Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Fakultas Dan Jurusan UNIPASBY Surabaya 2020 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Fakultas Dan Jurusan Di Universitas PGRI Adi Buana Surabaya (TERBARU). Hallo sobat skul, dibeberapa tulisan sebelumnya kami banyak menginformasikan mengenai soal UTBK hingga soal ujian seleksi masuk kedinasan. Berbeda dengan yang lalu, pada kesempatan ini kami akan memberikan rangkaian pembahasan terkait daftar fakultas dan jurusan disemua Universitas yang ada di Indonesia.

Sebelum menginjakan kaki didunia perkuliahan, penting bagi kita untuk memilih Jurusan perkuliahan yang tepat. Dalam memilih Jurusan yang tepat berarti kita memilih Jurusan / Prodi yang sesuai dengan bidang yang kita minati dan kita kuasai. Bila kita melakukan pilihan yang tepat tersebut, hal itu akan mempermudah kita dalam mengikuti kegiatan perkuliahan nantinya.

Tidak hanya pintar dalam menentukan Jurusan, dalam memilih Universitas juga harus kita tentukan dengan tepat. Masuknya kita dalam Universitas yang tepat tentunya akan mempermudah kita dalam menjalani perkuliahan. Tepat dalam hal ini yaitu terkait Biaya, Lokasi, dan Universitas apa yang memang kita mimpikan. Dengan kita berada dalam bagian kampus yang kita mimpikan sejak lama, maka hal tersebut akan memberikan perasaan semangat bagi kita sehingga dalam menjalani kegiatan perkuliahan bisa memperoleh hasil yang maksimal.

daftar fakultas jurusan unipasby

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Sebelum memulai topik utamanya tentang daftar Fakultas dan Jurusan di Unispaby Surabaya, kami akan mengajak kalian terlebih dahulu untuk mengetahui tentang apa itu jurusan dan fakultas.

1. Jurusan

KBBI mendefinisikan Jurusan yaitu dengan "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Berdasarkan pengertian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa Jurusan yaitu sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Teknik Lingkungan, Statistika dsb.

2. Fakultas

KBBI mendefinisikan Fakultas yaitu dengan "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Berdasarkan pengertian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa Fakultas yaitu bagian dari universitas yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Ilmu Kesehatan yang didalamnya terdapat jurusan seperti Farmasi, Kebidanan, Keperawatan dsb.

Untuk memudahkan kita dalam memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (UBAYA, UM Surabaya, UK Petra) menjadi wadah bagi banyak Fakultas (FKIP, FEB, FMIPA). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Program Studi yang memiliki satu frekuensi (Pendidikan dan Kepelatihan Olahraga, Pendidikan Seni Rupa, Pendidikan Biologi)

Tentang Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Untuk kita yang bertempat tinggal disekitaran Kota Surabaya, pasti tidak asing lagi dengan deretan kampus favoritnya yaitu ada ITS, UNESA, UNAIR dsb. Namun diantara kampus favorit tersebut, ada pula salah satu kampus yang juga menjadi favorit di Kota Pahlawan ini yaitu ada Universitas PGRI Adi Buana atau yang lebih akrab disebut dengan singkatan Unipasby.

Universitas PGRI Adi Buana adalah salah satu universitas yang menyandang status sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Indonesia. Universitas ini memiliki 3 lokasi kampus yang berbeda yaitu Kampus 1 (utama) di Jl. Ngagel Dadi III-3B/37 Surabaya 60245 Jawa Timur, Kampus 2 di Jl. Dukuh Menanggal XII, Surabaya 60234 Jawa Timur, dan terakhir kampus 3 di Desa Kalikatir, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto.

Sebelum namanya menjadi seperti sekarang, kampus ini sempat beberapa kali mengubah namanya. Pada tahun 1971 yang menjadi cikal bakal berdirinya Unipasby, didirikan perguruan tinggi yang diberi nama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Sarmidi Mangunsarkoro disingkat IKIP Sarmidi Mangunsarkoro.

Kemudian pada tahun 1974, kampus ini berubah nama menjadi IKIP-PGRI Sarmidi Mangunsarkoro Surabaya. Lalu pada tahun 1976, kampus ini mengubah namanya kembali menjadi IKIP PGRI Jawa Timur. Berdasarkan SK Mendikbud tertanggal 18 Februari 1985, kampus ini mengubah namanya kembali menjadi IKIP PGRI Surabaya yang berada di bawah naungan Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan Perguruan Tinggi IKIP PGRI Surabaya.

Pada akhirnya tahun 1998, IKIP PGRI Surabaya berubah namanya menjadi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya (Unipa Surabaya) setelah bergabung dengan Sekolah Tinggi Teknik Adi Buana Surabaya (STT Adi Buana Surabaya) yang dikuatkan dengan SK Mendikbud RI tertanggal 23 Juni 1998.

Daftar Fakultas dan Jurusan Di Unipasby

Hingga sekarang ini Unipasby memiliki 6 Fakultas yang dimana terdapat beberapa pilihan Jurusan didalamnya yang cukup lengkap. Berikut adalah daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di Unipasby Surabaya.

1. Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
  • S1 Bimbingan Dan Konseling
  • S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
  • S1 Pendidikan Moral Pancasila Dan Kewarganegaraan
  • S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
  • S1 Pendidikan Matematika
  • S1 Pendidikan Bahasa Inggris
  • S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
  • S1 Pendidikan Seni Rupa
  • S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • S1 Pendidikan Guru PAUD
  • S1 Pendidikan Khusus

2. Fakultas Ekonomi

  • S1 Akuntansi
  • S1 Manajemen

3. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

  • S1 Biologi
  • S1 Statistika

4. Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan

  • S1 Teknik Lingkungan
  • S1 Perencanaan Wilayan Dan Kota

5. Fakultas Teknik Industri

  • S1 Teknik Elektro
  • S1 Teknik Industri

6. Fakultas Ilmu Kesehatan

  • D3 Kebidanan
  • S1 Farmasi


Program Pascasarjana

  • S2 Teknologi Pendidikan
  • S2 Pendidikan Olahraga

Unipasby memiliki segudang prestasi, salah satu prestasinya yang membanggakan adalah sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia yang sekaligus membuat persaingan di Unipasby Surabaya yang setiap tahunnya selalu melonjak naik. Semoga artikel kali ini bisa menambah wawasan kalian tentang Fakultas dan Jurusan yang ada di Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

Itulah pembahasan kami tentang daftar Fakultas dan prodi yang ada di kampus ini. universitas swasta jurusan pgsd di surabaya, lirik lagu hymne adi buana surabaya, kode, kampus 3, peringkat, akreditasi, biaya kuliah universitas adi buana surabaya, pengumuman, beasiswa universitas pgri adi buana surabaya, jurusan, kepenjangan, akuntansi, kalender akademik unipa surabaya.

Jika kalian menyukai artikel ini, jangan lupa share ke teman kalian ya

Baca :
Show comments