Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Fakultas Dan Jurusan UMMGL Magelang 2020 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Fakultas Dan Jurusan Di Universitas Muhammadiyah Magelang (TERBARU). Hai sahabat skul, bertemu kembali dengan kami pada kesempatan ini dimana sekarang kami akan memaparkan tulisan terkait daftar fakultas dan jurusan diseluruh Perguruan Tinggi mulai dari Negeri hingga Swasta yang ada di Indonesia. Pada beberapa pemaparan sebelumnya, kami telah banyak memaparkan seputar soal UTBK dan soal UM Kedinasan.

Hal penting yang harus kita pikirkan matang-matang sebelum terjun dalam dunia perkuliahan yaitu memilih Prodi dengan tepat dan cermat. Memilih Prodi atau Jurusan dengan tepat dan cermat berarti kita memilih Jurusan sesuai dengan keahlian dan minat kita. Bila kita masuk dalam Jurusan yang sesuai dengan keahlian kita, hal itu akan memudahkan kita dalam menjalankan kegiatan perkuliahan sehingga kita akan mendapatkan hasil yang maksimal selama berkuliah. .

Bukan hanya memilih jurusan yang penting untuk kita pikirkan secara matang, memilih Universitas juga harus kita lakukan dengan tepat dan juga cermat. Tepat dalam memilih universitas berarti tepat atas Biaya perkuliahan, dan Lokasi kampus yang sesuai dengan keinginan kita. Dengan masuknya kita dalam Universitas yang tepat tersebut, hal itu akan membantu kita dalam melancarkan jalannya kegiatan perkuliahan dalam hal Biaya dan memunculkan rasa nyaman selama berkuliah karena lokasi kampus yang memang kita inginkan.

daftar fakultas jurusan ummgl

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Sebelum masuk dalam pembahasan utamanya terkait daftar Fakultas dan Jurusan di UMMGL, kami akan mengajak kalian terlebih daulu untuk mengetahui tentang apa itu jurusan dan juga fakultas.

1. Jurusan

Jurusan didefinisikan KBBI dengan arti "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Berdasarkan penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa Jurusan merupakan sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Teknik Industri, Ilmu Keperawatan, Psikologi dsb.

2. Fakultas

Fakultas didefinisikan KBBI dengan arti "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Berdasarkan penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Agama Islam yang didalamnya terdapat jurusan seperti PAI, PGMI, Hukum Ekonomi Syariah dsb.

Untuk mempermudah kita dalam memahaminya, jadi Universitas (UNBRAW, ITS, UNDIP) menjadi wadah bagi banyak Fakultas (Fakultas Agama Islam, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Kedokteran). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Sejarah).

Tentang Universitas Muhammadiyah Magelang

Bagi kita yang bertempat tinggal disekitaran Kota Magelang, pasti tidak asing dengan deretan kampus favoritnya yaitu UNTIDAR, AKATIRTA, STPP Magelang dsb. Namun diantara kampus favorit tersebut, ada pula salah satu kampus yang juga menjadi favorit di Kota Magelang ini yaitu ada Universitas Muhammadiyah Magelang atau yang lebih akrab disebut dengan singkatan UMMGL.

Salah satu jasa yang diberikan oleh Persyarikatan Muhammadiyah adalah didirikannya banyak perguruan tinggi di Indonesia salah satunya adalah UMMGL. Universitas Muhammadiyah Magelang adalah salah satu universitas yang berstatus sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Indonesia yang didirikan pada tanggal 31 Agustus 1964.

Universitas ini lokasi tepatnya berada di Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Kampus ini memiliki 2 kampus yang didirikan dilokasi yang berbeda yaitu kampus 1 berada di Jl. Tidar No. 21 Kota Magelang dan kampus 2 berada di Jl. Mayjend Bambang Soegeng KM 5 Mertoyudan Kabupaten Magelang.

Kampus ini memiliki banyak Program Studi yang bervariasi. Dari beberapa pilihan jurusan tersebut beberapa diantaranya bisa dibilang sebagai jurusan favorit di UMMGL diantaranya adalah jurusan PGMI, Pendidikan Agama Islam, Hukum Ekonomi Syariah, dan Ilmu Hukum.

Daftar Fakultas dan Jurusan Di UMMGL

Hingga sekarang UMM Magelang memiliki 7 Fakultas didalamnya dan terdapat beberapa pilihan Jurusan yang cukup bervariasi. Berikut ini adalah daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di Universitas Muhammadiyah Magelang.

1. Fakultas Teknik
  • D3 Teknik Informatika
  • D3 Teknik Otomotif
  • S1 Teknik Industri
  • S1 Teknik Informatika

2. Fakultas Ekonomi dan Bisnis

  • S1 Akuntansi
  • S1 Manajemen

3. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • S1 Bimbingan dan Konseling
  • S1 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
  • S1 Pendidikan Guru SD (PGSD)

4. Fakultas Hukum

  • S1 Ilmu Hukum

5. Fakultas Agama Islam

  • S1 Pendidikan Agama Islam (PAI)
  • S1 Hukum Ekonomi Syariah
  • S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
  • S2 Manajemen Pendidikan Islam

6. Fakultas Ilmu Kesehatan

  • D3 Keperawatan
  • D3 Farmasi
  • S1 Ilmu Keperawatan
  • Profesi Ners

7. Fakultas Psikologi dan Humaniora

  • S1 Psikologi

UMMGL saat ini memiliki begitu banyak prestasi, salah satu prestasinya yang membanggakan dimana Universitas ini menjadi salah satu Universitas terbaik di Indonesia yang sekaligus membuat persaingan di UMMGL yang setiap tahunnya selalu meningkat. Semoga artikel kali ini bisa menambah wawasan kita tentang daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di Universitas Muhammadiyah Magelang.

Itulah pembahasan kami tentang daftar Fakultas dan prodi yang ada di kampus ini. bpm, beasiswa, pembayaran ummgl, rektor, pgsd, jurusan, biaya kuliah umm magelang kelas karyaean, krs online, biaya pendidikan, latar belakag, pendaftaran, akreditasi, biaya universitas muhammadiyah magelang, umm magelang Jurusan Keperawatan.

Jika kalian menyukai artikel ini, jangan lupa share ke teman kalian ya

Baca :
Show comments