Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kumpulan Soal dan Pembahasan SIMAK UI (TERBARU)

Daftar Isi [show]

soal simak ui terbaru
Soalskul.com - Kumpulan Soal dan Pembahasan SIMAK UI (TERBARU)Hallo sobat skul, kembali lagi dengan kami yang terus menyajikan banyak manfaat untuk kalian semua. Kali ini kami akan menyajikan topik yang sangan menarik dan banyak sekali dicari oleh orang-orang khususnya para pejuang kampus yaitu soal dan pembahasan tentang UM atau Ujian Mandiri dari universitas yang ada di Indonesia.

Bagi para siswa yang baru lulus SMA sederajat pasti kebanyakan akan melewati seleksi masuk universitas lewat jalur SNMPTN bagi yang terpilih berdasarkan pemilihan siswa atas kuota sekolah yang terbatas, dan SBMPTN lewat seleksi bersama tingkat nasional.

Ujian mandiri bisa dibilang salah satu langkah selanjutnya untuk masuk universitas pilihan setelah dilaksanakannya SNMPTN dan juga SBMPTN.  Setelah mengalami kegagalan dari kedua jalur tersebut, kebanyakan diantara mereka yang masih bersemangat untuk melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi ini, akan mengikuti seleksi yang disebut Ujian Mandiri ini.

Nama Ujian Mandiri sendiri berbeda-beda disetiap kampusnya. Walaupun ada yang tetap menamakannya Ujian Mandiri (UM), tetapi berbeda dengan beberapa kampus ini yaitu ada UGM yang menamakan Ujian Mandirinya menjadi UTUL UGM, dan ada lagi UI yang menamai Ujian Mandirinya menjadi SIMAK UI.

Sekilas Tentang SIMAK UI

Pada kesempatan ini kami akan menyajikan kumpulan soal dan pembahasan dari Ujian mandiri yang di selenggarakan oleh salah satu Universitas terbaik di Indonesia yaitu Universitas Indonesia (UI).

Ujian Mandiri yang dilaksanakan oleh UI diberi nama Seleksi Masuk UI atau lebih sering disebut dengan singkatan SIMAK UI.  UI masih memberikan kesempatan bagi orang-orang yang ingin masuk kedalam kampusnya yang telah gagal dalam beberapa seleksi sebelumnya lewat seleksi mandiri ini.

Universitas Indonesia merupakan salah satu universitas paling bergengsi di Indonesia dimana lokasinya yang sangat strategis berada diperkotaan yaitu tepatnya ada di Kota Depok, Jawa Barat. Walaupun demikian masih banyak orang yang menyebutkan bahwa UI sendiri berada di Jakarta.

UI merupakan universitas yang berstatus sebagai PTN menjadikan kampus ini semakin diidam-idamkan oleh seluruh pelajar di Indonesia. Dari banyak prodi yang ada di UI, beberapa diantaranya dinobatkan sebagai prodi terfavorit, diantaranya adalah Ilmu Hukum, Ilmu Psikologi, Manajemen, Pendidikan Dokter, Ilmu Komunikasi, dan Akuntansi.

Bagi kalian yang tidak mendapatkan kesempatan melalui jalur SNMPTN dan masih bimbang dengan hasil UTBK, kalian bisa mengikuti SIMAK UI ini. Soal yang nantinya diujikan dalam SIMAK UI bisa dibilang mirip dengan soal pada SBMPTN.

Oleh karena itu agar kita bisa lolos SIMAK UI, alangkah baiknya kita sering melakukan latihan soal dari SIMAK UI tahun sebelumnya dan bila perlu, kita juga bisa mengasah kemampuan kita dengan berlatih soal SBMPTN tahun sebelumnya agar persiapan kita semakin matang.

Pembagian Kelompok SIMAK UI

Adapun kelompok ujian dalam SIMAK UI dibagi menjadi 3 kelompok diantaranya :
  • Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek)
  • Kelompok Ujian Siosial dan Humaniora (Soshum)
  • Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum) 
Setiap peserta ujian bisa memilih salah satu kelompok ujian yang ada baik Saintek, Soshum, maupun Campuran.

Materi yang diujikan pada SIMAK UI

Adapun materi tertulis yang harus di kerjakan bagi para peserta yaitu soal berdasarkan pembagian kelompoknya diantaranya adalah :
  • Kemampuan Dasar (KD) terdiri dari : Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris
  • Kemampuan IPA (KA) terdiri dari : Matematika IPA, Biologi, Fisika, dan Kimia
  • Kemampuan IPS (KS) terdiri dari : Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi

Kumpulan Soal dan Pembahasan SIMAK UI Berdasarkan Tahun

Tanpa basa-basi lebih lama lagi, berikut kami paparkan soal dan pembahasan dari SIMAK UI berdasarkan tahun pelaksanaannya :

1. SIMAK UI Tahun 2014

Soal dan pembahasan SIMAK UI tahun 2014 kami ambil dari berbagai sumber di internet. Untuk mengunduhunya silahkan ikuti tautan di bawah ini klik tombol Download yang tersedia.


2. SIMAK UI Tahun 2015

Soal dan pembahasan SIMAK UI tahun 2015 kami ambil dari berbagai sumber diinternet. untuk melanjutkan pengunduhan silahkan klik tombol Download dibawah ini.


3. SIMAK UI Tahun 2016

Soal dan pembahasan SIMAK UI tahun 2016 kami ambil dari berbagai sumber diinternet. untuk melanjutkan pengunduhan silahkan klik tombol Download dibawah ini.


4. SIMAK UI Tahun 2017

Soal dan pembahasan SIMAK UI tahun 2017 kami ambil dari berbagai sumber diinternet. untuk melanjutkan pengunduhan silahkan klik tombol Download dibawah ini.


5. SIMAK UI Tahun 2018

Soal dan pembahasan SIMAK UI tahun 2018 kami ambil dari berbagai sumber diinternet. untuk melanjutkan pengunduhan silahkan klik tombol Download dibawah ini.


6. SIMAK UI Tahun 2019

Soal dan pembahasan SIMAK UI tahun 2019 kami ambil dari berbagai sumber diinternet. untuk melanjutkan pengunduhan silahkan klik tombol Download dibawah ini.


Terimakasih atas kunjungannya semoga artikel ini bisa berguna bagi kalian yang membutuhkan soal-soal SIMAK UI ini dan semoga kalian bisa masuk Universitas yang diinginkan. semoga bermanfaat.
Untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung, mohon beritahu kami bila ada link yang error dikolom komentar.
Baca :
Show comments