Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download Soal dan Pembahasan SCPC IPDN 2017

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Download Soal dan Pembahasan SCPC IPDN 2017. Hai sobat skul, kali ini kami akan membagikan sebuah artikel yang kami harap bisa bermanfaat bagi kalian semua yang datang ke blog ini. Disini kami akan membagikan soal dan pembahasan SCPC IPDN tahun 2017 dimana nantinya kami akan membagikan untuk tahun-tahun lainnya agar menambah referensi kalian.

Note : Mohon maaf karena ketidak lengkapan soal dan pembahasan yang kami berikan dikarenakan test yang dilakoni selama beberapa tahun terakhir selalu berbasiskan komputer (CBT). Adapun soal yang kami berikan ini merupakan soal yang sekiranya bisa dijadikan bahan latihan yang kami kumpulkan dari berbagai sumber diinternet. Untuk bisa melihat soal dan pembahasan SCPC IPDN yang lain bisa lihat disini

download soal scpc ipdn 2017

Institut Pemerintahan Dalam Negeri atau sering disebut dengan singkatan IPDN merupakan lembaga pendidikan tinggi kedinasan dalam lingkungan kementrian dalam negeri yang di didik menghasilkan kader pemerintahan terbaik ditingkat daerah maupun pusat.

IPDN berdiri sejak 17 maret 1956 yang memiliki kampus pusat di Sumedang, Jawa Barat. IPDN merupakan sebuah perguruan tinggi kedinasan yang berada dibawah naungan Kementrian Dalam Negeri.

Pada kesempatan ini kami akan menyajikan kumpulan soal dan pembahasan dari Seleksi Penerimaan Calon Praja (SCPC) yang di selenggarakan oleh IPDN. Tujuan diadakannya seleksi ini untuk menjaring Calon Praja / Capra yang berkualitas dan memiliki dasar pengetahuan dan keterampilan yang baik dan mampu berkembang secara potensial serta memiliki integritas dan kejujuran diri yang terpercaya untuk menopang pemerintahan nantinya.

Sistem seleksi yang diadakan IPDN ini dilakukan dengan sistem gugur. Artinya bagi peserta seleksi yang lulus pada setiap tahapan test boleh mengikuti test selanjutnya.

Setiap tahunnya materi yang diujikan dalam SCPC IPDN tidak jauh berbeda, disitu akan diujikan soal terkait soal TIU, TWK, TKP, Psikotes dan lain-lain. Seleksi ini juga memiliki soal yang hampir mirip dengan seleksi kedinasan lainnya.

Oleh karena itu agar kita bisa lolos SCPC IPDN, alangkah baiknya bila kita sering melakukan latihan soal dari SCPC IPDN tahun sebelumnya dan bila perlu, kita juga bisa mengasah kemampuan kita dengan berlatih soal kedinasan lainnya agar persiapan kita semakin matang.

Materi Pengujian SCPC IPDN

Adapun materi tertulis yang harus di kerjakan bagi para peserta diantaranya adalah :

1. Tes Kompetensi Dasar (TKD)
  • Test Intelegensi Umum (TIU)
  • Test Karakteristik Pribadi (TKP)
  • Test Wawasan Kebangsaan (TWK)
2. Tes Psikologi, Integrasi dan Kejujuran
Setiap peserta harus melakukan tes yang diujikan termasuk tes tertulis ini. Untuk bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya para peserta harus lulus dalam tes tertulis ini dimana peserta harus memenuhi standar ambang batas nilai yang telah ditentukan.

Nilai Ambang Batas SCPC IPDN

Adapun nilai ambang batas yang harus dicapai agar bisa melanjutkan ketahap selanjutnya yaitu :

nilai ambang batas scpc ipdn
1. Tes Kompetensi Dasar (TKD)
  • Test Intelegensi Umum (TIU) : dari 30 soal harus mendapatkan poin minimal 80
  • Test Wawasan Kebangsaan (TWK) : dari 35 soal harus mendapatkan poin minimal 75
Untuk menyelesaikan SKD para peserta diberi waktu 90 menit dimana dalam test kali ini peserta mendapatkan poin untuk TIU dan TWK adalah
Salah : 0
Benar : 5
Tidak menjawab : 0

  • Test Karakteristik Pribadi (TKP) : dari 35 soal harus mendapatkan poin minimal 143
Sedangkan untuk test TKP poin yang didapatkan adalah :
Nilai terendah : 1
Nilai tertinggi : 5
Tidak menjawab : 0

2. Tes Psikologi, Integrasi dan Kejujuran
Untuk bisa lolos Psikotes kriteria hasil yang memuasakan yaitu dimana  kita harus bisa menyelesaikan semua soal yang diujikan dan melakukan setiap apa yg diminta dalam soal dengan cepat dan cermat, hal itu mungkin yang perlu kita lakukan untuk bisa menghadapi Psikotes.

Untuk tes Integrasi & Kejujuran kita harus memiliki jawaban yang baik terkait langkah apa yang akan dilakukan dalam setiap kegiatan. Tentunya kita harus memilih jawaban sesuai hati kita untuk mengetahui apakah kita orang yang jujur dan terintegritas atau tidak, karena itu tujuan dari tes ini.

Berikut kami paparkan soal dan pembahasan SCPC IPDN tahun 2017. Semoga artikel ini bisa membantu kalian dalam pemahaman materi sebelum melakukan ujian dalam waktu dekat ini.

Soal dan Pembahasan SCPC IPDN 2017

Tanpa basa-basi lebih lama lagi, berikut kami paparkan soal dan pembahasan SCPC IPDN tahun 2017 :

1. Tes Kompetensi Dasar (TKD)

      Soal 1 : Download
      Soal 2 : Download

2. Tes Psikologi

      Soal : Download

3. Tes Integritas dan Kejujuran

      Soal : Download

Itu saja yang bisa kami sampaikan di artikel kali ini, semoga artikel ini bisa membantu kalian semua yang nantinya akan menghadapi SCPC IPDN dalam waktu dekat ini. Semoga kalian bisa memperoleh hasil yang maksimal dan bisa diterima dikampus idaman kalian.

GOOD LUCK!!!
Untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung, mohon beritahu kami bila ada link yang error dikolom komentar.
Baca :
Show comments