memiliki manfaat untuk kita semua. Pada beberapa pembahasan sebelumnya, kami telah membawa topik mengenai soal SBMPTN hingga Ujian Mandiri dibeberapa Universitas.

Sebelum menginjakan kaki dalam duni kampus, penting untuk kita melakukan pilihan yang tepat terkait Jurusan perkuliahan. Karena dengan kita memilih jurusan yang tepat dalam artian sesuai dengan bidang yang kita miliki, maka dal itu akan mempermudah jalannya perkuliahan kita.

Selain tepat dalam memilih Prodi, calon mahasiswa baru juga harus mempertimbangkan pilihannya dalam menentukan Universitas. Memilih Universitas yang tepat berarti kita memilih kampus yang lokasinya sesuai dengan tempat yang kita inginkan dan biaya kuliahnya sesuai dengan perekonomian kita. Dengan kita masuk dalam kampus yang tepat, hal itu akan membantu kita dalam menjalankan studi dengan perasaan nyaman dan kemudahan atas biaya.

daftar jurusan polmed

Memahami Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Sebelum melanjutkan topik utama kita mengenai daftar Jurusan di Politeknik Negeri Medan, kami akan mengajak kalian untuk mengenal sedikit mengenai apa itu Jurusan dan Fakultas.

1. Jurusan

Dalam KBBI definisi jurusan ialah "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Menurut definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Elektronika, Administrasi Bisnis, Pertanian dsb.

2. Fakultas

Dalam KBBI definisi fakultas ialah "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Menurut definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Ilmu Pendidikan yang didalamnya terdapat Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Manajemen Pendidikan, Pendidikan Luar Sekolah dsb.

Agar mempermudah dalam memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (UNISMA, UNLAM, UNIMED) menjadi wadah bagi banyak Fakultas (Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Ekonomi). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Biologi, Kimia, Fisika).

Tentang Politeknik Negeri Medan

Bagi kita yang lokasinya berada disekitar Provinsi Sumatera Utara, akan tidak asing dengan jajaran Universitas yang menjadi favorit disana yaitu ada USU, UHN, UHKBPNP dsb. Namun selain kampus tadi, ada lagi satu kampus yang juga menjadi favorit disini yang mana lokasi tepatnya berada di Kota Medan yaitu ada Politeknik Negeri Medan atau lebih akrab disebut dengan singkatan POLMED.

Politeknik Negeri Medan merupakan salah satu kampus yang berstatus sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di Indonesia. Kampus ini berlokasikan tepatnya di Jl. Almamater No.1, Padang Bulan, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara, Indonesia.

Kampus ini pada awalnya dinamakan Politeknik Universitas Sumatera Utara (Politeknik USU). Tahun 1970 USU ditetapkan sebagai salah satu dari 6 perguruan tinggi yang mendapat proyek pembangunan Pendidikan Politeknik oleh DIKTI yang mana politeknik disini diberi nama Politeknik Universitas Sumatera Utara.
Setelah dikeluarkannya SK Mendikbud tahun 1997 tentang pendirian Politeknik Negeri Medan, maka sejak saat itu juga secara resmi didirikannya Politeknik Negeri Medan yang kedudukannya bersebelahan dengan Universitas Sumatera Utara.

Daftar Jurusan Di Politeknik Negeri Medan

Hingga saat ini POLMED membuka sebanyak 20 Program Studi yang sangat bervariasi. Berikut ini merupakan daftar Jurusan yang ada di Politeknik Negeri Medan.
  1. D4 Akuntansi Keuangan Publik 
  2. D4 Keuangan dan Perbankan Syariah 
  3. D4 Manajemen Bisnis 
  4. D4 Manajemen Rekayasa Konstruksi Gedung 
  5. D4 Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan 
  6. D4 Usaha Jasa Konvensi, Perjalanan Insentif dan Pameran (MICE) 
  7. D3 Keuangan dan Perbankan 
  8. D3 Administrasi Bisnis 
  9. D3 Akuntansi 
  10. D3 Elektronika 
  11. D3 Manajemen Informatika 
  12. D3 Teknik Komputer 
  13. D3 Teknik Konversi Energi 
  14. D3 Teknik Listrik 
  15. D3 Teknik Mesin 
  16. D3 Teknik Sipil 
  17. D3 Teknik Telekomunikasi 
  18. D2 Administrasi Bisnis 
  19. D2 Teknik Komputer (Kampus Deli Serdang) 
  20. D2 Teknik Mesin (Kampus Deli Serdang)

OLIMED adalah satu dari banyak kampus yang cukup berprestasi, salah satu prestasinya yang membanggakan terlihat dimana kampus ini merupakan salah satu Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia yang sekaligus menjadikan persaingan di Politeknik ini yang setiap tahunnya selalu melonjak. Dengan adanya artikel ini kami harap semoga bisa memberikan pemahaman kita terkait daftar Jurusan yang ada di Politeknik Negeri Medan.

Itulah tadi pembahasan yang kami bisa berikan tentang kampus ini. pendaftaran jurusan, alamat politeknik negeri medan, manajemen informatika, jurusan yang paling diminati, kurang diminati, cara masuk jurusan polmed, politeknik negeri yang ada di medan, pengumuman, registrasi, jalur mandiri, profil, biaya kuliah, pendaftaran, jurusan polmed s1.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya

Baca :
Show comments