Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Fakultas Dan Jurusan UMA Medan 2021 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Fakultas Dan Jurusan Di Universitas Medan Area (TERBARU). Helo sahabat skul, teramat senang perasaan kami karena hingga sekarang kami masih bisa untuk tetap konsisten menghadirkan tulisan yang harapan kami bisa bermanfaat untuk kita semua. Pada topik sebelumnya, kami telah banyak membahas mengenai soal UM dibeberapa kampus dan soal UTBK. Untuk artikel ini pembahasan yang kami bawakan yaitu mengenai daftar fakultas dan jurusan disemua universitas Negeri atau Swasta yang ada di Indonesia.

Sebelum masuk dalam dunia perkampusan, kita harus mempersiapkan pilihan yang tepat atas Jurusan yang kita pilih nantinya. Memilih Jurusan harus kita lakukan dengan cermat dan tepat dalam artian Jurusan yang kita pilih nantinya sesuai dengan bakat yang kita miliki sehingga dengan hal tersebut akan memaksimalkan jalannya perkuliahan kita.

Tidak hanya Jurusan, tetapi dalam memilih Universitas juga harus kita lakukan dengan tepat. Dengan kita masuk Universitas yang tepat dalam artian tepat atas biaya perkuliahan yang sesuai dengan keuangan kita dan berada dalam kampus yang sesuai dengan keinginan kita. Dengan memilih kampus yang tepat, maka hal itu akan membantu kita dalam mempermudah melancarkan jalannya perkuliahan.

daftar fakultas jurusan uma medan

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Sebelum masuk pembahasan utamanya terkait daftar Fakultas dan Jurusan di Universitas Medan Area yang ada di Kota Medan ini, kami akan mengajak kalian untuk sedikit memahami tentang apa itu Jurusan dan Fakultas.

1. Jurusan

Dalam KBBI, Jurusan memperoleh definisi "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Menurut definisi diatas bisa diartikan bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Biologi, Psikologi, Manajemen dsb.

2. Fakultas

Dalam KBBI, Fakultas memperoleh definisi "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Menurut definisi diatas bisa diartikan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi beberapa jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Pertanian yang didalamnya terdapat Jurusan seperti Agroteknologi, Agribisnis dsb.

Agar mempermudah dalam memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (USU, UHKBPNP, UGM) menjadi wadah bagi banyak Fakultas (Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Saintek, FEB). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Ilmu Pemerintahan, Ilmu Administrasi Publik, Ilmu Komunikasi).

Tentang Universitas Medan Area

Untuk kita yang tinggal disekitar Provinsi Sumatera Utara, pasti tidak asing dengan jajaran nama kampus yang menjadi favorit disana yaitu ada UNPAB, UNIMED, UHN dsb. Namun selain kampus tersebut, ada lagi kampus yang juga menjadi favorit disini tepatnya di Kota Medan yaitu ada Universitas Medan Area atau lebih akrab disebut dengan singkatan UMA.

Universitas Medan Area adalah kampus yang berstatus sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang dimiliki oleh Indonesia dan didirikan pada tahun 1983 oleh Haji Agus Salim Siregar. Kampus ini didirikan didua lokasi yang berbeda yaitu Kampus I berada di Jalan Kolam No. 1, Medan Estate, Kota Medan, Sumatera Utara, Indonesia. Dan Kampus II yang alamatnya di Jalan Setia Budi No. 79B, Kota Medan, Sumatera Utara, Indonesia.

Nama yang disematkan kepada kampus ini diambil sebagai penghargaan atas perjuangan rakyat medan untuk mempertahankan kemerdekaan tahun 1945 disekitar Kota Medan yang lebih dikenal dengan nama  “Pejuang-Pejuang Medan Area”.

Pada tahun 1983/1984 merupakan tahun akademik pertama untuk UMA dimana pada awalnya kampus ini membuka sebanyak 5 Fakultas. Pada tahun akademik 1985/1986 kampus ini membuka Fakultas baru yaitu Fakultas Psikologi dimana Fakultas ini merupakan satu-satunya Fakultas Psikologi yang ada di luar Jawa.

Pada tahun ajaran 1988/1989 kampus ini membuka kembali Fakultas baru yaitu Fakultas Biologo dimana fakultas ini juga merupakan Fakultas Biologi satu-satunya yang ada di luar pulau Jawa.

Daftar Fakultas dan Jurusan Di UMA Medan

Hingga sekarang UMA Medan membuka sebanyak 7 Fakultas dan terdapat beberapa pilihan Prodi yang cukup bervariasi mulai dari Sarjana, Magister, Hingga Doktor. Berikut merupakan daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di Universitas Medan Area.

Program Sarjana
 

1. Fakultas Teknik
  • S1 Teknik Sipil
  • S1 Teknik Elektro
  • S1 Teknik Mesin
  • S1 Arsitektur
  • S1 Teknik Industri
  • S1 Teknik Informatika

2. Fakultas Sains dan Teknologi

  • S1 Biologi

3. Fakultas Pertanian

  • S1 Agroteknologi
  • S1 Agribisnis

4. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Isipol)

  • S1 Ilmu Pemerintahan
  • S1 Ilmu Administrasi Publik
  • S1 Ilmu Komunikasi

5. Fakultas Ekonomi dan Bisnis

  • S1 Manajemen
  • S1 Akuntansi

6. Fakultas Hukum

  • S1 Ilmu Hukum

7. Fakultas Psikologi

  • S1 Psikologi


Program Pascasarjana
 

1. Program Magister
  • S2 Administrasi Publik (MAP)
  • S2 Agribisnis (MA)
  • S2 Hukum (MH)
  • S2 Psikologi (MPSI)

2. Program Doktor

  • S3 Ilmu Pertanian

UMA Medan merupakan kampus yang berprestasi, prestasi yang membanggakan nampak dimana kampus ini menjadi salah satu kampus terbaik di Indonesia yang mana hal tersebut membuat persaingan di UMA Medan yang setiap tahunnya selalu melonjak. Dengan dibuatnya tulisan ini semoga bisa memberikan pemahaman kita terkait daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di Universitas Medan Area.

Itulah pembahasan kami tentang daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di kampus ini. universitas medan area jurusan, swasta atau negeri, brosur, jurusan psikologi, kelas karyawan, akreditasi fakultas pertanian, fakultas manajemen, fakultas teknik uma medan, jurusan peternakan di medan, di umsu, syarat masuk universitas medan, passing grade, bidikmisi, nomor telepon, biaya kuliah, sertifikat akreditasi, pendaftaran universitas medan area.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya

Baca :
Show comments