Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Fakultas Dan Jurusan IAIN Langsa 2020 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Fakultas Dan Jurusan Di IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa (TERBARU). Hallo sahabat skul, teramat senang rasanya karena hingga detik ini kami masih konsisten menghadirkan bahasan yang kami harap bisa bermanfaat untuk kalian semua. Kali ini topik kami masih melanjutkan bahasan yang sama seperti sebelumnya yang terkait daftar fakultas dan jurusan disemua Universitas baik Negeri maupun Swasta di Indonesia. Pada beberapa pembahasan lain, kami juga telah membuat artikel seputar soal UTBK dan soal UM kedinasan.

Suatu hal yang penting mesti kita pikirkan sebelum masuk dalam ruang lingkup kampus, yaitu dimana kita harus cermat dalam menentukan Program studi kuliah. Prodi merupakan satu hal yang teramat penting kita pilih dengan tepat karena dengan Prodi yang tepat akan menentukan bagaimana nantinya studi kita dan bagaimana kita dalam dunia kerja.

Hal lain yang tak kalah penting harus kita pertimbangkan pilihannya dengan cermat selain Program Studi adalah memilih Universitas. Memilih Universitas dengan tepat berarti kita melakukan pilihan tepat atas biaya kuliah sesuai perekonomian kita dan lokasi kampus yang sesuai dengan kemauan kita. Dengan kita berada dalam lingkaran kampus yang tepat, maka hal tersebut akan melancarkan berjalannya kuliah kita dalam hal biaya dan memunculkan perasaan nyaman selama berkuliah karena kita berada dalam kampus impian kita.

daftar fakultas jurusan iain langsa

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Sebelum membahas tentang daftar Fakultas dan Jurusan di IAIN Langsa, akan kami ajak kalian terlebih dahulu untuk memahami sedikit tentang apa itu Jurusan dan Fakultas.

1. Jurusan

Dalam KBBI Jurusan didefinisikan sebagai "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Berdasarkan definisi diatas bisa disimpulkan bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Bimbingan Konseling, Hukum Pidana Islam, Agribisnis dsb.

2. Fakultas

Dalam KBBI Fakultas didefinisikan sebagai "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Berdasarkan definisi diatas bisa disimpulkan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan yang didalamnya terdapat jurusan Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Guru MI dsb.

Untuk mempermudah dalam memahaminya, jadi Universitas (UIN Jakarta, UII, Binus) menjadi wadah bagi banyak Fakultas (Fakultas Syariah, Fakultas Kedokteran, Fakultas Hukum). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Manajemen Perbankan Syariah, Ekonomi Syariah).

Tentang IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa

Untuk kita yang lokasinya disekitar Provinsi Aceh, pasti akan tidak asing dengan deretan nama kampus yang menjadi favorit disana yaitu UNMUHA, UNIMAL, STIE Banda Aceh dsb. Namun selain kampus tersebut, ada juga salah satu kampus yang juga menjadi favorit di Aceh ini yaitu ada IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa atau yang lebih sering disebut dengan singkatan IAIN Langsa.

Institut Agama Islam Negeri Langsa merupakan salah satu kampus yang berstatus sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di Indonesia yang didirikan pada tanggal 14 Oktober 1980. Kampus ini berlokasikan tepatnya di Jalan Meurandeh, Meurandeh, Langsa Lama, Kota Langsa, Aceh, Indonesia.

Awal didirikannya kampus ini yaitu pada tahun 1980 yang mana pada awal didirikan kampus ini dinamakan Zawiyah Cot Kala Langsa dimana nama ini diambil dari nama sebuah lembaga pendidikan tinggi yang tersebar dan tertua di Asia Tenggara yang letaknya di Bayeun, Aceh Timur abad ke–4 Hijriyah. Awal berdirinya kampus ini baru membuka 3 Fakultas yaitu Fakultas Syariah, Fakultas Tarbiyah, dan Fakultas Dakwah.

Daftar Fakultas dan Jurusan Di IAIN Langsa

Hingga sekarang IAIN Langsa membuka sebanyak 4 Fakultas dan terdapat beberapa pilihan Prodi yang cukup bervariasi. Berikut ini merupakan daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa.

Program Sarjana

1. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • S1 Pendidikan Agama Islam
  • S1 Pendidikan Bahasa Arab
  • S1 Pendidikan Matematika
  • S1 Pendidikan Bahasa Inggris
  • S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
  • S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal

2. Fakultas Syariah

  • S1 Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
  • S1 Hukum Keluarga Islam(Ahwal Al-Syakhshiyyah)
  • S1 Hukum Tata Negara (Siyasah)
  • S1 Hukum Pidana Islam (Jinayat)
  • S1 Studi Zakat dan Wakaf

3. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

  • S1 Perbankan Syariah
  • S1 Ekonomi Islam
  • S1 Manajemen Keuangan Syariah
  • S1 Manajemen Zakat dan Wakaf

4. Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah

  • S1 Bimbingan dan Konseling Islam
  • S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
  • S1 Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
  • S1 Ilmu Hadits


Program Pascasarjana

  • S2 Hukum Ekonomi Syariah.
  • S2 Hukum Keluarga Islam.
  • S2 Pendidikan Agama Islam.

IAIN Langsa merupakan salah satu kampus berprestasi, salah satu prestasi yang membanggakan terlihat dimana Universitas ini menjadi salah satu Universitas terbaik di Indonesia yang sekaligus menjadikan persaingan di IAIN Langsa yang setiap tahunnya selalu melonjak naik. Adanya artikel ini kami harap semoga bisa memberikan pemahaman kita terkait daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa.

Itulah pembahasan kami tentang daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di kampus ini. jalur mandiri, akreditasi kampus, um ptkin, pengumuman bidikmisi iain langsa, portal dosen, cek nim, pbak, digilib, pps iain langsa, siakad, ukt, pengumuman ma had, cpns, pascasarjana, logo iain langsa, biaya kuliah, akreditasi jurusan di iain cot kala langsa.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya

Baca :
Show comments