Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download Soal dan Pembahasan Ujian Mandiri UNDIP 2018

Daftar Isi [show]

download soal um undip 2018
Soalskul.com - Download Soal dan Pembahasan Ujian Mandiri UNDIP 2018Hai sobat skul, kali ini kami akan membagikan sebuah artikel yang kami harap bisa bermanfaat bagi kalian semua yang datang ke blog ini. Disini kami akan membagikan soal dan pembahasan UM UNDIP tahun 2018 dimana nantinya kami akan membagikan untuk tahun-tahun sebelumnya dan kami juga akan membagikan kumpulan soal dan pembahasan dari Ujian Mandiri dari semua universitas yang ada di Indonesia.

Mohon maaf sebelumnya karena tidak lengkapnya baik soal dan pembahasan dari artikel yang kami buat kali ini, semoga dalam waktu dekat ini kami bisa melengkapi kekurangan tersebut. Untuk melihat lebih banyak lagi soal dan pembahasan UM UNDIP bisa lihat diblog kami ini.

UM UNDIP adalah ujian seleksi terpadu masuik Universitas Diponegoro yang diselenggarakan bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di UNDIP. Ujian Mandiri yang kami berikan kali ini adalah ujian yang diperuntukan untuk program pendidikan sarjana yang ada di UNDIP.

Adapun untuk mengikuti UM UNDIP ini kita tidak harus datang jauh-jauh ke semarang, tetapi UNDIP memberi kemudahan dengan mengadakan ujian di beberapa wilayah di Indonesia diantaranya adalah Semarang, Jepara, Yogyakarta, Jakarta, Bekasi, Tangerang, Cibubur, Bandung, Surabaya, Medan, Pekanbaru, Palembang, Banjarbaru, Batam, Bandar Lampung, Balikpapan, Denpasar, Makasar, Padang, Banda Aceh.

UM UNDIP merupakan sebuah Ujian Mandiri (UM) yang diadakan Universitas Diponegoro. UM UNDIP merupakan salah satu jalur masuk Universitas Diponegoro. Bagi kalian yang tidak mendapatkan kesempatan melalui jalur SNMPTN dan masih bimbang dengan hasil UTBK, kalian bisa mengikuti Ujian Mandiri ini.

Soal yang nantinya diujikan dalam UM UNDIP bisa dibilang mirip dengan soal pada SBMPTN. Oleh karena itu agar kita bisa lolos UM UNDIP, alangkah baiknya bila kita sering melakukan latihan soal dari UM UNDIP tahun sebelumnya dan bila perlu, kita juga bisa mengasah kemampuan kita dengan berlatih soal SBMPTN tahun sebelumnya agar persiapan kita semakin matang.

Pembagian Kelompok UM UNDIP

Adapun kelompok ujian dalam UM UNDIP dibagi menjadi 3 kelompok diantaranya :
  • Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek)
  • Kelompok Ujian Siosial dan Humaniora (Soshum)
  • Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum)

Peserta bisa mengikuti UM UNDIP tersebut dengan memilih salah satu kelompok baik Saintek, Soshum, maupun Campuran.

Materi yang diujikan pada UM UNDIP

Adapun materi tertulis yang harus di kerjakan bagi para peserta yaitu soal berdasarkan pembagian kelompoknya diantaranya adalah :

1. Kelompok Saintek
  • Kemampuan Umum : Logika, Verbal, Numerik, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia  
  • Kemampuan Akademik : Matematika Saintek, Biologi, Fisika, dan Kimia

2. Kelompok Soshum
  • Kemampuan Umum : Matematika Dasar, Logika, Verbal, Numerik, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia  
  • Kemampuan Akademik : Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi

Berikut kami paparkan soal dan pembahasan UM UNDIP tahun 2018. Semoga artikel ini bisa membantu kalian dalam pemahaman materi sebelum melakukan ujian dalam waktu dekat ini.

Download Soal & Pembahasan UM UNDIP 2018

Tanpa basa-basi lebih lama lagi, berikut kami paparkan soal dan pembahasan UM UNDIP tahun 2018 :

1. Kemampuan Saintek

      Soal 1 : Download
      Soal 2 : Download
      Soal 3 : Download

2. Kemampuan Soshum

      Soal 1 : Download

Itu saja yang bisa kami sampaikan di artikel kali ini, semoga artikel ini bisa membantu kalian semua yang nantinya akan menghadapi UM UNDIP dalam waktu dekat ini. Semoga kalian bisa memperoleh hasil yang maksimal dan bisa diterima dikampus idaman kalian.

Semoga blog ini bisa menyajikan lebih banyak manfaat untuk kalian nantinya. Sedikit juga harapan dari kami, semoga blog ini bisa konsisten terus menghadirkan sesuatu yang bermanfaat bagi kalian semua, sehingga bisa turut andil dalam memajukan pendidikan diIndonesia.

GOOD LUCK!!!
Untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung, mohon beritahu kami bila ada link yang error dikolom komentar.
Baca :
Show comments